Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Janin Usia 40 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah masuk pada usia pekan ke 40.


Atau mungkin gelar janin sudah tidak lagi pas diberikan pada si buah hati. Karena pada faktanya si buah hati sudah siap untuk dilahrikan. Dengan demikianlah ia kini mungkin sudah bergelar menjadi seorang bayi yang akan siap untuk dilahirkan ke dunia.


Pada usia pekan ini perkembangan yang terjadi dengan buah hati anda dalam kandungan mungkin sudah masuk dalam masa penyelesaian atau masa penyempurnaan. Sebab semua organ tubuh pada si bayi baik organ dalam maupun organ luarnya sudah terbentuk dengan hampir sempurna. Dengan demikianlah beberapa perkembangan yang terjadi mungkin hanyalah bagian dari perkembangan guna menyempurnakan tubuh si bayi sebelum ia siap untuk dilahirkan ke dunia.


Pada sebagian besar ibu hamil usia kehamilan periode terakhir ini seringkali membuat mereka nervous atau gugup terutama mereka para calon ibu yang baru saja mendapatkan pengalaman pertamanya hamil. Momen ini mungkin akan membuat mereka dibuat panik dan dibayangi ketakutan yang cukup besar menghadapi poroses persalinan nanti. Hal ini tentu wajar apalagi bila mengingat minimnya pengalaman dan rasa ingin tahu yang begitu besar akan mungkin membuat si calon ibu dibuat deg-degan dan tak karuan.


Untuk itulah dalam hal ini support dan dukungan dari orang-orang terdekat yang ada disekitar ibu hamil akan sangat diperlukan supaya si bu tidak panik dan takut menghadapi proses persalinan yang tak lama lagi akan dijalaninya.


Bukan saja itu, penting sekali untuk berkonsultasi ke dokter kandungan guna mengetahui perkembangan janin dalam rahim anda dengan baik. Agar demikian anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya.


Bukan hanya tentang materi dalam hal ini persiapan mental menjadi hal utama yang menjadi kunci kesuksesan mendapatkan persalinan yang lancar. Saat detik-detik menjelang proses persalinan tiba inilah menjadi waktu yang tepat untuk menjalin kedekatan dan berdiskusi bersama dengan pasangan tentang kesiapan anda menyambut si buah hati. Dengan begini diharapkan komunikasi yang terjalin akan membuat ibu hamil dengan perlahan mengurangi ketakutan dan kegugupannya menjelang persalinan tiba.


Dalam kenyataanya usia kehamilan pekan ini adalah waktu yang matang bagi si buah hati dalam perut anda  lahir ke dunia. Masa ini adalah masa-masa yang siap si buah hati menyapa dunia dan menyambut kehidupannya yang baru.


 anda kini sudah masuk pada usia pekan ke  Perkembangan Janin Usia 40 Minggu


Usia kehamilan trimester akhr ini bayi anda sudah seharusnya berada pada posisi siap lahir, yakni dengan posisi kepala berada dibawah. Akan tetapi demikian, hanya sekian persen bayi yang lahir tepat pada tanggal yang doperkirakan. Maka demikian anda sebaiknya tetap tenang bila bayi anda tak kunjung lahir atau rupanya masa kelahirannya lebih cepat dari tanggal yang telah diperkirakan.


Usia kehamilan ini membuat perkembangan pada si bayi sudah sempurna dan akan siap lahir ke dunia. Dengan demikianlan sejak usia kehamilan 8 bulan atau pada pekan-pekan sebelumnya anda perlu mempersiapkan diri dan bersiaga untuk segera berkonsultasi bila kontraksi terasa semakin teratur dan intens.


Hanya saja tak bisa dipungkiri. Setelah berkonsultasi dengan dokter dan ditarik tanggal perkiraan kelahiran si buah hati. Namun pada tanggal yang bersangkutan ia tak kunjung lahir ke dunia atau bahkan tanda-tanda kelahiran belum juga nampak. Hal ini akan membuat anda cemas atau bahkan sebagian wanita merasa frustasi dengan hal ini. Ketakutan akan kehamilan yang tidak normal dan lain sebagainya seolah memperburuk kondisi ini. Namun tak perlu khawatir, sebab sebagian besar wanita hamil mungkin merasakan kondisi yang serupa.


Bayi anda mungkin masih merasa nyaman berada dalam perut anda. Pada usia kehamilan ini perkembangan pada berat dan panjang tubuhnya semakin sedikit untuk dikembangkan mengingat hari kelahirannya sudah semakin dekat. Tak heran bila sebagian besar bayi akan mengembangkan berat dan panjang tubuhnya yang melambat pada masa ini.


Rata-rata bayi pada usia kehamilan ini panjang tubuhnya bila diukur dari bagian kepala sampai kebagian kaki kini ukurannya sudah mencapai 51 cm dan berat tubuhnya mencapai 3.4 kg. Ukuran ini adalah ukuran secara umum dan rata-rata sebagian bayi mungkin mengalami ukuran berat tubuh dan panjang yang lebih besar atau bahkan lebih sedikit. Selama ukuran berat tubuhnya 2,5-3,8 kg ukuran ini adalah ukuran yang normal.


Pada usia kehamilan ini cairan ketuban dalam rahim anda semakin sedikit jumlahnya dan ukuran tubuh si bayi semakin membesar. Cairan ketuban yang dulunya jernih kini berubah menjadi lebih keruh. Hal ini dikarnakan si bayi yang mulai menumpahkan zat cairan putih yang disebut dengan vernix caseosa yang mana cairan ini telah melindungi kulitnya selama bulan-bulan sebelumnya. Bila si bayi tidak menunjukan tanda-tanda akan kelahirannya beberapa minggu kedepan maka kemungkinan kulitnya akan mengering pada saat ia dilahirkan nantinya.


Bayi dalam kandungan anda sudah menguasai hampir semua keterampilan yang dia perlukan saat ia lahir. Secara naluriah si bayi sudah mulai dapat mengenali ibu jarinya sendiri dan memasukannya kedalam mulut sebelum ia menghisap payudara ibunya saat ia dilahirkan nanti.


Meskipun posisinya kini sudah semakin kebawah dibagian perut ibunya dan terjepit diantara bagian panggul dan rahim si ibu. Namun didalam perut ibu si bayi masih terus berkembang dan ia masih sibuk dengan pertumbuhan rambut dan kukunya yang akan semakin panjang.


Perkembangan kuku-kuku pada jari mungil inilah yang akan mungkin membuat ibu membutuhkan sarung tangan mungil untuk melapisi tangan-tangan mungilnya agar nantinya kulitnya yang halus tidak tergores dengan kuku-kukunya. Hal ini dikarenakan pemotongan kuku pada si bayi tidak boleh dilakukan terlalu dini apalagi pada saat ia baru saja dilahirkan ke dunia.


Mungkin akan sulit untuk kita bisa memprediksi seberapa besar berat tubuh si bayi pada saat ia akan dilahirkan ke dunia. Akan tetapi, kita tentu tahu bahwa ukuran normal bayi baru lahir adalah dikisaran 3.3 kg.


Meskipun hari kelahirannya sudah hampir tiba akan tetapi tulang tengkorak pada bayi anda belum menyatu dengan sempurna. Hal inilah yang memungkinkan tulang-tulang pada tubuh mereka menjadi sedikit tumpang tindih pada saat si bayi bergerak melalui jalan lahir selama proses persalinan.


Kondisi ini biasa disebut dengan molding dan merupakan alasan kepala bayi anda terlihat mengkerut atau mengerucut pada saat ia baru saja dilahirkan. Akan tetapi tak perlu khawatir kondisi ini adalah hal yang wajar yang bersifat temporary atau sementara. Dengan berjalannya waktu tulang-tulangnya akan mengeras dan terbentuk dengan baik.


Pada saat ini anda mungkin akan mulai mengalami kontraksi dan seolah bayi anda akan keluar beberapa saat lagi. Nah, ketika anda merasakan kondisi ini sebaiknya janganlah panik dan cobalah untuk tetap tenang dengan beristirahat. Jangan dulu menghubungi dokter atau bidan seketika anda merasakan kondisi ini. Anda mungkin akan disarankan untuk menunggu sampai kontraksi benar-benar terjadi. Sebab biasanya seringkali dijumpai kontraksi palsu.


Demikianlah gambaran perkembangan bayi pada usia pekan ke 40. Semoga bermanfaat!


Posting Komentar untuk "Perkembangan Janin Usia 40 Minggu"