Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)

 Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar adalah akar dari bilangan rasional  Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)Belajar Matematika Dasar Bentuk Akar. Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar adalah akar dari bilangan rasional yang hasilnya bilangan irasional.

contoh: $\sqrt{5}$, $\sqrt{7}$, $\sqrt{17}$, $\cdots$ adalah betuk akar karena hasilnya berupa bilangan irasional.

Sedangkan $\sqrt{9}$, $\sqrt{16}$, $\sqrt{36}$, $\dots$ bukan bentuk akar karena hasilnya adalah bilangan rasional.

Beberapa topik matematika yang dipelajari pada bangku SMP atau SMA, diantaranya adalah;

Penjumlahan Bentuk Akar

Penjumlahan bentuk akar konsepnya sama dengan penjumlahan yang lain, yaitu yang bisa dijumlahkan adalah yang sejenis. Bentuk akar yang dijumlahkan adalah adalah bentuk akar yang sejenis.
$a \sqrt[n]{m}+b \sqrt[n]{m}=\left (a+b \right )\sqrt[n]{m}$
$a \sqrt{m}+b \sqrt{m}=\left (a+b \right )\sqrt{m}$
contoh :
  1. $\sqrt{a}+\sqrt{a}=2\sqrt{a}$
  2. $2\sqrt{b}+3\sqrt{b}=5\sqrt{b}$
  3. $4\sqrt{5}+\sqrt{5}=5\sqrt{5}$
  4. $7\sqrt{6}+2\sqrt{6}=9\sqrt{6}$

Pengurangan Bentuk Akar

Pengurangan bentuk akar konsepnya sama dengan penjumlahan, yaitu yang bisa dikurangkan adalah yang sejenis. Bentuk akar yang dikurangkan adalah adalah bentuk akar yang sejenis.
$a \sqrt[n]{m}-b \sqrt[n]{m}=\left (a-b \right )\sqrt[n]{m}$
$a \sqrt{m}-b \sqrt{m}=\left (a-b \right )\sqrt{m}$
contoh :
  1. $\sqrt{a}-\sqrt{a}=0$
  2. $2\sqrt{b}-3\sqrt{b}=-\sqrt{b}$
  3. $4\sqrt{5}-\sqrt{5}=3\sqrt{5}$
  4. $7\sqrt{6}-2\sqrt{6}=5\sqrt{6}$

Perkalian Bentuk Akar

Perkalian bentuk akar konsepnya adalah dengan mengalikan bilangan atau variabel yang diluar akar dengan yang diluar akar dan mengalikan yang didalam akar dengan yang didalam akar. Dengan catatan jenis akarnya masih sejenis, misalnya akar pangkat 2 dengan akar pangkat 2 atau akar pangkat n dengan akar pangkat n adalah contoh akar yang sejenis.
$a \sqrt[n]{p} \times b \sqrt[n]{q}=\left (a \times b \right )\sqrt[n]{p \times q}$
$a \sqrt{p} \times b \sqrt{q}=\left (a \times b \right )\sqrt{p \times q}$
contoh:
  1. $a \sqrt{b} \times c\sqrt{d}=ac\sqrt{bd}$
  2. $m \sqrt{n} \times x\sqrt{y}=mx\sqrt{ny}$
  3. $3 \sqrt{5} \times 2\sqrt{3}=6\sqrt{15}$
  4. $\sqrt{2} \times 3\sqrt{6}=3\sqrt{12}=3\sqrt{12}$
Untuk soal nomor 4 diatas bentuk $3\sqrt{12}$ masih dapat disederhanakan menjadi;
$3\sqrt{12}=3\sqrt{4 \times 3}=3 \sqrt{4} \times \sqrt{3}=6 \sqrt{3}$

Pembagian Bentuk Akar

Pembagian bentuk akar konsepnya sama dengan perkalian bentuk akar yaitu dengan membagikan yang didalam akar dengan yang didalam akar dan membagikan yang didalam akar dengan yang didalam akar. Tetap memperhatikan akarnya masih sejenis, misalnya akar pangkat 3 dengan akar pangkat 3 atau akar pangkat n dengan akar pangkat n adalah contoh akar yang sejenis

$\dfrac{p\sqrt[n]{a}}{q\sqrt[n]{b}}=\dfrac{p}{q}\sqrt[n]{\dfrac{a}{b}}$
$\dfrac{p\sqrt{a}}{q\sqrt{b}}=\dfrac{p}{q}\sqrt{\dfrac{a}{b}}$
contoh:
  1. $\dfrac{6\sqrt{6}}{3\sqrt{2}}=\dfrac{6}{3}\sqrt{\dfrac{6}{2}}=2\sqrt{3}$
  2. $\dfrac{p\sqrt{a}}{q\sqrt{a}}=\dfrac{p}{q}\sqrt{\dfrac{a}{a}}=\dfrac{p}{q}$
  3. $\dfrac{\sqrt{18}}{\sqrt{2}}=\sqrt{\dfrac{18}{2}}=\sqrt{9}=3$
  4. $\dfrac{5\sqrt{2}}{3\sqrt{5}}=\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}$
Untuk soal nomor 4 diatas bentuk $\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}$ masih bisa disederhanakan dengan istilah merasionalkan penyebut, caranya:
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{2}}{\sqrt{5}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{2}}{\sqrt{5}}\times \dfrac{\sqrt{5}}{\sqrt{5}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{10}}{\sqrt{25}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{10}}{5}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{1}{3}\sqrt{10}$

Selama beberapa tahun terakhir soal bentuk akar ini selalu dikeluarkan pada soal Ujian Nasional Matematika tingkat SMP. Jadi pastikan bahwa Anda atau teman atau anak kita bisa menganggap bentuk akar itu bukan suatu masalah, hanya sekedar soal saja.

Beberapa soal berikut bisa dijadikan soal latihan untuk pemantapan

1. Soal UNBK Matematika Tahun 2018 (*Soal Lengkap)

Bentuk sederhana dari $\dfrac{2\sqrt{3}+3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12-5\sqrt{6} \\
(B)\ & 12 -\sqrt{6} \\
(C)\ & -5-\sqrt{6} \\
(D)\ & 6-5\sqrt{6}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \times \dfrac{\sqrt{3}-\sqrt{2}}{\sqrt{3}-\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{6-2\sqrt{6}-3\sqrt{6}+6}{3-2} \\
& = \dfrac{12-5\sqrt{6}}{1} \\
& = 12-5\sqrt{6}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ 12-5\sqrt{6}$

2. Soal UNBK Matematika Tahun 2018 (*Soal Lengkap)

Bentuk sederhana dari $\dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4+\sqrt{15} \\
(B)\ & \dfrac{4-\sqrt{15}}{2} \\
(C)\ & 4+2\sqrt{15} \\
(D)\ & \dfrac{4+2\sqrt{15}}{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}} \\
& = \dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}} \times \dfrac{\sqrt{20}+\sqrt{12}}{\sqrt{20}+\sqrt{12}} \\
& = \dfrac{\left(\sqrt{5}+\sqrt{3}\right)\left(\sqrt{20}+\sqrt{12}\right)}{\left(\sqrt{20}-\sqrt{12}\right)\left(\sqrt{20}+\sqrt{12}\right)} \\
& = \dfrac{\sqrt{100}+\sqrt{60}+\sqrt{60}+\sqrt{36}}{\sqrt{400}-\sqrt{240}+\sqrt{240}-\sqrt{144} } \\
& = \dfrac{10+2\sqrt{60}+6}{20-12} \\
& = \dfrac{16+2\sqrt{60}}{8} \\
& = \dfrac{16+2\sqrt{4 \cdot 15}}{8} \\
& = \dfrac{16+2 \cdot 2\sqrt{15}}{8} \\
& = \dfrac{16+4\sqrt{15}}{8} \\
& = \dfrac{4+\sqrt{15}}{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ \dfrac{4+\sqrt{15}}{2}$

3. Soal Simulasi UNBK Matematika Tahun 2018 (*Soal Lengkap)

Bilangan yang senilai dengan $\dfrac{8}{3+\sqrt{5}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 6-2\sqrt{5} \\
(B)\ & 6+2\sqrt{5} \\
(C)\ & 12-2\sqrt{5} \\
(D)\ & 12+2\sqrt{5}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Bilangan yang senilai dengan sebuah bilangan itu bisa kita cari dengan merubah bentuk tapi tidak merubah nilainya. Cara yang paling mudah adalah dengan mengkalikan bilangan itu dengan $1$, karena bilangan yang dikali dengan $1$ hasilnya adalah bilangan itu sendiri.
$ \begin{align}
\dfrac{8}{3+\sqrt{5}}
& =\dfrac{8}{3+\sqrt{5}} \times 1 \\
& =\dfrac{8}{3+\sqrt{5}} \times \dfrac{3-\sqrt{5}}{3-\sqrt{5}} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{(3+\sqrt{5})(3-\sqrt{5})} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{(9-5)} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{4} \\
& =\dfrac{2(3-\sqrt{5})}{1} \\
& =6-2\sqrt{5} \\
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ 6-2\sqrt{5}$

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan) atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
 Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar adalah akar dari bilangan rasional  Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)

https://www.contohapps.com/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)"