Pengertian Pewarganegaraan dan Contohnya

Gan pernah ga kamu membaca berita tentang Christian Gonzales yang kini jadi WNI atau Spasojevic?. Kok bisa orang bule jadi WNI?. Bisa dong, tapi ada syaratnya dan ini disebut juga sebagai pewarganegaraan atau naturalisasi. Pewarganegaraan adalah cara seseorang untuk memiliki kewarganegaraan karena ia tidak memenuhi asas ius soli dan ius sanguinis. Pewarganegaraan merupakan proses hukum yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh kewarganegaraan dari suatu negara. Dalam prosesnya, seseorang harus memenuhi persyaratan-persyaratan dan menempuh prosedur pewarganeagraan tertentu sesuai ketentuan hukum yang berlaku di negara dimana ia ingin menjadi warga negaranya. Nah jadi si Gonzales dan Spaso tadi gak semudah itu jadi WNI bos, ada syaratnya.

Contoh pewarganegaraan misalnya adalah mr John. Karena tidak lahir dari orang tua berkewarganegaraan X maka berdasarkan asas ius sangunis ia bukan warga negara X. Demikian pula karena tidak dilahirkan di negara X maka ia bukan negara X jadi secara darah dan lokasi lahir gak jelas. Tapi ia bisa menjadi  warga negara X dengan menempuh proses hukum yang dipersyaratkan di negara X untuk bisa menjadi warga negara X.
Gan pernah ga kamu membaca berita tentang Christian Gonzales yang kini jadi WNI atau Spaso Pengertian Pewarganegaraan dan Contohnya
Christian Gonzales 
Setiap negara punya persyaratan dan prosedur yang berlainan mengenai pewarganegaraan. Persyaratan dan prosedur tersebut umumnya diatur dalam perundang-undangan mengenai pewarganegaraan. Meski ada perbedaan namun secara umum ada dua cara pewarganegaraan yaitu cara aktif dan cara pasif. Cara aktif pewarganegaraan berarti seseorang bisa menggunakan hak pilih untuk menentukan kewarganegaraannya atau hak opsi. Dalam hal ini gan yang bersangkutan bisa mengajukan permintaan menjadi warga negara tertentu. Cara pewarganegaraan pasif adalah seseorang memiliki kewarganegaraan tertentu karena ia menggunakan hak untuk menolak suatu keewarganegaraan atau hak repudiasi. Nah gimana nih mau pindah jadi warga negara lain atau jadi WNI aja?.

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar