Penemu Vanadium - Andrés Manuel del Río

adalah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang V dan nomor atom  Penemu Vanadium - Andrés Manuel del Río
Vanadium adalah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang V dan nomor atom 23. Salah satu senyawa yang mengandung vanadium antara lain vanadium pentaoksida (V2O5).Vanadium juga merupakan Logam mulia yang cukup keras, Logam ini hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu.

Vanadium ditemukan pada tahun 1801 oleh seorang ilmuwan dan naturalis Spanyol - Meksiko yang bernama Andrés Manuel del Río Fernández(10 November 1764 - 23 Maret 1849).

Andrés del Río belajar kimia analitik dan metalurgi di Spanyol, di mana dia dilahirkan. Dia menerima gelar sarjana dari Universitas Alcála de Henares pada tahun 1780. Pemerintah memberinya beasiswa untuk memasuki Sekolah Pertambangan di Almaden, Spanyol, di mana dia menunjukkan kemampuan yang hebat. Kemudian dia pindah ke Paris, di mana dia belajar di bawah ahli kimia Jean Darcet. Dia melanjutkan studinya di Freiberg, Jerman, di bawah arahan Abraham Gottlob Werner. Di Freiberg dia mengenal Baron Alexander von Humboldt. Dia kemudian kembali ke Paris sebagai mahasiswa Antoine Lavoisier. Selama Lavoisier Revolusi Prancis, yang dianggap sebagai pendiri kimia modern, dieksekusi pada guillotine. Del Río terpaksa melarikan diri ke Inggris. Dia juga berkolaborasi dengan Abbé René Just Haüy, yang dianggap sebagai pendiri kristalografi.

Dia adalah anggota pendiri College of Mines, dan meletakkan dasar untuk Institut Geologi Universitas Meksiko saat ini. Dia adalah anggota Royal Academy of Sciences di Madrid, The Wernerian Natural History Society of Edinburgh, Royal Academy of Sciences of France, the Economic Society of Leipzig, the Linnean Society of Leipzig, Royal Academy of Saxony and Philosophical Society Dari Philadelphia Dia juga presiden Geological Society of Philadelphia dan Lyceum Natural History of New York.


Penemuan vanadium

Pada tahun 1803, saat memeriksa sampel mineral yang dikirim kepadanya oleh tambang Purísima del Cardenal di Zimapán di negara bagian Hidalgo, del Río sampai pada kesimpulan bahwa ia telah menemukan unsur logam baru. Ia menyiapkan berbagai senyawa unsur, dan mengamati beragam warnanya, ia menamai unsur tersebut pancromium.

Setelah diamati ternyata senyawa tersebut berubah warna menjadi merah saat dipanaskan, ia mengganti elemen tersebut dengan nama eritronium. ( Eritros berarti merah dalam bahasa Yunani.) Tahun berikutnya dia memberi contoh yang berisi unsur baru Alexander von Humboldt, yang mengirim mereka ke Hippolyte Victor Collet-Descotils di París untuk analisisnya.

adalah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang V dan nomor atom  Penemu Vanadium - Andrés Manuel del Río
Contoh vanadium
Analisis Collet-Descotils menemukan (secara keliru) bahwa sampel hanya mengandung kromium. Humboldt, pada gilirannya, menolak klaim del Río tentang penemuan elemen baru, dan del Río sendiri menyimpulkan bahwa telah menjadi kesalahan dalam penemuannya.

Pada tahun 1830, 29 tahun setelah penemuan awalnya, Profesor Nils Gabriel Sefström dari Swedia menemukan kembali unsur tersebut. Dia memberinya nama unsur yang saat ini dikenal dengan nama vanadium. Nama Vanadium diberikan untuk menghormati dewi cinta dan kecantikan Skandinavia, Vanadis.

Pada tahun yang sama, Friedrich Wöhler, ahli kimia Jerman yang telah menyintesis urea, menganalisis beberapa sampel del Río dan membuktikan bahwa vanadium dan eritronium sama. Kemudian ahli geologi AS George William Featherstonhaugh mengusulkan bahwa elemen tersebut harus diberi nama rionium, untuk menghormati penemunya yang asli, namun usul ini tidak diterima.

adalah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang V dan nomor atom  Penemu Vanadium - Andrés Manuel del Río
Vanadium,  23V
Pada tahun 1867 kimiawan Inggris Henry Enfield Roscoe mengisolasi logam murni untuk pertama kalinya. Dia menggunakan hidrogen untuk menyingkirkan klorida di sekitar vanadium murni.

Andrés Manuel del Río meninggal pada usia 84 tahun 1849, setelah karir akademisnya yang panjang dan produktif.

Karya ilmiahnya yang luas, selain mengidentifikasi vanadium pertama, termasuk penemuan dan deskripsi berbagai mineral dan penemuan metode ekstraksi mineral untuk digunakan di industri pertambangan. Setelah kematiannya, distrik pertambangan penting yang mencakup Batopilas di Chihuahua dinamai untuk menghormatinya. (Sumber)
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Posting Komentar