Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Dapodik Versi versi 4.1.0/4.1.1

Dalam rangka pemutakhiran data sekolah  semester genap tahun ajaran 2015/2016, versi dapodik 4.1.0 untuk SD,SMP dan SLB telah dirilis secara resmi di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id  dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. 

Dengan dirilisnya Dapodik Versi 4.1.0  ini diharapkan operator sekolah dapat memutakhirkan data periode semester 2 sesegera mungkin dan paling lambat data dikirimkan ke pusat untuk periode semester 2 ini pada tanggal 29 februari 2016. Seluruh sekolah tanpa kecuali yang dibawah naungan KEMDIKBUD wajib melakukan pemutakhiran data dapodik melalui aplikasi yang sudah disiapkan.

Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk Installer dikarenakan adanya perubahan dan penambahan struktur database. Sebelum melakukan installasi pengguna disyaratkan untuk melakukan uninstall Aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya.

Adapun tatacara instal dapodik versi 4.1.0 adalah sebagai berikut:
  1. Download Instaler Dapodik versi 4.1.0  dan Prefill Dapodik di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/cms/detail/3 .
  2. Uninstal Dapodik versi sebelumnya (V 4.0.3) yang ada di komputer/laptop (Cara uninstal di Windows 7 ; Klik start, klik control panel, klik program, klik program and features, pilih Dapodik 4.0.3, klik uninstal).
  3. Simpan Preffil Dapodik yang telah download tadi di Local Disk C. Masukan ke dalam folder dengan nama prefill_dapodik. Sedangkan installer dapodiknya bisa disimpan di mana saja, bisa tetap di folder Download, bisa di local Disk C, D, E atau bisa di dalam flashdisk.
  4. 4. Buka Instaler Dapodik yang tadi di download. Instal Dapodik Versi 4.1.0 sampai selesai(sebaiknya instal Dapodik 4.1.0 dalam keadaan ofline/tidak terhubung ke internet) Setelah Dapodik terinstal, lakukan registrasi ulang. Instalasi selesai dan kini Dapodik Versi 4.1.0 telah terpasang di komputer/laptop, silahkan login ke Dapodik 4.1.0. Jika login berhasil pada halaman awal dapodik lakukan dulu reload dengan cara tekan ctrl dan F5 bersamaan.
Ketika pertama kali beranda dapodik terbuka pada penjelasan `Menerima BOS` tertulis tidak (Menerima BOS:Tidak). Untuk mengubah menjadi `Ya` buka tab Sekolah dan isi `Data Rinci Sekolah` seperti ;Sumber Listrik, daya listrik........dan seterusnya. Pada isian menerima BOS biasaya sudah terisi Bersedia dan itu tidak harus diisi lagi karena memang terkunci. Setelah semua terisi klik simpan. Tekan CTRL dan F5 Bersamaan. Lihat di beranda, maka akan tertulis ya pada poin `Menerima BOS`.

Satu lagi masalah yang mungkin saja muncul adalah pada `Tabel jumlah Siswa per Rombel` seringkali kosong. Solusi agar rombel terisi dapat di lihat di tautan ini : Solusi Mengatasi Rombel Kosong

Kini Dapodik siap digunakan. Silahkan cek dan lengkapi semua data  yang belum lengkap. Dapodik Versi 4.1.0 memiliki beberapa perbedaan  dibanding versi sebelumnya. Contohnya saja di menu penugasan PTK terdapat Fitur Tambah/Ubah akun PTK (username/password) untuk akses layanan
kementerian.

Update : Bagi rekan yang sampai saat ini  belum instal dapodik V.4.1.0, saat ini installer dapodik V.4.1.0 sudah tidak tersedia di http//;dapo.dikdas.kemdikbud.go.oid. Yang tersedia sekarang adalah versi terbaru yaitu V.4.1.1. Jadi langsung saja instal dapodik yang V.4.1.1 



Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Cara Instal Dapodik Versi versi 4.1.0/4.1.1"