Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Terbaru Tahun 2019

Jangan lupa membaca artikel tentang Pemrograman di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Terbaru Tahun 2019



Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://indoint.com/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Terbaru Tahun 2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Terbaru Tahun 2019.

Pembangunan pendidikan tidak hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi juga harus mampu menumbuhkan seluruh potensi kecerdasan manusia. Tujuannya agar seluruh potensi tersebut berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan pembangunan nasional, termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan. Hal inilah yang menuntut bangsa ini agar segera berbenah diri dan menyusun langkah nyata demi menyongsong masa depan yang lebih baik. Langkah utama yang harus dipikirkan adalah menyiapkan sumber daya manusia dalam hal ini peserta didik, agar berkarakter kuat, tahan uji, serta memiliki keunggulan di bidangnya masing-masing.

Upaya tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik dengan kecakapan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan berupa peningkatan daya pikir kritis, budi pekerti, kreativitas, pengetahuan, dan keterampilan diperlukan dalam setiap langkah pengembangan potensi peserta didik. Pengembangan potensi peserta didik ditandai dengan makin meningkatnya kegiatan apresiasi seni dan tradisi berliterasi, kuatnya spiritualitas, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan peserta didik.

Perkembangan potensi peserta didik dapat terlihat dari perwujudan pikiran dan kreativitas mereka dalam karya sastra. Pengertian sastra dalam konteks ini adalah tulisan yang memiliki berbagai keunggulan baik isi maupun bentuk (ekspresi, estetika, dan kreativitas). Salah satu tujuan pendidikan sastra di sekolah dasar adalah untuk meningkatkan kualitas apresiasi dan literasi peserta didik.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar. Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, dan yang sederajat (homeschooling, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan rumah singgah). 

Kegiatan tersebut merupakan sarana pertemuan dan pembelajaran antarpeserta didik untuk mengikuti lomba menulis cerita pendek, lomba baca puisi, lomba cipta pantun, lomba cipta syair, dan lomba mendongeng. Kegiatan ini diharapkan dapat memacu peserta didik untuk melakukan olah budi, penalaran, dan kreativitas sehingga melahirkan generasi kreatif Indonesia yang bahagia.
Dan masih banyak Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Terbaru Tahun 2019 lainnya.

Berikut ini File Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Terbaru Tahun 2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini  :

LINKDOWNLOAD :


Sumber http://www.materipendidikan.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Terbaru Tahun 2019"