Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Pembabakan Zaman Prasejarah dan Sejarah

Kurun waktu sejarah dibagi dua yaitu zaman Prasejarah dan zaman Sejarah.
Zaman Prasejarah adalah zaman ketika manusia belum mengenal atau menggunakan tulisan. Zaman sejarah adalah zaman ketika manusia telah mengenal dan menggunakan tulisan. Zaman sebelum manusia mengenal tulisan biasa disebut zaman Prasejarah. Pra artinya sebelum sementara sejarah adalah cerita atau kisah manusia di masa lalu yang menggambarkan kejadian sebenarnya. Jadi zaman pra sejarah adalah uraian tentang kehidupan serta kebudayaan manusia pada masa lampau sebelum ada bukti-bukti tertulis. 

Baik kita akan bicara tentang zaman sejarah sekarang. Zaman sejarah ialah zaman dimana peninggalan tertulis sudah ditemukan. Tiap daerah memasuki zaman sejarah yang beda-beda contohnya Indonesia yang diperkirakan memasuki zaman sejarah pada abad ke 4 Masehi. Namun di Mesir sudah masuk zaman sejarah lebih dulu yaitu 4000 SM. Mengapa bisa beda zaman sejarahnya?. Karena ini tergantung dari tinggi atau rendahnya kebudayaan yang sudah mereka miliki.

Berakhirnya masa pra sejarah di Indonesia diperkirakan pada abad ke 4 Masehi dengan ditemukannya sumber tertulis dari Kerjaaan Kutai. Sumber tertulis tersebut berupa 7 Yupa yang beraksara Palawa dan bahasa Sansekerta.

Pembabakan Zaman Pra sejarah di Indonesia
Untuk mempelajari suatu ilmu diperlukan ilmu lain sebagai alat bantu untuk menambah kuat bukti. Zaman pra sejarah di Indonesia dibagai menurut geologi dan arkeologi. Berdasarkan arkeologi, zaman pra sejarah terbagi dua yaitu zaman batu dan zaman logam.

a. Zaman Batu. Hal ini didasarkan atas alat-alat yang ditemukan pada umumnya masih terbuat dari batu, walaupun ditemukan pula beberapa alat dari tulang atau tanduk hewan. Zaman batu terbagi menjadi Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum dan Megalitikum.
b. Zaman Logam. Pada zaman ini manusia sudah memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengolah benda alam. Buktinya adalah ditemukannya alat-alat dari logam. Zaman logam terbagi menjadi Zaman Tembaga, Perunggu dan Besi

Menurut Geologi  masa Pra Sejarah dibagi menjadi Arkaikum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum. 
Kurun waktu sejarah dibagi dua yaitu zaman Prasejarah dan zaman Sejarah Pengertian, Pembabakan Zaman Prasejarah dan Sejarah
Pembabakan sejarah geologi bumi
Gambar: disini

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Pengertian, Pembabakan Zaman Prasejarah dan Sejarah"