Trik Menjawab Soal UNBK Pendekatan Geografi Keruangan, Kelingkungan, Kewilayahan

Jangan lupa membaca artikel tentang materi pelajaran di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Selamat siang teman-teman, kali ini saya akan coba berikan sedikit tips bagi kamu yang sedang belajar menghadapi UNBK 2019. Salah satu materi geografi yang selalu ada di UNBK adalah tentang pendekatan geografi. Banyak sekali siswa yang bertanya kepada saya tentang apa sih pendekatan geografi itu dan bagaimana bisa memahaminya, selalu bingung kalau menjawab soal di UN. Memang perlu jam terbang dan kreatifitas seorang guru geografi untuk menjelaskan materi ini agar mudah dicerna siswa remaja.

Baik sebelum ngasih contoh soal dan tips jitu cara menjawabnya, saya akan berikan penjelasan singkat dan padat dulu terkait 3 pendekatan geografi. Pendekatan geografi itu masuk dalam objek formal alias cara pandang. Ingat ada objek material yaitu semua fenomena geosfer sementara objek formal adalah cara pandang ilmu tersebut dalam mengkaji fenomena di objek material tadi.

Apakah semua ilmu punya objek material dan formal. Jawabannya iya. 
Nah yang namanya geografi itu punya 3 pendekatan yaitu keruangan/spasial, kelingkungan/ekologi dan kewilayahan/regional. Kok bisa begitu?. Memang kesepakatan ahli geografi yang menyatakan bahwa pendekatan geografi utamanya ya itu. Cara membedakannya gimana?. Mudah saja, coba saya akan berikan contoh sederhana.

Bayangkan kamu sedang berada di kelas, contohnya kelas 10 IPS. Nah coba sebutkan komponen apa saja yang membangun atau ada di kelas 10 IPS?. Ingat jangan dul lihat komponen dari luar!. Pasti kan ada papan tulis, bangku, lantai, lampu dll bukan?. Itu adalah contoh pendekatan keruangan, artinya melihat segala sesuatu unsur alamiah pembentuk ruang tersebut.

Lalu gimana kalau kita akan bicara pendekatan kelingkungan?. Nah kembali ke kelas 10 IPS. Di kelas itu kan ada mahluk hidup yang menghuninya, contoh siswa dan guru. Eh ternyata siswa buang sampah sembarangan sehingga kelas jadi kotor dan bau. Nah karena siswa (mahluk hidup) tadi berinteraksi di ruang itu maka pendekatan kelingkungan terjadi. Pendekatan kelingkungan melihat interaksi mahluk dengan lingkungan ruangnya.

Lalu gimana kalau pendekatan kewilayahan?. Kembali ke kelas 10 IPS. Pada siang hari saat kamu sedang belajar ternyata ada teman kamu dari kelas sebelah yang datang untuk minjam buku sehingga membuat kelas gaduh. Nah karena ada orang lain di luar ruangan yang datang sehingga membuat perubahan ruang kelas 10 IPS tadi maka itu namanya pendekatan kompleks wilayah. Artinya ada wilayah lain yang terlibat sehingga membuat kelas 10 IPS gaduh. Gimana sudah bisa membedakan cara gunakan pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan?. Mudah kan.

 kali ini saya akan coba berikan sedikit tips bagi kamu yang sedang belajar menghadapi UNB Trik Menjawab Soal UNBK Pendekatan Geografi Keruangan, Kelingkungan, Kewilayahan
Tol laut Jokowi
Contoh soal:
1. Program tol laut di era pemerintahan Jokowi merupakan prioritas utama pembangunan. Tujuannya adalah untuk mempermudah mobilitas barang, jasa dan manusia antar wilayah Indonesia dari barat hingga Sumatera. Pendekatan geografi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. keruangan
B. spasial
C. ekologi
D. kewilayahan
E. kelingkungan

Jawabannya adalah kewilayahan. Mengapa karena dalam tol laut akan mengkoneksi wilayah-wilayah di Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi diharapkan akan berkembang pesat dan menyebar. Cara lain untuk menjawab soal tersebut adalah seperti berikut: Keruangan itu sinonimnya spasial, ekologi itu sinonimnya kelingkungan jadi pasti jawabannya bukan A, B, C dan E  kan?. Nah jawabannya berarti kewilayahan. Kewilayahan itu sinonimnya regional, jadi kalau di dalam pilihan kewilayhan dan regional dalam opsi jawaban maka dipastikan jawabannya bukan itu. Gampang kan cara jawabnya?. Gambar: disini
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait materi pembelajaran dan teknologi.