Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bisul, Penyebab, Gejala dan Penanganan

Memiliki kulit yang sehat, mulus dan bersih tentu menjadi impian untuk siapa saja, tak terkecuali untuk kaum laki-laki.


Betapa tidak, kulit yang indah seringkali menjadi indikasi bagaimana seseorang merawat kebersihan dan kesehatan tubuhnya yang baik. Tak jarang dari kulitlah, seseorang menggambarkan kecantikan dan kebersihan seseorang. Apalagi saat ini, kulit yang putih mulus seringkali menjadi parameter keindahan tubuh seseorang.


Dengan demikianlah tak heran bila ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk mempercantik dan memperindah penampilan tubuh terutama kulitnya agar terlihat mulus dan bercahaya. Mulai dari melakukan perawatan sederhana dirumah, memberikan banyak produk kecantikan yang diklaim mampu memperindah kulit sampai dengan melakukan tindakan operasi atau injeksi pada tubuh agar semata-mata kulit yang mulus dan indah bisa mereka dapatkan.


Selain itu, memang seringkali banyak stigma yang terlanjur melekat dalam diri masyarakat, terutama masyarakat Indonesia bahwa gangguan dan penyakit kulit yang menyerang seseorang adalah tanda bahwa orang tersebut tidak piawai atau kurang cermat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya sehingga masalah kesehatan berdatangan terutama masalah kesehatan kulit.


Nah, bila sudah melihat dan mengalami betul bagaimana penilaian seseorang terhadap penderita penyakit kulit. Anda mungkin akan merasa enggan dan dibuat tak percaya diri ketika masalah kulit menyerang anda dengan tiba-tiba. Walaupun stigma yang menyatakan kesehatan kulit seringkali datang akibat dari si penderita yang kurang baik dalam menjaga kesehatannya benar adanya. Akan tetapi tidak semua jenis masalah atau gangguan kesehatan kulit terjadi akibat kondisi tersebut.


Namun demikian, tetap saja tak bisa dipungkiri bahwa tubuh yang sehat dan bersih akan membuat kuman dan bakteri penyebab penyakit enggan untuk berlama-lama hinggap dalam tubuh. Untuk itulah, merawat dan menjaga kesehatan tubuh akan menjadi PR yang penting untuk anda agar terhindar dari berbagai permasalah kesehatan yang akan mengganggu anda.


Apalagi masalah gangguan kesehehatan kulit, dimana kondisi ini umumnya akan lebih banyak membuat estetika tubuh menjadi berkurang. Ya, timbulnya masalah gangguan kulit pada tubuh tentu akan membuat si penderitanya enggan membuka dan mengekspos sebagian tubuhnya yang biasanya terbuka.


Hal ini dikarenakan pada kebanyakan kasus, gangguan kesehatan kulit umumnya lebih sering menampakan tanda dan gejala yang menganggu seperti ruam merah, timbulnya bercak dan bintik dan bahkan pada beberapa kasus tertentu nanah seringkali menyertai gangguan tersebut.


Untuk itulah gangguan kesehatan pada kulit adalah hal penting yang harus segera mendapatkan pertolongan. Sebab bila tidak bakteri atau mikroorganisme yang menginfeksi bagian kulit tersebut akan menyebar dan menginfeksi bagian lainnya yang sehat. Sehingga penyakit kulit yang dialami akan semakin membesar dan berubah menjadi lebih parah.


Selain itu, dampak yang ditimbulkan dari gangguan kulit lebih sering membuat si penderitanya mengalami kondisi yang tidak nyaman dan menganggu. Kondisi ini sebenarnya bisa dijadikan alasan untuk anda bisa segera mengkonsultasikan kondisi yang anda alami ke dokter. Agar demikian kemungkinan terburuk dari kondisi tersebut bisa dicegah dan diatasi dengan lebih cepat. Seperti halnya dengan salah satu jenis masalah kesehatan kulit yakni bisul.


Anda mungkin tidak lagi asing dengan salah satu gangguan penyakit seperti bisul. Ya, gangguan pada kulit yang timbul akibat adanya benjolan ini seringkali menjadi kasus yang banyak dijumpai pada sebagian besar masyarakat. Penyakit ini memang hanya merupakan foliker kecil pada kulit, namun rasa nyeri yang diakibatkannya seringkali membuat orang tidak tahan.


Walaupun penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang sudah banyak dikenal di masyarakat. Akan tetapi tetap saja ada sebagian orang yang masih bingung dan belum tepat dalam memberikan penanganan terhadap penyakit bisul yang dialaminya.


Ada yang sudah mencoba memakai obat salep bisul yang banyak dijual di apotek atau toko obat, ada pun sebagian yang memilih mengobati kondisi benjolan menyakitkan ini dengan menggunakan bahan-bahan herbal yakni dengan mengoleskan aneka macam dedaunan dan lain sebagainya. Semua cara banyak dilakukan guna menghilangkan bisul yang amat sangat tidak nyaman dirasakan oleh si penderita mulai dari perasaan sakit yang berdenyut, demam dan bahkan sampai membuat mereka tidak bisa melakukan aktivitasnya seperti biasanya.


Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana penanganan bisul yang tepat, terlebih dahulu sebaiknya mari kita samakan persepsi kita terhadap penyakit bisul yang banyak dialami sehingga penanganan terhadap penyakit ini akan tepat bila anda mengkuti cara pengobatan yang akan kami sampaikan dibawah ini.


Apa Itu Bisul?


Bisul merupakan gangguan kesehatan kulit yang timbul akibat adanya benjolan yang tumbuh didalam kulit. Benjolan ini akan dapat menyebabkan beberapa kondisi yang tidak nyaman seperti halnya perasaan nyeri yang berdenyut, berwarna kemerahan dan berisi nanah akibat dari infeksi bakteri yang mempengaruhinya. Adapun beberapa bakteri tersebut akan masuk kedalam kulit lewat pori-pori yang selanjutnya menginfeksi akar rambut (folikel rambut).


Adapaun gejala awal dari kondisi ni adalah warna kulit yang kemerahan, kemudian timbul benjolan seperti jerawat namun dalam ukuran yang lebih besar, menimbulkan perasaan sakit dan semakin besar perasaan sakit yang ditimbulkan akan semakin parah, berisi nanah dan pada gilirannya bisul sudah matang maka nanah tersebut akan pecah dengan sendirinya dan mengalir.


 mulus dan bersih tentu menjadi impian untuk siapa saja Apa Itu Bisul, Penyebab, Gejala dan Penanganan


Apa Saja Penyebab Bisul?


Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi akibat bakteri yang masuk kedalam kulit dan menginfeksi folikel rambut. Dan sebagian besar penyebab penyakit bisul yang muncul dalam kulit adalah disebabkan oleh jenis bakter Staphylococcus aureus. Perlu diketahui jenis bakteri ini adalah bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan dibagian dalam hidung.


Terkadang bisul akan dapat dengan mudah timbul dibagian kulit yang sudah rusak akibat bagian tersebut mengalami cedera kecil atau adanya gigitan serangga dimana luka masih terbuka. Kondisi ini membuat bakteri dapat dengan lebih mudah masuk kedalam kulit dan menginfeksi bagian tersebut sehingga demikian bisul akan mungkin muncul.


Apakah Saja Tanda dan Gejala Bisul?


Bisul dapat tumbuh dibagian kulit mana saja pada tubuh. Akan tetapi hanya kulit yang ditumbuhi oleh bulu dan rambut saja yang berpotensi dihinggapi oleh bisul. Oleh karena itu, bisul tidak pernah dijumpai pada bagian telapak tangan, kaki, bibir, lidah dan bagian lainnya. Namun lebih sering tumbuh dibagian ketiak, kepala, leher, tangan, wajah dan paha yang sering berkeringat dan cenderung beresiko terhadap gesekan.


Bakteri yang masuk kedalam kulit ini akan lebih mudah masuk apabila si penderita tidak cermat dalam menjaga kebersihan tubuhnya dan seringkali membiarkan daerah-daerah yang rentan akan gesekan lembap dan kedap udara.


Untuk itulah sebaiknya upayakan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh terutama memastikan bagian seperti paha dan organ lipatan pada tubuh untuk selalu kering agar bakteri dan kuman tidak bisa berkembang biak dan menginfeksi kulit dengan mudah.


Ciri-Ciri Kulit Terkena Bisul dan Tahapannya


Pada saat bisul akan muncul umumnya akan selalu ada hal yang menandakan atau mencirikan kondisi ini mulai menyerang. Umumnya beberapa tanda yang lebih sering dihadapi adalah perubahan warna merah pada bagian tubuh dan tumbulnya benjolan seperti jerawat dengan kondisi yang perih, berdenyut dan membesar dengan bertahap.


Nah, kondisi inilah yang sebaiknya anda waspadai sebelum penyakit bisul membesar dan menyebar ada baiknya bila anda mengkonsultasikan kondisi ini ke dokter sebelum bisul yang dialami berubah menjadi lebih parah atau menyebar. Akan tetapi selain beberapa ciri diatas, berikut ini ada beberapa tanda kulit yang terkena bisul dan tahapannya.



  • Adanya benjolan pada kulit yang biasanya seukuran dengan biji kacang berwarna kemerahan dan terasa sakit/nyeri.

  • Kulit dibagian sekitar benjolan mulali membengkak dan timbulnya warna kemerahan pada kulit dengan perlahan.

  • Bisul akan semakin hari semakin membesar bisa sampai dengan ukuran telur ayam, dan terbentuk nanah didalamnya terlihat putih atau kehijauan. Selain itu, pada gilirannya akan timbul titik seperti mata pada bagian benjolan dan bagian tengah bisul.

  • Ujung bisul akan menjadi keputihan atau kekuningan (terlihat nanah didalamnya) yang pada akhirnya kondisi ini akan pecah dan nanah akan mengalir keluar.


Selain beberapa tanda diatas, beberapa tanda lain yang akan mungkin menyertai bisul adalah demam, kelelahan dan badan yang terasa pegal-pegal. Pembengakakan bisa terjadi pada jaringan yang ada didekatnya dan kelenjar getah bening yang terlibat, terutama kelenjar getah bening di leher, ketiak atau bagian selangkangan.


Kondisi diatas akan mungkin menimbulkan perasaan tidak nyaman, terganggu yang amat sangat menyiksa. Bahkan pada beberapa orang anda mungkin tidak akan mampu menjalankan rutinitas anda seperti biasanya. Dengan demikian jangan heran bila pada sebagian penderita yang terkena dengan bisul mereka akan kepayahan menahan perasaan sakit yang ditimbulkan dari bisul yang dirasakan. (Baca juga : Nama Anak Laki-Laki Islami)


Mitos Pada Penyakit Bisul


Banyak mitos yang tersebar di masyarakat yang menyatakan bahwa konsumsi telur dapat menyebabkan bisul. Hal ini juga yang seringkali membuat sebagian orang merasa enggan dan bingung pada saat mengkonsumsi telur. Apalagi untuk orang yang sebelumnya sudah pernah mengalami penyakit bisul. Kondisi inilah yang seringkali membuat mereka enggan mengkonsumsi telur. Lantas benarkah hal tersebut?


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penyakit bisul terjadi pada bagian lipatan tubuh seperti halnya dibagian ketiak atau lipatan pangkal paha. Namun bisa juga terjadi pada bagian permukaan kulit lainnya yang dibagian tersebut ditumbuhi dengan bulu atau rambut seperti wajah, leher atau bokong.


Penyakit bisul ini dapat terjadi karena faktor makanan ataupun minuman yang tidak bersih sebab mengandung bakteri yang dapat menyebabkan bisul tumbuh. Akan tetapi untuk mengkonsumsi telur dan digadang-gadang dapat menyebabkan bisul adalah mitos belaka.


Bisul yang tumbuh dalam tubuh tidak dan bukan disebabkan oleh konsumsi telur yang dimakan. Akan tetapi penyebabnya adalah bakteri yang masuk kedalam kulit melalui pori-pori atau dapat pula disebabkan oleh bakteri lain atau jamur.


Lantas bagaimana dengan seseorang yang sering mengkonsumsi telur dan dikaitkan dengan tumbuhnya bisul didalam tubuhnya? Kondisi ini bisa jadi diakibatkan karena orang yang bersangkutan memiliki alergi terhadap konsumsi telur. Akan tetap secara umum kondisi bisulan tidak disebabkan akibat sering mengkonsumsi telur.


Lalu Bagaimana Cara Mengobati Bisul yang Baik dan Tepat?


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menangani bisul yang menganggu dan menimbulkan perasaan nyeri. Beberapa hal tersebut beragam mulai dari penanganan yang sederhana yang dapat dilakukan dirumah sampai dengan mempercayakan pengobatan ke tim medis.


Beberapa penanganan tersebut bisa anda pilih. Akan tetapi bila penanganan yang dilakukan dirumah tidak berhasil karena berbagai faktor, maka sebaiknya jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter.


Penanganan Bisul Dirumah


Pengobatan yang satu ini lebih ditujukan untuk bisul yang baru tumbuh atau ukurannya masih sangat kecil. Pada saat anda pertama kali menyadari bahwa benjolan tersebut bisul seperti pada tanda-tanda diatas. Maka penanganan yang bisa dilakukan adalah penanganan dirumah. Nah, langkah-langkah dibawah ini akan dapat membantu anda meredakan infeksi dan mencegah penyebarannya.



  • Kompres dengan Menggunakan Air Hangat


Peradangan yang terjadi pada area bisul bisa sangat mengganggu akibat perasaan sakit yang ditimbulkannya. Untuk membantu anda meredakan peradangan ini maka gunakan lap hangat dan kompreskan diatas benjolan bisul.


Caranya tempelkan waslap hangat yang sudah dicelupkan diair hangat ke bagian daerah kulit yang terkena bisul. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sampai sensasi hangat pada waslap mereda. Lakukan hal ini secara berulang. Cara ini akan membantu bisul cepat matang dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan serta mempercepat penyembuhan.



  • Jangan Sesekali Memencet Bisul


Kita tidak akan pernah menyadari seberapa bersih tangan kita. Untuk itu, sebaiknya tidak sesekali memencet bisul yang sedang meradang. Sebab hal ini akan dapat mempermudah penyebaran infeksi kebagian kulit yang lain.




  • Mencegah Kontaminasi




Hal yang paling penting untuk menghindari penyebaran adalah dengan menjaga agar bagian bisul tidak tercemar dengan lebih banyak bakteri dan mikroorganisme lainnya. Untuk itu, pastikan bila anda mencuci tangan dengan bersih setelah mengobati bisul atau saat hendak mengobati bisul.


Selain itu, pastikan bila anda selalu mencuci pakaiaa, handuk atau kain yang anda gunakan untuk mengompres bisul. Hal ini dapat berguna untuk mencegah bisul tumbuh kembali, terutama bila anda sering mengalami bisul yang kambuh.


Kapan Harus Ke Dokter?


Secara umum, untuk bisul yang baru saja tumbuh anda bisa melakukan perawatan sendiri dirumah dengan melakukan beberapa hal diatas. Akan tetapi untuk bisul yang sudah besar dan memenuhi beberapa kriteria berikut ini, maka sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter bila kondisinya:



  • Memburuk dengan cepat atau sangat menyakitkan

  • Bisul pada wajah, dekat mata, atau hidung, dan bisul yang dekat dengan tulang belakang.

  • Bisul Berulang

  • Dengan perawatan sederhana belum sembuh dalam dua minggu

  • Timbul demam Lebih besar dari 2 inci (5 cm)

  • Ketika berkonsultasi dengan dokter, maka penganan yang lebih tepat akan dapat dilakukan dengan lebih baik.


Cara Mencegah Bisul


Selain pengobatan, bisul pun dapat dicegah sebelum terjadi dan menjangkiti bagian kulit. Sebab pada saat terjadi resiko yang ditimbulkan dari kondisi ini bisa sangat menyiksa. Untuk itu, penting sekali mengupayakan segala hal agar bisul tidak terjadi dan menjangkiti anda. Salah satu halnya adalah dengan menjaga kebersihan. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bisul.



  • Mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet

  • Mencuci pakaian, handuk dan seprai sesering mungkin

  • Rajin mandi untuk menjaga tubuh agar terbebas dari bakteri.


Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bisul. Kondisi bisul yang sudah terlanjur terjadi umumnya bisa ditangani dirumah apabila bisul masih kecil. Sementara itu, bila kondisinya meradang seperti diatas, maka sebaiknya segera hubungi dokter. 


Posting Komentar untuk "Apa Itu Bisul, Penyebab, Gejala dan Penanganan"