Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Render Blocking JavaScript (JS) dari jQuery di Blogger



Cara Mengatasi Render Blocking JavaScript dari jQuery di Blog - Salah satu penyebab loading blog menjadi lambat yaitu adanya Render-Blocking Javascript dari Jquery di halaman blog. Kalau anda ingin mengetahuinya, anda dapat mengecek di PageSpeed Insights dengan alamat di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ dan ketika ditemukan maka anda harus segera memperbaikinya agar tidak menggangu loading blog anda.

Kode javascript yang ada di blog sangat mempengaruhi kecepatan loading blog karena sebelum browser dapat merender halaman ke penggunanya, maka terlebih dahulu browser harus menguraikan halaman tersebut. Apabila browser menemukan Skrip Eksternal yang memblokir selama penguraian, maka secara otomatis browser akan menghentikan dan mengunduh JavaScript itu sehingga menunda waktu perenderan pertama halaman blog. Google tidak menyukai loading blog yang lambat dan hal ini akan mengganggu peringkat di SERPs. Bagaimana supaya Javascript tidak memblokir memuat halaman? 

Untuk mencegah/mengatasi JavaScript yang memblokir pemuatan laman maka harus menambahkan atribut asinkron HTML pada javascript tersebut, contoh : <script async src="my.js">. Kalau di dalam template blog saya ditemukan kode JavaScript dari jQuery seperti dibawah ini :

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

Cara menambahkan atribut HTML async pada jQuery diatas seperti contoh dibawah ini :

<script async='async' src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

Dengan menambah atribut asynchronous pada jquery maka render blocking javascript akan teratasi dan loading blog semakin cepat dan skor speed blog di seluler dan desktop tambah naik. Tetapi alangkah baiknya anda menghapus javascript yang sekiranya tidak perlu dipasang di blog kalau sekedar untuk mempercantik tampilan blog.

Sumber http://tips-erma.blogspot.com/br/>
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Render Blocking JavaScript (JS) dari jQuery di Blogger"