Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genetika Sungai

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Jika kalian pernah pergi ke sungai tentunya pasti kalian akan melihat batuan
di sekitarnya. Perkembangan sebuah sungai pasti ditentukan oleh hubungan struktur pelapisan batuan di sekelilingnya. Proses perkembangan tersebutlah yang disebut dengan genetika sungai. Genetika sungai dapat dikategorikan sebagai berikut:
  1. Sungai Superposed/Superimposed, adalah sungai yang terbentuk pada suatu bidang struktur tertentu dan dalam perkembangannya, erosi vertikal sungai tersebut memotong bagian bawah bidang struktur batuan. Singkatnya adalah sungai superposed adalah sungai yang terbentuk belakangan dibandingkan struktur batuan disekelilingnya.
  2. Sungai Anteseden, adalah sungai yang sudah ada terlebih dahulu dibandingkan keberadaan struktur batuannya dan dalam perkembangannya aliran sungai mengikis hingga bagian struktur batuan di bawahnya. Pengikisan ini dapat diakibatkan erosi vertikal lebih intens dibanding erosi lateral.
  3. Sungai Konsekuen, adalah sungai yang mengalir searah dengan kemiringan lereng aslinya.
  4. Sungai Subsekuen, adalah sungai yang berkembang pada suatu zona batuan yang resisten (tahan erosi). Sungai ini seringkali berpola trellis.
  5. Sungai Resekuen, adalah sungai yang mengalir searah dengan kemiringan lapisan batuan sama seperti sungai konsekuen, namun sungai resekuen berkembang belakangan.
  6. Sungai Obsekuen, adalah sungai yang arah alirannya berlawanan dengan arah kemiringan lapisan batuan dan berlawanan pula dengan sungai konsekuen.
  7. Sungai Insekuen, adalah sungai yang mengikuti suatu aliran dimana aliran tidak dikontrol sama sekali oleh faktor kemiringan asli, struktur dan jenis batuannya.
Bagaimana gan?masih bingung alias pusing?, itulah beberapa genetika sungai. Supaya lebih memudahkan pemahaman maka rajinlah membaca berulang-ulang pasti nanti akan ketemu kunci memahaminya. Singkatnya begini saja sungai tersebut apakah lahir terlebih dahulu dibanding batuan/struktur batuan disekelilingnya atau sebaliknya. Untuk lebih mempermudah pemahaman genetika sungai saya berikan gambar contohnya berikut

Genetika Sungai
Sumber:
Djauhari Noor. Geomorfologi

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Genetika Sungai"