Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Sumber Sejarah

Setiap manusia memiliki sejarah, bahkan alam semesta pun punya sejarah bukan?.
Kemarin adalah sejarah, lalu bagaimana sih pengertian sejarah dan sumber sejarah itu?. Kata sejarah itu guys berasal dair bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon. Nah jika pohon itu kita jungkir balikan, maka kita dapat menghubungkannya dengan bentuk penggambaran silsilah keturunan atua asal-usul keluarga raja, dinasti atau masyarakat tertentu di masa lampau.

Dalam arti sempit atau simple nya guys, sejarah adalah segala sesuatu yang terjadi di masa lalu atau past. Sejarah dapat diartikan pula sebagai ilmu yang mempelajari peristiwa di masa lalu dalam lingkungan kehidupan manusia melalui sumber dan bukti sejarah baik tertulis atau benda-benda dan monumen-monumen sejarah. Singkatnya sejarah adalah segala sesuatu yang telah dialami manusia dan dapat dibuktikan dari benda-benda atau peninggalan lainnya yang tertinggal.

Dengan mempelajari sejarah kita bisa mempelajari kehidupan manusia di masa lalu, kegiatannya, ekonomi, politik, bentuk bangunan, dan lainnya. Dengan sejarah kita bisa belajar dari masa lalu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama sehingga masa depan bisa lebih baik.

Untuk dapat mengetahui peristiwa di masa lampau ini guys, maka kita memerlukan berbagai macam sumber. Ada sumber yang mudah diperoleh dan ada pula yang sulit guys. Berikut tiga maam sumber sejarah:
 bahkan alam semesta pun punya sejarah bukan Pengertian dan Sumber Sejarah
Situs megalitik gunung padang
a. Sumber lisan adalah keterangan berupa ucapan atau perkataan dari orang-orang yang mengalami peristiwa secara langsung atau menjadi saksi langsung dari peristiwa itu.
b. Sumber tertulis adalah sumber yang berupa prasasti, dokumen, naskah, babad, rekaman, dan tulisa yang ada pada benda seperti batu, logam, kayu, bambu, gerabah, tulang, tanduk dan lontar.
c. Sumber benda adalah sumber berupa peninggalan sejarah maupun benda-benda budaya seperti kapak, gerabah, perhiasan, atua lainnya. Benda tersebut dihasilkan oleh manusia di masa lalu yang terbuat dari batu dan logam.

Guys, sumber-sumber sejarah yang kita peroleh tidak langsung dapat digunakan untuk mempelajari sejarah. Banyak tahapan yang harus dilalui sampai akhirnya sumber tersebut menjadi layak dijadikan referensi dalam mempelajari sejarah. Tahapan tersebut dikenal dengan verifikasi yaitu kritik sumber yang terdiri dati kritik ekstern atau keaslian sumber dan kritik intern atau apakah sumber tersebut dapat dipercaya keabsahannya.

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Sumber Sejarah"