Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Rekomendasi Kuliah di Arab Saudi

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الواحد القهار وصلى الله على رسوله محمد وعلى اله وصحبه سلم

Alhamdulillaah.. Sholawat dan Salam atas utusan Allah, Nabi Muhammad Shollallaahu 'alaihi wa sallam..

Dari sekian banyak Universitas Islam Madinah (UIM). Ataupun hanya rekomendasi untuk belajar di universitas tertentu.

Lain lagi universitas-universitas yang membuka pendaftaran untuk pascasarjana sains dan teknologi, rata-rata mensyaratkan dokumen rekomendasi dari Profesor atau Doktor yang pernah mengajar si pendaftar beasiswa serta penelitian yang pernah dilakukan si pendaftar jika memang ada.

Rekomendasi ini dari segi bentuk bebas, selama isinya mengacu pada yang disyaratkan oleh pihak kampus. Anda juga bisa menambahkan prestasi yang pernah Anda peroleh di dalamnya. Yang terpenting surat rekomendasi dibuat jujur sesuai keadaan, tidak dilebih-lebihkan biar diri Anda kelihatan hebat. Adapun bahasa, acuannya juga adalah sebagaimana yang diminta pihak kampus, bisa jadi bahasa Arab atau Inggris.

Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh surat rekomendasi yang pernah saya minta dan gunakan untuk pendaftaran dan ketika telah diterima di Islamic University of Madinah.

# Dokumen Pendaftaran #

1. Rekomendasi Kepala Kementerian Agama Kota Palangka Raya

2. Rekomendasi Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya

# Dokumen Setelah Diterima #

3. Rekomendasi Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah

4. Rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Tengah

5. Rekomendasi Pesantren Mahasiswa Firdaus Malang

Semua rekomendasi di atas termasuk rekomendasi lembaga atau instansi resmi, karena terdiri dari kop surat, nomor surat, dan cap stempel. Adapun rekomendasi tokoh masyarakat atau perorangan biasanya tanpa kop surat, tanpa nomor surat, dan tanpa cap stempel.

Saya memang sengaja hanya memberikan contoh rekomendasi asli bahasa Indonesia sebelum diterjemahkan. Saya tidak memberikan hasil terjemahan penerjemah resmi/tersumpah, karena saya menghargai pekerjaan mereka sebagai penerjemah resmi/tersumpah dan merekalah pula yang punya hak terjemah tersebut. Alasan kedua, biar Anda ada usaha untuk menterjemah sendiri, atau minta bantu ke teman untuk menterjemahkannya, atau langsung ke penerjemah resmi/tersumpah. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala membalas usaha dan perjuangan Anda. Aamiin.

Saya rasa cukup bantuan saya hanya contoh rekomendasi dalam bahasa Indonesia itu. Saya tidak melayani bantuan menterjemahkan dan tidak memberikan contoh rekomendasi bahasa Arab langsung. Selain ngasih contoh, saya bantu do'a saja; Semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala memudahkan urusan Anda. Aamiin.

Jasa penerjemah resmi / tersumpah silakan baca posting Tanya Jawab Beasiswa Kerajaan Saudi Arabia (KSA)!

{Madinah, 21 Januari 2016 / 11 Robi'ul Akhir 1437 H}
Copyright @ Ahmad Bilal Almagribi
Mahasiswa Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Madinah

Sumber http://www.santrinabawi.com/

Posting Komentar untuk "Contoh Rekomendasi Kuliah di Arab Saudi"