Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Aman Membeli Lensa Kamera Bekas

Cara Aman Membeli Lensa Kamera Bekas! Untuk membeli lensa bekas adalah cara yang sangat baik untuk menghemat uang, apa yang bisa menjadi, hobi yang sangat mahal. Ini juga cara yang baik untuk mengetahui apakah Anda ingin berinvestasi dalam versi baru dari lensa. Namun, ada beberapa potensi jebakan, seperti halnya barang bekas. Artikel ini akan membantu Anda dalam memilih lensa bekas Anda.

Sudah banyak kejadian, baik itu secara online maupun japri. penjual mana yang tidak ingin barangnya laku. jadi segala carapun akan dilakukan. maka dari itu, ketelitian dalam memeriksa barang itu penting. apapalgi ini adalah kamera bekas. jangan sampai tampilannya saja yang masih fresh, padahal setelah digunakan hasilnya kurang baik. berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberik lensa kamera bekas:
 Untuk membeli lensa bekas adalah cara yang sangat baik untuk menghemat uang 12 Cara Aman Membeli Lensa Kamera Bekas

1. Periksa reputasi penjual.

Membeli lensa kamera bekas akan terbantu dengan mengetahui reputasi di balik penjual. Jika Anda membeli dari toko yang menjual barang bekas, pastikan untuk memeriksa kebijakan pengembalian mereka. Ajukan pertanyaan tentang apa yang mereka siap lakukan jika lensa tidak berfungsi atau tidak seperti yang Anda cari. Untuk lelang online, lakukan riset latar belakang Anda. Periksa statistik dan peringkat penjual, bersama dengan komentar. Dan jangan lupa selalu periksa harga lensa terhadap harga untuk lensa baru, dan terhadap lensa lain yang dijual di situs lelang yang sama dan lainnya.

2. Ajukan pertanyaan dari penjual.

Di mana Anda bisa, tanyakan penjual mengapa dia menjual lensa. Meskipun tidak semua penjual akan sepenuhnya berada di depan Anda, sebagian besar karena mereka peduli dengan reputasi mereka. Terutama jika mereka dikenal di kalangan fotografi.

Jika ini adalah pembelian lelang online, baca uraian secara menyeluruh. Apakah itu menyebutkan kondisi apa pun? Jika tidak, ajukan pertanyaan dengan baik sebelum akhir lelang. Jika Anda tidak puas dengan jawabannya, biarkan saja. Berharap untuk melihat foto-foto lensa dari beberapa sudut. Tidak ada foto, tidak ada pembelian. Tidak ada atau hindari jawaban atas pertanyaan Anda, tidak ada pembelian. Pertanyaan Anda harus memiliki jawaban untuk dimasukkan:
  • Adakah goresan atau cacat pada elemen lensa depan dan belakang?
  • Apakah ada minyak pada bilah aperture?
  • Apakah mereka masuk dengan cepat?
  • Apakah bagian dalam lensa memiliki debu atau jamur?
  • Apakah Anda juga termasuk kap mesin, tutup lensa, panduan pengguna, dan kotak asli?


3. Periksa kebijakan pengiriman.

Apakah penjual menjelaskan bagaimana barang akan dikemas dan metode pengiriman saat membeli lensa kamera bekas Anda? Jika tidak jelas, tanyakan. Item tersebut rapuh dan harus dikirim dengan sangat hati-hati, dan Anda harus menyetujui biaya pengiriman terlebih dahulu.
Periksa kerusakan fisik terlebih dahulu.

Jika Anda membelinya secara lokal atau dari toko, angkat lensa dan periksalah secara menyeluruh. Dapatkah Anda mengidentifikasi goresan, penyok, goresan, atau retakan? Jika lensa berdebu, gunakan sikat blower dan gosokkan alkohol terlebih dahulu. Jika Anda melihat sesuatu, tanyakan apa yang terjadi pada lensa dan mengapa penjual menganggap bahwa kerusakan tidak mempengaruhi lensa.

4. Menyinari lensa.

Gunakan senter kecil untuk menerangi lensa dari berbagai sudut. Juga lihat melalui lensa pada sumber cahaya yang terang, seperti sinar matahari di dinding, atau lampu. Carilah retakan, debu, sumbatan, dll. Lihatlah melalui lensa dengan dua cara, dan dengan cahaya yang bersinar melalui kedua cara dan pada sudut. Pegang lensa pada jarak yang nyaman dan lihatlah kaca lensa itu sendiri, tidak sampai ke mata Anda di mana setiap cacat tidak akan tampak dengan jelas.

5. Goresan besar harus jelas.

Goresan dalam dan besar cenderung lebih menjadi masalah daripada yang lebih halus, terutama jika terletak di elemen belakang. Hindari membeli lensa dengan elemen belakang yang tergores; Anda bisa sedikit khawatir dengan goresan yang lebih halus pada elemen depan asalkan Anda telah membuktikan bahwa itu tidak memengaruhi gambar yang diambil.

Dengan lensa yang lebih tua atau ketika membeli di iklim lembab, berhati-hatilah pada jamur. Tahap awal akan terlihat seperti tanda air di cermin kamar mandi Anda, tahap yang lebih lanjut dapat terlihat lebih seperti jaring laba-laba. Jangan memasang lensa yang terinfeksi jamur pada kamera Anda, ada sedikit kemungkinan ia dapat menyebar ke lensa Anda yang lain.

Jika memungkinkan, ambil foto langit cerah atau sesuatu yang terang, tidak hanya seragam terang tapi dengan bercak-bercak dan detail tertentu. Jangan arahkan lensa super cepat atau telefoto ke matahari jangan sampai Anda melukai mata atau kamera Anda, di lubang terluas dan terkecil dalam format kompresi RAW. Atau kompresi JPG terendah yang tersedia di kamera Anda.

6. Periksa hasil foto.

Pola flare yang tampak normal dari matahari umumnya tidak menunjukkan masalah (meskipun, jika parah, mungkin berarti Anda menginginkan jenis lensa lain). Flare spot aneh saat Anda membeli lensa kamera bekas, kabut keseluruhan, atau kelembutan yang tidak biasa (sedikit kelembutan tepi simetris adalah normal dengan lensa wide-angle yang lebih murah dan lebar terbuka) adalah masalah.

7. Periksa kondisi kerja lensa.

Pertimbangkan untuk menggunakan sikat blower pada lensa dan sedikit alkohol. Ini akan membantu untuk mengungkapkan apa pun yang menempel pada atau di dalam lensa. Beberapa hal spesifik yang harus dicari meliputi : Lapisan lensa yang digerus ; sementara erosi ringan tidak akan mempengaruhi kualitas gambar, erosi yang parah akan berdampak pada gambar dan membuat mereka tampak "buram".

8. Berhati-hatilah terhadap kerusakan ringan.

Sementara beberapa penjual mungkin bersikeras bahwa ini mudah diperbaiki, ini adalah lensa, dan tidak ada hubungannya dengan lensa yang pernah murah. Karena Anda harus sangat berhati - hati dalam memilih saat membeli lensa kamera bekas.

9. Periksa titik kontak.

Ini hanya berlaku untuk lensa yang lebih modern. Perlu ada kontak yang baik dan konsisten antara kamera dan lensa.

10. Periksa benang filter.

Tidak perlu banyak waktu bagi untaian itu untuk kehilangan kegunaannya. Jika membeli secara online, pastikan Anda mendapatkan gambar yang layak dan bahwa itu adalah lensa yang sebenarnya Anda beli, dan bukan hanya satu yang "seperti" lensa.

11. Lihatlah bilah aperture.

Perhatikan bilah aperture yang lengket, bilah apertur lapisan minyak akan gel bersama jika lensa belum diservis secara teratur dan ini akan membuatnya lengket. Efeknya akan membuat Anda terpapar foto yang terlalu terbuka atau kurang terpapar.

Faktor Apalagi yang Perlu Diteliti Saat Membeli Lensa Kamera Bekas?

Apakah bilah aperture bergerak dengan mulus? Apakah ada torehan?
Untuk menguji bilah aperture, bawa kedalaman fitur pratinjau lapangan ke bawah ke aperture terendah. Lihat melalui lensa dan tekan tombol pratinjau bidang kedalaman. Bilah aperture bunyi akan segera berpindah tempat, dan jendela bidik akan menjadi gelap. Jika ada masalah dengan bilah aperture, akan ada penundaan dalam bergerak atau menjadi gelap.

12. Periksa kondisi ring mount.

Anda ingin dapat memasang lensa yang digunakan ke kamera Anda tanpa merusak mount atau lensa. Selain itu, pastikan bahwa itu adalah jenis mount yang tepat. Tergantung pada jenis kamera yang Anda miliki, dan umurnya, pemasangan dapat bervariasi. Jika membeli secara online, ajukan pertanyaan tentang cincin mount dan pasang jika deskripsi tidak jelas. Jika membeli di toko, bawa kamera Anda bersama Anda untuk memeriksa kecocokan.

Lensa yang pernah dijatuhkan terlalu banyak tidak dapat diperluas ke jangkauan penuh mereka lagi. Periksa dengan memutar gelang zoom ke depan dan belakang. Biaya perbaikan untuk fitur zoom bisa mahal.

Untuk membeli lensa kamera bekas yang berkualitas memang dibutuhkan sedikit ketelitian. Tetapi, jika Anda bisa menerapkan langkah di atas, maka saya yakin bahwa itu bisa menghemat banyak uang Anda.

Sumber https://www.grafis-media.website/https://www.contohapps.com/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "12 Cara Aman Membeli Lensa Kamera Bekas"