5 tipe data dalam bahasa C

Sebelum kita membahasa jenis-jenis tipe data, akan lebih baik jika kita semuanya memahami tipe data itu sendiri. tipe data biasanya sering digunakan untuk menentukan jenis nilai yang akan ditampung di dalam suatu variabel. 

Saya kira kita sudah bisa membayangkan tipe data itu sendiri dari pengertian singkat di atas. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan lebih rinci lagi. 

Seperti yang kita ketahui bahwa komputer digunakan sebagai alat untuk menghitung. untuk melakukan proses perhitungan tersebut, maka dibutuhkan tipe data yang akan di proses. 

Tipe data sendiri berguna untuk membatasi nilai dari suatu variabel. Buat apa sih nilai dibatasin ? sebenernya hanya untuk menghemat/edisiensi pemakaian memori, jadi kita tidak akan menggunakan memori secara sia-sia (tidak berguna). 

Mungkin kita ada yang sudah tau jenis-jenis apa saja yang dimiliki oleh bahasa C, sebenarnya tipe data itu ada banyak sekali. Tapi kali ini saya akan membahas yang sering akan kita gunakan saja, seiring dengan waktu kita sekalian pasti akan menemukan dan memahami tipe data yang lainnya. 

1. Char 

Tipe data char adalah tipe data yang bisa dapat melakukan penyimpanan data berupa karakter. contoh mudahnya, adalah satu huruf atau angka, tapi kita harus ingat jangan lupa dikasih tanda petik satu yang artiya char. contoh : 'A','a,','1'. Char memiliki jumlah bit sebanyak 8 bit, jadi memori komputer yang terpakai sebesar 8 bit tersebut. 

2. Int 

Tipe data int adalah tipe data yang dapat melakukan pentimpanan data berupa bilangan bulat. Sehingga tipe dat integer tidak adakan dapat menyimpan data text atau karakter. contoh : 1,2,3, dst, sebagai contoh kita menuliskan 3.2 (3 koma 2) yang bertipe int maka yang akan dibaca oleh compiler tetap 3. Int memiliki jumlah bit sebanyak 16 bit, jadi memori komputer yang terpakai sebesar 16 bit tersebut. 

3. Float 

Tipe data Float bisa dapat menyimpan data berupa bilangan pecahan atau angka yang memiliki koma. Misalkan seperti angka 3.2 , jika kita ingin menyimpan angka tersebut maka kita harus menggunkan tipe data float. Float memiliki jumlah bit sebanyak 32 bit, jadi memori komputer yang terpakai sebesar 32 bit tersebut. 

4. Double 

Tipe data Double sebenarnya sama dengan tipe data float, hanya saja tipe data ini memiliki rentang data yang lebih banyak serta memiliki jumlah bit 2 kali lipat yaitu sebanyak 64 bit. 

5. Void 

Tipe data void adalah sebuah tipe data yang kosong. Tipe data void biasanya digunakan untuk tipe data fungsi. 

Bagi yang sudah pernah belajar bahasa pemrograman pada bahasa pemrograman lain, mungkin anda mencari tipe data boolean dan string, akan muncul pertanyaan kenapa tidak ada? Ya memang tidak ada pada bahasa pemrograman C karena kedua tipe data tersebut tidak termasuk, Bahasa C tidak mempunyai tipe boolean bawaan, tapi kita dapat mengakali dengan membuatnya menggunakan tipe data bentukan (enum), kita juga dapat memanfaatkan library yang disediakan secara khusus yaitu stdbool.h. untuk tipe data string, di dalam bahasa C merupakan termasuk ke dalam array. Definisi String pada bahasa pemrograman c sebagai array dari tipe data char. 

Setelah kita mengetahui jenis-jenis tipe data, maka kita akan membahas pendeklarasian tipe data variabel  Deklarasinya seperti ini : 
Tipe_data Nama_variabel 

Jika ada yang belum begitu mengerti variabel, saya akan menjelaskan secara singkat. Variabel merupakan suatu tempat penyimpanan sementara di dalam memori komputer yang diberi nama sebagai pengenal. 

Contoh : 
int jumlah; 
Int sebagai tipe data sedangkan jumlah sebagai nama variabel. dan selalu di akhiri oleh tanda titik koma ";".  Kita bisa memberikan nilai pada suatu variabel yang sudah atau belum di deklarasikan. 

Contoh : 
jumlah = 80; //sudah dideklarasikan diatas 
float harga = 67.6; // deklarasi sekaligus memberi nilai. 

Saran saya lebih mudah saat pendeklarasian langsung diberi nilai, supaya tidak mengetik ulang nama variabel dan menghamat wakktu pastinya. Saya pikir pembahasan tentang 5 tipe data dalam bahasa C sampai disini dulu, dan untuk lebih memahami ilmu pemrograman ikuti terus update di artikel yang lainnya. 

LihatTutupKomentar