Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Olahraga Angkat Besi

Angkat besi adalah cabang olahraga dimana setiap atlet bersaing mengangkat beban berat berupa barbel yang dilakukan dengan kekuatan, kelentukan, konsentrasi, ketahanan, keseimbangan, teknik, mental, kemampuan, dan disiplin.

Angkat besi merupakan olahraga mengangkat beban.  Angkat besi dapat diikuti oleh atlet pria dan wanita. Yang masing-masing mempunyai spesifikasi dan peraturan sendiri-sendiri seperti cabang olahraga yang lainnya. Dalam olahraga angkat besi ada dua jenis angkatan yang sering dilombakan, yakni angkatan clean and jerk dan snatch. Setiap divisi dibagi menjadi 2 sub-even, yaitu angkatan langsung (snatch) dan angkatan tidak langsung (clean & jerk) dan setiap atlet diberi kesempatan untuk mengangkat tiga kali di masing-masing jenis angkatan. Angkatan yang terbaik dari dua jenis angkatan tersebut akan dijumlah dan juara ditentukan dari peringkat total kedua jenis angkatan tersebut.

Clean and Jerk
Jenis angkatan clean and jerk adalah jenis angkatan langsung tanpa jeda, di mana atlet harus mengangkat beban dari lantai tanpa boleh menekuk lutut sampai kedua tangan mengangkat beban (barbel) lurus di atas kepala dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

Snatch
Jenis angkatan snatch atlet mengangkat barbel dalam dua tahap. Pertama, mengangkat beban dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok. Setelah jeda sebentar untuk mengambil ancang-ancang, atlet kemudian mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

Kedua jenis angkatan ini bisa dilombakan satu per satu, namun juga bisa digabung sehingga rekor atlet adalah penjumlahan beban maksimal dari total angkatan snatch dan clean and jerk.

Cabang olahraga angkat besi adalah tergolong olahraga yang sudah tua. Kini olahraga angkat besi tidak hanya popular, namun juga termasuk olahraga yang modern.  Dalam setiap pesta olahraga, cabang angkat besi tidak pernah absen. Sekarang sudah banyak berdiri tempat-tempat latihan angkat besi bahkan di setiap rumah fitness. Karena olahraga angkat besi disamping olahraga untuk mencari prestasi juga sangat efektif untuk pembentukan tubuh.




Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Posting Komentar untuk "Pengertian Olahraga Angkat Besi"