Maar, Kawah Hasil Erupsi Freatik

Apakah kalian punya kolam di rumah?. Lalu bagaimana jika kola tersebut berada di gunung api?. Itulah Kawah Maar.

Apa itu Maar?

Maar adalah kawah vulkanik dangkal dengan sisi yang curam yang dikelilingi oleh deposit tephra. Deposit tephra sangat tebal di dekat kawah dan jaraknya semakin menyempit hingga ke dasar kawah. Baca juga: Sebaran Batuan Penyusun Kerak Bumi

Maar terbentuk oleh satu atau lebih ledakan bawah tanah yang terjadi ketika magma panas naik dan  kontak dengan air tanah dangkal untuk menghasilkan ledakan uap besar. Ledakan ini menghancurkan batu-batu di atasnya dan meluncurkan mereka ke udara bersama dengan uap, air, abu dan material magmatik. Material erupsi akan terlempar ke udara dan jatuh kembali ke bumi untuk membentuk deposit tephra yang mengelilingi kawah. Jika tephra memadat, maka akan menjadi batuan beku yang dikenal sebagai tuf.

Lantai kawah maar biasanya terletak di bawah permukaan tanah. Setelah letusan, aliran air tanah bisasa masuk ke dalam kawah dan membentuk menjadi danau dangkal. Kebanyakan maar memiliki diameter dari 100 hingga ribuan meter dan kurang dari seratus meter kedalamannya. Kawah Maar terbesar, terletak di Seward Semenanjung Alaska, yang membentang hingga 8000 meter diameternya dan hingga 300 meter di kedalaman. 
 Lalu bagaimana jika kola tersebut berada di gunung api Maar, Kawah Hasil Erupsi Freatik
Kawah Maar Oregon , https://upload.wikimedia.org
Bagaimana pengetahuan masyarakat tentang Maar saat ini?

Tidak banyak orang menyadari tentang jumlah Maar yang sangat banyak di bumi. Setelah cinder Cone, maar adalah bentuk lahan vulkanik kedua yang paling umum. Jika Anda mencari Smithsonian Institution Database Program Vulkanisme Global, Anda akan dapat menemukan ratusan maar. Baca juga: Apa itu Mohorovicic Discontinuity

Maar kurang ditasbihkan sebagai salah satu fitur lanskap vulkanik karena mereka kecil dalam ukuran dan ketinggian yang rendah yang akan membuat mereka tahan terhadap pelapukan dan erosi. Karena mereka relatif kecil, depresi dangkal, mereka dapat dengan mudah dipenuhi dengan sedimen dan tidak diakui sebagai fitur vulkanik.

Letusan Freatik

Ledakan yang membentuk maar dikenal sebagai ledakan atau erupsi freatik. Erupsi tersebut didorong  oleh perubahan volume besar dan seketika yang terjadi ketika air berubah menjadi uap panas. Baca juga: Klasifikasi Batuan Beku

Ketika tiba-tiba dipanaskan, satu meter kubik air dikonversi menjadi 1.600 meter kubik uap. Jika hal ini terjadi di bawah permukaan bumi, hasilnya bisa menjadi letusan vertikal uap, air, abu, bom vulkanik dan puing-puing batu. Kerucut vulkanik yang dihasilkan oleh letusan ini sebagian besar terdiri dari letusan dan biasanya memiliki relief sangat rendah - hanya beberapa puluh meter.
 Lalu bagaimana jika kola tersebut berada di gunung api Maar, Kawah Hasil Erupsi Freatik
Struktur Kawah Maar, http://geology.com/stories/13/maar/
Letusan Freatomagmatik

Beberapa magma mengandung sejumlah besar gas terlarut - kadang-kadang sampai beberapapersen gas padat. Gas ini berada di bawah tekanan keliling sangat tinggi karena magma di bawah permukaan bumi. Selama pembentukan maar, maka batu di atas dapur magma biasanya akan terpecah. Hal itu tiba-tiba akan mengurangi tekanan keliling pada magma dan gas terlarut. Penurunan tekanan mendadak memungkinkan terjadinya penyebaran gas terlarut. Magma kemudian bercampur gas seperti kaleng bir yang dikocok dan dibuka tutupnya. Ketika magma bercampur gas ini meledak maka ini letusan dikenal sebagai "phreatomagmatic".

Tidak semua freatik dan letusan phreatomagmatic terjadi dari interaksi magma panas dengan air tanah. Sumber air lainnya termasuk danau, sungai, laut, atau permafrost yang mencair. Baca juga: Apa itu permafrost?

Ledakan Beruntun

Maar biasanya dibentuk oleh beberapa ledakan. Awalnya akan ada ledakan simultan di beberapa kedalaman. Setelah ledakan awal, air tanah dari tanah sekitarnya mulai mengalir menuju kawah dan menjadi bahan bakar tambahan. Ini berlanjut sampai pasokan air tanah lokal habis atau sumber magma telah habis atau mendingin. 

Kawah Maar Terbesar

Kawah Maariterbesar di Bumi adalah Baca juga: Perbedaan Intrusi dan Ekstrusi Magma


Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar