Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wheatstone Bridge (Jembatan Wheatstone) - Alat ukur Tahanan

Jangan lupa membaca artikel tentang materi pelajaran di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Wheatstone Bridge (Jembatan Wheatstone) merupakan suatu susunan rangkaian listrik untuk mengukur suatu tahanan yang tidak diketahui harganya (besarannya). Kegunaan dari Jembatan Wheatstone adalah untuk mengukur nilai suatu hambatan dengan cara arus yang mengalir pada galvanometer sama dengan nol (karena potensial ujung-ujungnya sama besar). Sehingga dapat dirumuskan dengan perkalian silang. Cara kerjanya adalah sirkuit listrik dalam empat tahanan dan sumber tegangan yang dihubungkan melalui dua titik diagonal dan pada kedua diagonal yang lain dimana galvanometer ditempalkan seperti yang diperlihatkan pada jembatan wheatstone. (Pratama, 2010).

Jembatan Wheatstone dipergunakan untuk memperoleh ketelitian dalam melaksanakan pengukuran terhadap suatu tahanan yang nilainya relative kecil sekali. Umpamanya saja suatu kebocoran dari kabel tanah/ kortsluiting dan sebagainya. Rangkaian ini dibentuk oleh empat buah tahanan (R) yag merupakan segiempat A-B-C-D dalam hal mana rangkaian ini dihubungkan dengan sumber tegangan dan sebuah galvanometer nol (0). Kalau tahanan-tahanan itu diatur sedemikian rupa sehingga galvanometer itu tidak akan mengadakan suatu hubungan antara keempat tahanan tersebut. (Suryatmo, 1986).

Jembatan Wheatstone adalah alat ukur yang ditemukan oleh seorang ilmuwan ahli fisika, dan ahli matematika Inggris, Samuel Hunter Christie (22 Maret 1784 - 24 Januari 1865) pada 1833 dan meningkat kemudian dipopulerkan oleh Sir Charles Wheatstone pada tahun 1843. Ini digunakan untuk mengukur suatu yang tidak diketahui hambatan listrik dengan menyeimbangkan dua kali dari rangkaian jembatan, satu kaki yang mencakup komponen diketahui kerjanya mirip dengan aslinya potensiometer.

Incoming search: kumpulan soal dan jawaban jembatan weston, contoh soal jembatan kelvin, jembatan wheatstone fisika kelas 12, dalam metode jembatan wheatstone dua pengukuran terhadap rx menghasilkan, kesalahan dalam praktikum jembatan wheatstone, prinsip kerja termometer jembatan wheatstone, fungsi rheostat dalam jembatan wheatstone, contoh soal jembatan white stone
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait materi pembelajaran dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Wheatstone Bridge (Jembatan Wheatstone) - Alat ukur Tahanan"