Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memepercepat HP Android Yang Mulai Lemot

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan namanya Android. Salah satu platform smartphone yang cukup banyak digemari oleh beberapa orang. Bahkan banyak sekali yang memuji bahwa Android merupakan platform terbaik setelah IOS. Namun pernahkah kalian mengalami handphone Android kalian terasa berat dan lemot.

Berat dan lemot di sini dimaksudkan adalah dalam kinerja HP saat di operasikan atau keadaan di mana aplikasi yang kita sedang buka atau mainka terasa lama untuk merespon setiap apa yang kita inginkan atau biasa kita sebut dengan Lemot.


Tentunya kita tidak ingin handphone android kita mengalami hal tersebut. Bahkan kebanyakan dari kita rela merogoh kocek lebih dalam memilih handphone keluaran terbaru dengan spesifikasi tinggi yang di gadang-gadang dengan iklanya yang anti lemot. Asumsi mereka bahwa dengan kita menggunakan handphone keluaran terbaru dan dengan spesifikasi tinggi akan membuat kita tidak lemot tapi faktanya tidak demikian.

Pemakaian dan perawatan HP android kalian juga perlu di perhatikan, apakah HP kalian di gunakan dengan sembarangan seperti menginstal segala macam aplikasi android yang tidak terlalu di butuhkan, ini salah satu penyebab di mana HP kalian akan menjadi lemot dan tidak akan enak untuk di pakai.

Namun ada benarnya juga untuk HP yang mahal pastinya tidak akan mengecewakan untuk masalah spesifikasinya, jangankan lemot, ada fitur otomatis pemberitahuan bahwa saatnya anda membersihkan HP anda untuk mengurangi beban di HP android anda. Tapi jangan kuatir kita akan bahas beberapa tips untuk anda yang tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli HP android yang mahal, cukup gunakan HP android anda sekarang, dengan memaksimalkan kinerjanya, pasti HP anda akan menjadi anti lelet.

Bagaimana bagi kita yang tidak memiliki dana yang cukup untuk mengganti handphone kita agar memperoleh spesifikasi tinggi. jangn khawatir, di sini saya akan menjelaskan beberapa tips agar handphone kallian tidak lemot sekalipun kalian menggunakan handphone yang biasa saja atau bahkan tidak menggunakan spesifikasi yang tinggi.

Beberapa Cara Agar HP Android Tidak Lemot Lagi


1. Selalu mengupdate aplikasi ke versi terbaru

Tentunya aplikasi yang terdapat di smartphone kita bisa kita update dengan versi terbaru. Setiap ada pemberitahuan untu meng-update software/ aplikasi tertentu alangkah lebih baiknya segera lakukan update. Dengan mengupdate software/ aplikasi ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem pada versi sebelumnya. Karena dapat dipastikan update ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Dalam mengupdate aplikasi ke versi terbaru juga harus jeli dan memilih mana saja aplikasi yang perlu atau urgent kalian update, karena dengan mengupdate aplikasi ke versi terbaru akan memakan ruang penyimpanan lebih banyak dari versi terdahulu. Sehingga kalian cukup megupdate aplikasi yang sangat-sangat kalian butuhkan ke versi yang kebih baru, untuk menghindari lemot pada aplikasi tersbut.

2. Lihat kapasitas Ruang Penyimpanan Kalian

Kondisi ruang penyimpanan yang terlalu penuh akan menyebabkan android kalian lemot. Kalian harus rajin memeriksa ketersediaan ruang penyimpanan di pengaturan penyimpanan. Jangan terlalu banyak menyimpan aplikasi yang dirasa tidak banyak diperlukan, karena terlalu banyak aplikasi akan membuat kinerja android kalian semakin berat dan membuat handphone kalian menjadi lemot. Untuk itu pilihlah aplikasi yang benar-benar kalian butuhkan, bukan yang kalian inginkan.

Nah salah satu cara yang paling mudah untuk membebaskan ruang penyimpanan yaitu menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Banyak aplikasi yang telah diinstal menggunakan cache data dalam upaya untuk mempercepat operasi anroid kalian.

Cara satu ini sangat tepat untuk anda tahu batas tertentu saja, jika chace data terlalu penuh maka bisa memakan beberapa fungsi android yang tidak bekerja, makan bukan mempercepat oprasi tetapi justru akan membuat android kalian menjadi lemot. Untuk mengatasi android yang lemot yang disebabkan oleh chache data terlalu penuh, kalian hanya perlu menghapus cache data saja. Caranya sangat mudah, yaitu kalian masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih penyimpanan, setelah itu pilih hapus cache data di aplikasi yang kalian pilih.

3. Terlalu banyak aplikasi Belakang layar

Apliaksi-palikasi yang berjalan di belakang layar biasanya adalah aplikasi Chatting. Jika semua aplikasi chatting kalian miliki terus berjalan di belakang layar maka sudah pasti Android kalian akan sangat lemot dan berat. Untuk itu pilihlah salah satu aplikasi chatting yang paling efektif dan yang paling sering kalian gunakan. Selain itu kalian perlu menghapus pesan yang sudah tidak digunakan. Dengan menghapus pesan yang tersimpan di aplikasi tersebut, akan mengurangi memori penyimpanan di smartphone kalian.

4. Kurangi Widget kalian

Widget merupakan pintasan yang terdapat dilayar smartphone kalian. Widget ini akan tampil secara otomatis apabila kalian tarik atau munculkan di layar smartphone kalian. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa memasang widget pada layar home kalian akan mengupdate widget cuaca yang terkini, dan akan selalu mengupdate setiap ada perubahan cuaca. Karena berjalan dengan terus-menerus, secara otomatis RAM yang yang digunakan semakin besar. Apalagi pada android dengan RAM yang sangat minim, hal ini akan meneybabkan android kalian akan bertambah lemot. Nah untuk mengatasinya yaitu dengan menghapus widget yang tidak teralu penting dan tidak kalian butuhkan akan mengurangi kerja RAM pada smartphone kalian.

5. Matikan Animasi pada Android Kalian

Animasi adalah salah satu pelaku pencuri RAM di perangkat Android kalian. Lebih baik kalian mengurangi atau mematikan animasi yang adapada andorid kalian dengan cara masuk ke menu Setting kemudian pilih Developer Options. Setelah itu ubah nilai Windows Animation Scale. Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale ke nilai terendah atau ubah ke mode Off.

6.  Nonaktifkan Auto-Sync

Cara selanjutnya utnuk mengatasi android kalian yang lemot yaitu dengan cara mengaktifkan Auto-Sync. Fitur Auto-Sync membuat android kalian terhubung pada semua akun yang terpasang. Namun dengan aktifnya fitur Aut-Sync akan memberikan dampak yang buruk pada kinerja android kalian. Maka untuk mengatasinya kalian harus memtatikan fitur Auto-Sync, namun berdampak kalian hars membuka aplikasi email dan calender secara manual.

7. Restrat Android

Jika cara diatas sudah dilakukan tapi tidak memberikan hasil yang maksimal. Maka kalian cukup dengan merestrat smartphone kalian, dengan merestart smartphone kalian maka secara otomatis akan meghapus semua cache, selain itu juga dapat menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Dengan begitu andorid kalian akan kembali ke kinerja yang optimal.

Itu tadi beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi smartphone kalian yang lemot dan mendapatkan kinerja yang optimal.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Posting Komentar untuk "Cara Memepercepat HP Android Yang Mulai Lemot"