Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Praktik Latihan Senam Irama Menggunakan Tali atau Pita


A. Menyiapkan Peralatan Latihan

Dalam latihan praktik senam irama menggunakan tali atau pita, yang harus di siapkan adalah bahan-bahan yang akan dipakai untuk latihan. Bahan yang biasa digunakan adalah tali dari serat manila, sutra, dan nylon. Ukuran lebar pita sekitar setengah inchi. dan panjangnya disesuaikan dengan pengguna. Ukuran tali untuk orang dewasa sekitar 2 meter . Sedangkan untuk anak-anak sekitar 1,5 meter. Mengukur panjang tali juga bisa dengan cara menyuruh peserta latihan berdiri di atas pita, angkat dan luruskan lengan kesamping setinggi bahu sambil kedua tangan memegang ujung-ujung tali. Jika sudah pas, tali bisa dipotong.  Perlu diperhatikan bahwa tali yang terlalu panjang atau terlalu pendek akan menyulitkan peserta latihan dalam melakukan gerakan. 

B. Latihan Pemanasan Dengan Menggunakan Tali

Latihan pemanasan bisa dengan gerakan-gerakan peregangan. Peregangan juga bisa dengan menggunakan tali. Latihan peregangan dengan tali adalah sebagai berikut:
  • Kaitkan jari-jari tangan kanan dan kiri , kemudian tarik ke atas selama hitungan delapan kali
  • Tolehkan kepala ke kiri/ kanan  dengan hitungan delapan kali
  • Putar kepala ke kanan dan ke kiri
  • Meregangkan tungkai
  • Sit Up
  • Pegang tali dengan kedua tangan kemudian angkat tangan ke depan, ke atas, dan kesamping kiri- kanan
  • Meregangkan punggung
  • Meregangkan bahu
C. Praktik Gerakan Latihan Senam Lantai

a. Latihan Mengayunkan Tali

Caranya adalah; tali dilipat dua dengan menyatukan kedua ujung-ujungnya. Kemudian pegang ujung-ujung tali dengan tangan kanan dan kiri. Gerakan latihan:

1. Gerakan melingkarkan tali ke samping. 

Caranya adalah 1) Berdiri, 2) pegang ujung tali denga kedua tangan  di depan bahu kanan, gerakan melingkar depan, melingkar belakang, melingkar samping kanan dan ganti ke samping kiri. lakukan body wave saat tali melingkar ke belakang dan ke atas kepala. Semua gerakan melingkar dapat dilakukan sambil berjalan atau berlari.

2. Melingkarkan tali di atas kepala

Cara melakukan adalah; 1) berdiri, 2) Peganglah kedua ujung tali dengan ke dua tangan. Lakukan melingkar horisontal tali di atas kepala

3. Melingkarkan tali di bawah sambil melakukan lompatan

Caranya adalah; 1) berdiri, 2) Pegang kedua ujung tali dengan tangan kanan, 3) ayunkan tali rendah ke sebelah kanan, 4) melompatlah sebelum tali mengenai lantai, begitu lakukan berulang-ulang.

4. Latihan Tali Melingkar dan Berubah posisi

Gerakanya adalah; 1) berdiri, 2) Pegang ujung tali dengan tangan kanan, 3) Ayun tali depan ke samping kiri, lakukan gerakan berkesinambungan bergantian tangan kanan dan kiri 8 kali ulangan

5. Latihan ayunan tali horizontal

Cara melakukan; 1) berdiri dengan kaki rapat, 2) Peganglah tali disamping kanan , 3) ayunkan tali dari samping kanan ke kiri, lengan bergerak mendatar. 4) bengkokkan lutut dan pindah gerak kaki ke kiri saat tali berayun ke kiri. Lanjutkan secara berkesinambungan sampai 8 kali.

6. Latihan melingkarkan tali dan berayun ke samping

Cara melakukan adalah; 1) berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, 2) Pegang tali denga tangan kanan dan berat badan di samping kanan. Mulai turun ke kiri dan buat lingkaran penuh .

7. Latihan tali melingkar di badan

caranya adalah pertama berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, kedua lengan kesamping dengan tali dibelakang, putarlah tali  mengitari badan,

8.  Latihan putaran tali mendatar

Berdiri dengan tangan kakana memegang tali, langkahkan kaki ke kiri sambil mengayunkan tali ke depan. Pindahkan tali ke tangan kiri dan melangkah, dengan kaki kanan. Ayunkan tali memutar ke belakang sambil mundur. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Posting Komentar untuk "Praktik Latihan Senam Irama Menggunakan Tali atau Pita"