Pengertian Pembangunan Ekonomi Lengkap

Jangan lupa membaca artikel tentang materi pelajaran di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apa itu Pembangunan Ekonomi? Kita sering mendengar istilah pembangunan ekonomi dan apa si arti pembanguan ekonomi? Untuk mengetahui apa itu pembangunan ekonomi simak uraian dibawah ini!


 Kita sering mendengar istilah pembangunan ekonomi dan apa si arti pembanguan ekonomi Pengertian Pembangunan Ekonomi Lengkap


Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang mengakibatkan yang mengakibatkan pendapatan per kapita penduduk suatu masyarakat meningkat dalam jangka yang panjang, disertai dengan perubahan ciri-ciri penting suatu masyarakat, yaitu perubahan dalam hal teknologi, teladan pikir masyarakat maupun kelembagaaan.

Baca juga: Lembaga kerjasama ekonomi internasional yang dinaungi PBB

Berdasarkan kesimpulan diatas pembangunan ekonomi mempunyai 4 sifat penting  yaitu

1. Suatu proses

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses, artinya pembangunan ekonomi itu berlangsung berlangsung secara terus-menerus bukan merupakan acara yang sifatnya insidental ( tidak sengaja).

2. Usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita


Dikatakan terjadi pembangunan ekonomi bila terjadi kenaikan dalam hal pendapatan per kapita, sebab kenaikan pendapatan kenaikan per kapita itu  merupakan cerminan terjadinya kesejahteraan ekonomi masyarakat.

3.Kenaikan pendapatan per kapita berlangsung dalam jangka panjang


Pendapatan per kapita secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa pendaptan per kapita harus mengalami kenaikan secara terus-menerus, tetapi pada suatu waktu tertentu sanggup turun, namun turunnya tidak terlalu besar.

4. Kenaikan pendapatan per kapita diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi atau kelembagaan.

Maksudnya, dikatakan terjadi pembanguna ekonomi bukan saja berarti peningkatan pendapatan per kapita, namun kenaikan pendapatan per kapita juga harus diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi. Misalnya di sektor pertanian, yang dulunya pengolahan lahan dengan memakai tenaga hewan, kini berganti meggunkana traktor



Baca juga: Tujuan kerjasama antarnegara bidang ekonomi 


Faktor-Faktor yang menghipnotis pembanguan ekonomi

Ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, namun pada hakikatnya faktor-faktor tersebut sanggup dikelompokan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi.

Faktor ekonomi yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.

Sumber daya alam, yang meliputi tanah dan kekayaan alam menyerupai kesuburan tanah, keadaan iklim/cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut, sangat memengaruhi pertumbuhan industri suatu negara, terutama dalam hal penyediaan materi baku produksi. Sementara itu, keahlian dan kewirausahaan diperlukan untuk mengolah materi mentah dari alam, menjadi sesuatu yang mempunyai nilai lebih tinggi (disebut juga sebagai proses produksi).

Sumber daya insan juga memilih keberhasilan pembangunan nasional melalui jumlah dan kualitas penduduk. Jumlah penduduk yang besar merupakan pasar potensial untuk memasarkan hasil-hasil produksi, sementara kualitas penduduk memilih seberapa besar produktivitas yang ada.

Sementara itu, sumber daya modal diperlukan insan untuk mengolah materi mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi sebab barang-barang modal juga sanggup meningkatkan produktivitas.

Faktor nonekonomi meliputi kondisi sosial kultur yang ada di masyarakat, keadaan politik, kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku.

Baca juga: pengertian sistem ekonomi dan macamnya lengkap

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

1. Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan acara perekonomian akan berjalan lebih lancar dan bisa mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.

2. Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang diperlukan  oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran.

3. Terciptanya lapangan pekerjaan tanggapan adanya pembangunan ekonomi secara eksklusif bisa memperbaiki tingkat pendapatan nasional.

4. Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga acara ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin bermacam-macam dan dinamis.

5. Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini,       dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

1. Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terpola dengan baik menimbulkan adanya kerusakan lingkungan hidup.

2. Industrialisasi menimbulkan berkurangnya lahan pertanian.

3. hilangnya habitat alam baik hayati atau hewani

Demikian dari saya biar uraian perihal pengertian pembangunan ekonomi diatas berkhasiat bagi Agan.
Sumber https://2manfaat.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait materi pembelajaran dan teknologi.

LihatTutupKomentar