Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Mencegah Mata Ikan yang Menyakitkan

Timbulnya mata ikan dibagian tertentu pada tubuh seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.


Rasa sakit dan ngilu yang ditimbulkan dari kondisi gangguan kulit ini terkadang membuat si penderita merasa risih. Belum lagi, kemunculannya dibeberapa bagian yang terlihat pada tubuh, membuat hampir sebagian besar orang tak percaya diri dengan kondisi ini. Akibatnya mereka yang menderita mata ikan baik dibagian kaki atau tangan akan mengalami krisis percaya diri pada saat mengenakan alas kaki yang terbuka, akhirnya dengan terpaksa mereka akan menutup bagian tersebut untuk menyembunyikannya.


Padahal, kondisi ini malah akan semakin memperparah penyakit mata ikan yang diderita. Bagian kulit yang terkena mata ikan dan seringkali tertutup akan membuat bagian tersebut menjadi lembab. Akibatnya kuman dan bakteri akan lebih mudah berkembang biak dibagian tersebut dan akhirnya akan timbul infeksi yang menjalar menjadi penyakit lainnya.


Kondisi inilah yang membuat mata ikan harus segera ditangani. Bukan hanya karena penampilannya yang akan mengurangi estetika keindahan kulit, namun juga perasaan nyeri yang ditimbulkan dari kondisi ini akan membuat si penderita kepayahan menahan rasa sakit. Alhasil orang-orang yang menderita mata ikan akan mungkin membuat mereka menjadi lambat dalam melakukan rutinitas kesehariannya. Sementara itu untuk mereka para pekerja, hal ini akan berpengaruh pada menurunnya tingkat produktivitasnya.


Mengetahui cara pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit mata ikan adalah hal yang penting dilakukan. Karena ini adalah satu-satunya solusi yang akan menyelamatkan anda dari rasa sakit dan krisis percaya diri yang saat ini dialami. Akan tetapi sebelum itu, sebaiknya kita pahami lebih jauh tentang apa itu mata ikan, penyebab dan gejalanya. Simak beberapa penjelasan dibawah ini.


Timbulnya mata ikan dibagian tertentu pada tubuh seringkali menimbulkan perasaan yang tida Ketahui Cara Mencegah Mata Ikan yang Menyakitkan


Penyakit Mata Ikan


Mata ikan atau dalam bahasa medis disebut dengan clavus adalah sebuah penyakit gangguan kulit yang timbul pada beberapa bagian tertentu dalam tubuh, seperti bagian kaki dan tangan. Penyakit ini timbul sebab dari adanya infeksi virus Human Papilomavirus (HPV). Perlu diketahui jenis virus ini biasanya menyerang bagian permukaan kulit pada bagian tumit, kaki, telapak dan jari-jari tangan.


Selain itu, ada dua jenis virus yang menyerang pada tubuh saat kondisi mata ikan terjadi, yakni virus HPV-1 dan HPV-2. Dimana virus HPV-1 adalah virus yang menjadi penyebab timbulnya mata ikan dibagian kaki, sementara untuk HPV-2 adalah virus yang menyerang bagian tangan.


Penyakit yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya, akan tetapi demikian, perasaan nyeri dan tidak nyaman yang ditimbulkan dari penyakit ini membaut seseorang perlu sekali melakukan tindakan pengobatan untuk menghilangkan mata ikan yang diderita.


Selain itu, penyakit mata ikan adalah penyakit yang menyebabkan penebalan dan pengerasan dibagian kulit yang diserangnya. Dengan demikian kondisi ini akan membuat bagian kulit yang terkena mata ikan akan terlihat kurang enak untuk dipandang.


Selain itu, untuk mereka yang menderita penyakit mata ikan dan adalah seorang penderita diabetes, maka penanganan terhadap penyakit yang satu ini haruslah menjadi hal yang utama. Sebab pada orang dengan riwayat penyakit tersebut, mata ikan yang muncul bisa disebabkan oleh adanya kelainan pembuluh darah. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter pada saat memutuskan untuk mengobati mata ikan yang diderita.


Penyebab Penyakit Mata Ikan


Selain beberapa hal diatas berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu timbulnya mata ikan pada tubuh:



  • Kebersihan yang kurang terjaga dengan baik, seperti sepatu yang kotor atau lembap

  • Adanya tekanan berlebihan akibat penggunaan sepatu yang terlalu sempit

  • Adanya gesekan secara terus menerus pada bagian kaki atau tangan

  • Penggunaan kamar mandi secara masal seperti di tempat kost, gym dan lain sebagainya.


Gejala Mata Ikan


Timbulnya perasaan gatal pada bagian kulit yang kemudian berubah menjadi benjolan seperti pada saat digigit nyamuk, namun pada bejolan ini tidak muncul warna kemerahan akan tetapi didalamnya terdapat cairan. Lama kelamaan kondisi ini akan menjadi keras dan menimbulkan rasa sakit pada saat disentuh.


Cara Mencegah Mata Ikan


Mata ikan memang bukanlah penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, siapapun tentunya tidak ingin jika bagian ditubuhnya dihinggapi dengan masalah kulit yang satu ini sebab perasaan tidak nyaman dan menyakitkan yang ditimbulkannya akan terasa menganggu. Karenanya, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan bila anda ingin terhindar dari penyakit mata ikan.


1. Melindungi Bagian Kulit


Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai langkah awal dalam menghindari penyakit mata ikan adalah dengan melindungi kulit tubuh anda. Dengan siaga melindungi kulit, bukan hanya mata ikan yang bisa anda cegah namun semua masalah kulit bisa anda hindari.


Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam melindungi kulit untuk terhindar dari mata ikan adalah dengan mengenakan kaus kaki yang lembut guna membantu tubuh anda agar terhindar dari gesekan secara langsung antaka kulit kaki dengan laas kaki.


Sementara itu untuk melindungi tangan bisa dilakukan dengan mengenakan sarung tangan apabila anda seringkali menggunakan peralatan tangan, seperti halnya menggunakan alat musik, menyetir mobil, menyetir motor dan lain sebagainya.


2. Menggunakan Alas Kaki yang Bersih dan Nyaman


Mata ikan terutama yang tumbuh dibagian kulit yang sering mendapatkan gesekan akan semakin parah bila tidak segera diatasi. Untuk itulah, kulit dibagian kaki seringkali diserang dengan kondisi mata ikan. Karenanya, dianjurkan sekali untuk memperhatikan alas kaki yang digunakan pada saat sehari-hari, bekerja ataupun melakukan pekerjaan tertentu.


Gunakan sepatu yang nyaman, baik dari segi bahan ataupun ukuran. Artinya jangan kenakan sepatu yang sempit atau sepatu yang longgar yang akan membuat gesekan semakin parh terjadi dibagian tersebut.


3. Menjaga Kebersihan Tangan dan Kaki


Virus dan kuman yang masuk kedalam tubuh umumnya akan lebih mudah apabila tubuh dalam keadaan kotor dan tidak terawat, termasuk dengan virus penyebab mata ikan muncul. Untuk itulah, penting sekali menjaga kebersihan bagian kaki dan tangan untuk menghindari mata ikan.


Tidak lupa untuk mengeringkan tangan dan kaki menggunakan handuk bersih dan lembut, sebab bagian kaki dan tangan yang lembab akan memudahkan mata ikan tumbuh dibagian tersebut.


Bila perlu, tidak ada salahnya kenakan scrub terutama untuk bagian kaki dengan diaplikasikan dengan melakukan pijitan denga air hangat yang telah dicampur bersama dengan garam. Hal ini dapat dilakukan agar kaki menjadi lebih rilkes. Lakukan perawatan ini dengan teratur minimal satu kali dalam seminggu.


Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya mata ikan pada kulit. Sebab pada dasarnya gangguan kulit yang satu ini seringkali menimbulkan kondisi yang tidak nyaman dan perasaan sakit yang diberikannya akan mungkin membuat si penderita kepayahan menahan kondisi ini. Untuk itu, beberapa cara diatas diharapkan mampu membantu anda dalam menangani penyakit mata ikan yang dirasakan.


Posting Komentar untuk "Ketahui Cara Mencegah Mata Ikan yang Menyakitkan"