Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Kebiasaan Buruk Yang Merugikan Kesehatan


Setiap orang menginginkan sehat sampai akhir hayat. Namun tidak semua orang bisa mendapatkannya. Kebiasaan yang kita lakukan sekarang sangat berpengaruh untuk kehidupan kita saat ini dan saat yang akan datang. Sebaiknya mulai membiasakan hidup sehat dari sekarang dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan kita. Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan terutama kesehatan pribadi. Berikut ini adalah 14 kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan kita. Ke-14 kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan antara lain:

1. Merokok

Merokok dapat merugikan kesehatan, karena merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Merokok berbahaya bagi jantung, Dapat mencemari darah dengan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok. Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, paru-paru, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

2. Kurang tidur

Tidak cukup tidur dapat menyebabkan masalah gangguan kesehatan, seperti konsentrasi menuru, Mata perih dan terasa capek, tidak enak makan, berat badan menuru, depresi, pengaruh kesehatan kulit, dan menurunkan gairah seksual.

3. Mengkonsumsi alcohol

Kelebihan alcohol di dalam tubuh dapat mengakibatkan resiko yang lebih besar dari pada tekanan darah tinggi. Alkohol yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan gagal ginjal dan jantung, kadar lemak yang tinggi dalam darah, Dan dapat menyebabkan kalori ekstra tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan beratbadan yang tidak sehat.

4. Malas Berolahraga

Aktivitas olahraga 20-40 menit setiap hari atau seminggu dua kali dapat meningkatkan kesehatan untuk saat sekarang dan untuk jangka panjang

5. Bekerja Ketika Sedang sakit

Memaksakan diri bekerja ketika sedang sakit selain memperburuk kesehatan juga hasilnya kurang produktif.

6. Makan dengan berlebihan

Makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Orang yang mengalami obesitas beresiko terhadap penyakit kolestrol dan penyakit jantung

7. Minum Minuman Berkarbonasi

Minuman bersoda memiliki gizi yang sangat sedikit, Kebiasaan minum-minuman berkarbonasi sejak usia muda atau anak-anak dapat dapat menyebabkan masalah gangguan pencernaan atau ulkus lambung

8. Stress dan depresi

Stress dan depresi dan kecemasan yang berlebihan dapat memicu tererang penyakit jantung.

9. Tidur mendengkur

Tidur mendengkur pertanda ada masalah dengan pernapasan. Tidur mendengkur banyak dialami oleh orang yang menderita gangguan obesitas. Mendengkur dapat menyebabkan tekanan darah melambung tinggi.

10. Terlalu tegang dan kurang bisa bersantai.

Kebiasaan terlalu tegang menghadapi masalah dapat mengakibatkan seseorang mengalami stress dan depresi. Berantai merupakan salah satu kenikmatan hidup. Waktu santai sejenak dapat meningkatkan motivasi yang tinggi.

11. Tidak percaya diri

Tidak percaya diri dapat mengakibatkan hubungan yang buruk antar sesama teman. Terlalu rendah diri dapat mengakibatkan proe penyembuhan terhadap diri menjadi terhambat.

12. Mengabaikan Rasa Sakit

Ini sering dilakukan oleh orang-orang yang suka bekerja keras. Ibu-ibu yang mengasuh anaknya. Tanggung jawab untuk membersihkan rumah jika belum beres biasanya sampai mengabaikan rasa sakit. Orang-orang yang dituntut untuk menyelesaikan pekerjaanya juga sering mengabaikan rasa sakit. Ini dapat menyebabkan kesehatan menjadi lebih buruk dan lebih sering pergi ke dokter.

13. Berlama-lama di depan TV di depan komputer

Duduk di depan TV selama berjam-jam dapat meningkatkan tensi darah. Terutama jika tidak diimbangi dengan berolahraga secara teratur. Dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan mengganggu kesehatan jantung.

14. Memiliki Teman Dengan Kebiasaan Buruk.

Dalam memilih teman hendaknya selektif. Teman yang memiliki kebiasaan buruk dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan kebisaan buruk yang sama. Agar tidak terpengaruh dengan kebiasaan buruk dilingkungan kita hendaknya pandai menjaga diri dari pengaruh kebiasaan buruk teman dan lingkungan.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Posting Komentar untuk "14 Kebiasaan Buruk Yang Merugikan Kesehatan"