Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat Kuku Secara Alami


Seperti halnya rambut, kuku merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kerapian penampilan seseorang. Kuku yang bagus adalah kuku yang sehat dan terawat dengan baik. Dalam merawat kuku, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, yaitu dengan menjaga kebersihan kuku, merapikan kuku, dan memberi vitamin agar kuku dapat tumbuh subur. Kuku yang sehat adalah kuku yang kuat, tidak mudah patah, tidak mudah mengelupas, dan tumbuh normal.

Untuk merawat kuku agar sehat tumbuh subur sebaiknya gunakan cara-cara yang alami. Karena selain murah juga tidak membawa efek samping. Berikut ini adalah cara perawatan kuku secara alami dapat anda baca di bawah ini.


  1. Merawat Kuku Dengan Buah Blimbing Wuluh. Caranya adalah  dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah itu bilas dengan air bersih. Buah blimbing wuluh bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. 
  2. Merawat Kuku Dengan Daun Lidah buaya. Caranya adalah ambil satu daun lidah buaya yang masih segar,  bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening. Daun Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk merawat rambut, ternyata juga bisa untuk merawat kuku. 
  3. Merawat Kuku Dengan Getah Pepaya. Caranya adalah ambil buah pepaya yang masih muda dan oleskan getahnya ke kuku yang anda kehendaki. Getah pepaya bagus sekali untuk membersihkan kulit di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.
  4. Merawat Kuku Dengan Bawang putih. Caranya adalah  parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku . Bisa juga dengan langsung menggosokkan bawang putih pada kuku Anda. Lakukanlah secara rutin, maka kuku Anda akan semakin kuat dan tidak rapuh. Bawang putih mengandung zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. 
  5. Merawat Kuku Dengan Lemon /jeruk nipis. Caranya adalah  siapkan perasan lemon, dan campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi. Aduk rata, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu hingga kering. Setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur minimal sepekan sekali, maka kita akan mendapatkan kuku dengan warna yang normal. Jeruk nipis berkhasiat untuk mengembalikan kuku yang kuning. 
  6. Merawat Kuku Dengan Campuran madu, telur, dan minyak zaitun . Caranya Adalah  campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10 – 15 menit, kemudian bersihkan kuku Anda. Manfaat Campuran madu, telur, dan minyak zaitun adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku. 
  7. Merawat kuku dengan minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Susu dan kalsium adalah makanan yang banyak mengandung zat kapur yang banyak mermanfaat untuk kesehatan tulang. Bahan makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan kuku. 

.Tips lain yang dapat anda lakukan untuk perawatan kuku agar sehat, rapi dan kuat adalah:

  1. Menjaga kuku bersih dan kering. 
  2. Jangan memotong kutikula atau memanipulasi. Kutikula adalah kulit berwarna putih yang mengeras dan menimbun di pinggiran kuku, akibat  kurang minum air putih atau seringnya terkena sabun dan detergen saat mencuci. Masalah ini tidak dapat dihilangkan hanya dengan pemakaian hand lotion atau hand cream. Solusinya, lakukan manicure dengan gunting khusus kutikula dan sebaiknya dilakukan oleh ahlinya di salon kuku tepercaya. Jika tidak, kutikula akan terangsang dan tumbuh  makin tebal.  "Kutikuladapat menjadi  penghalang alami untuk jamur dan bakteri Jika anda menhilangkan kutila. Hal ini tidak hanya akan membuat kutikula tampak lebih buruk - merah, bengkak, dan compang-camping - tetapi juga mungkin dapat menyebabkan infeksi yang merusak kuku dan menyebabkan kerusakan kuku permanen. 
  3. Potong kuku lurus. Gunakan gunting kuku tajam 
  4. Jangan menggigit kuku atau menghapus kutikula. Hal itu dapat merusak kuku. 
  5. Jangan gunakan kuku anda sebagai alat, seperti membuka kaleng pop.
  6. Potong kuku kaki secara teratur. Menjaga mereka pendek akan meminimalkan risiko trauma dan cedera.
  7. Jika kuku kaki yang tebal dan sulit untuk memotong, rendam kaki Anda dalam air garam hangat. Campurkan satu sendok teh garam per liter air dan rendam selama 5 sampai 10 menit.Memakai sandal jepit di kolam renang dan di kamar mandi umum. Hal ini akan mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh jamur yang bisa masuk kuku kaki Anda.
  8. Jika kuku Anda berubah, membengkak, atau menyebabkan nyeri, Pergilah ke Dokter untuk memeriksakan kuku anda . Jika Anda memiliki diabetes atau sirkulasi yang buruk, hal ini sangat penting untuk mencari pengobatan untuk masalah kuku . Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang merawat kuku Anda, dapat anda tanyakan ke Dokter kulit.









Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Posting Komentar untuk "Merawat Kuku Secara Alami"