25 Soal Beserta Jawaban Ujian Bahasa Indonesia SMP

Soal#1

Cermati kalimat berikut!
Harga novel "Ayah" karya Andrea Hirata adalah Rp.100.000,00.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah karena …
  1. Tanda apostrof ("...") seharusnya diganti garis bawah dan tanda titik (.)di belakang rupiah dihilangkan saja karena tidak sesuai dengan pedoman EY
  2. Tanda apostrof ("...") diganti tanda petik dua ("...") dan tanda koma (,) padajumlah uang dihilangkan karena tidak bermakna.
  3. Tanda apostrof dihilangkan dan tanda titik (.) di belakang singkatan rupiahdihilangkan sesuai dengan pedoman EY
  4. Tanda apostrof diganti tanda petik dua ("...") dan tanda titik (.) di belakangsingkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EY singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EY

Soal#2

26.Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu ...yang dapat dilakukan dalam mengatasi kemacetan. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
  1. solusi
  2. alternatif
  3. pemikiran
  4. perkiraan

Soal#3

27.Cermatilah teks berikut!
Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. [...] Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
  1. Sinar matahari berperan dalam penyerbukan bunga.
  2. Sinar matahari berguna bagi penyuburan tanaman.
  3. Sinar matahari membantu dalam penyebaran buah.
  4. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.

Soal#4

Bacalah teks berikut!
Kelebihan novel ini membuat para pembaca dapat mengintrospeksi diri tentang kewajiban seorang anak memuliakan seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang ibu ketika anak-anaknya tidak berpihak padanya. Novel ini juga dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga para pembaca tidak sulit untuk memahaminya. [...]

Novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan agar semua tahu bahwa ibu adalah satu-satunya orang yang tulus menyayangi kita tanpa pamrih, syarat, dan menerima kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan bahkan kita tidak sadar dan tidak tahu bahwa seorang ibulah yang selalu mendoakan kita di manapun kita berada. Karena seorang ibu selalu menginginkan anaknya sukses. Saat ibu telah tiada hanya doa anak yang soleh dan solehahlah yang akan selalu menyertainya. Mari kita doakan ibu kita. Diolah dari http://auliaannisalia.blogspot.co.id/

Paragraf berisi kelemahan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
  1. Hanya sangat disayangkan masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat. Meskipun begitu novel ini tetap dianjurkan untuk dibaca. Karena dengan membaca novel ini akan menambah rasa sayang kita terhadap seorang ibu.
  2. Pada awal kisah novel ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan perjuangan seorang ibu yaitu Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak- anaknya setelah suaminya meninggal.
  3. Kenyataan pahit yang ia alami itu bermula dari suaminya yang meninggal karena kecelakaan, ketika menyebrangi jalan saat menjemput si Sulung di sekolahnya. Ayahnya menghembuskan nafas terakhirnya di pangkuan si Sulung.
  4. Jangan Buang Ibu Nak, adalah novel karya Wahyu Derapriyangga yang menceritakan tentang perjuangan seorang ibu yang tinggal di Ibu kota. Ia bernama Restiana,ia harus menghidupi ketiga orang anaknya yaitu Sulung,Tengah dan Bungsu.

Soal#5

Bacalah teks berikut!
Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin oleh pelajar. Dengan kata lain, belajar adalah kegiatan wajib bagi pelajar. Belajar tidak hanya dilakukan di kelas, namun Anda juga bisa melakukannya secara mandiri maupun berdiskusi kelompok di tempat lain. Sebagian siswa kesulitan dalam mengatur waktu belajar secara efisien dan efektif dikarenakan ketidaktahuannya dalam mengatur jadwal. Padahal hal ini merupakan suatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika waktu belajar diatur dengan benar, maka belajar pun akan lebih efisien dan efektif.

Buatlah jadwal belajar. Hal yang terpenting di sini adalah penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk membuat jadwal belajar dan sesuaikan dengan jumlah pelajaran yang akan Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan dapat menyusun jadwal belajar yang disesuaikan dengan waktu belajar Anda. Tetapkan waktu belajar Anda. Hal yang tak kalah penting adalah menentukan waktu belajar. Cobalah untuk memilih waktu belajar yang sesuai dengan kriteria belajar Anda. Tanyalah pada dirimu sendiri. Untuk pelajaran yang Anda anggap sukar lebih baik pelajari terlebih dahulu dan buatlah porsi belajar yang lebih lama agar Anda bisa memahami pelajaran tersebut. Ulangi pelajaran yang Anda dapat di
kelas. Hal ini dilakukan agar pelajaran yang Anda dapat tidak cepat hilang atau Anda lupakan.

Jangan membuang-buang waktu luang. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Atur waktu belajar Anda, sesuaikan dengan jumlah pelajaran, gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap pelajaran. Jangan terlalu memforsir waktu Anda untuk belajar. Atur waktu Anda untuk refreshing dan luangkan waktu untuk beribadah dan berdoa. Perubahan teks tersebut menjadi teks prosedur yang tepat adalah ...
  1. Langkah-langkah belajar efektif : 1.Susunlah jadwal belajar! 2.Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya! 3.Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jadwal belajar di sekolah! 4.Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran! 5.Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar! 6.Jangan lupa berdoa!
  2. Langkah-langkah belajar efektif : 1.Susunlah jadwal belajar! 2.Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya! 3.Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlahjam mata pelajaran! 4.Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran! 5.Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar! 6.Atur waktu untuk refreshing dan beribadah!
  3. Langkah-langkah belajar efektif : 1.Susunlah jadwal belajar! 2.Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya! 3.Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran! 4.Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran! 5.Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar! 6.Atur waktu untuk refreshing, beribadah, dan berdoa!
  4. Langkah-langkah belajar efektif  :1.Susunlah jadwal belajar! 2.Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya! 3.Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran! 4.Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran! 5.Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar! 6.Atur waktu untuk refreshing!

Soal#6

Perhatikan data-data berikut!
• Anoa hewan endemik Sulawesi
• Anoa maskot Sulawesi Tenggara
• Anoa tergolong fauna peralihan
• Anoa terancam punah
• Populasi sekitar 5.000 ekor
• Perburuan Anoa untuk diambil kulit, tanduk, dagingnya.
Teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...
  1. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.
  2. Anoa adalah maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit dan dagingnya.
  3. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil tanduk dan dagingnya.
  4. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya.

Soal#7

Perhatikan kalimat berikut!
Saya akan cerita tentang pengalaman saya ketika tugas di desa. Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah kata ...
  1. cerita dan ketika
  2. cerita dan tugas
  3. akan dan tugas
  4. tentang dan ketika

Soal#8

Kalimat yang tidak efektif adalah...
  1. Para penumpang harap membayar dengan uang pas.
  2. Jika ingin membantu orang lain, segerakanlah, jangan kamu tunda-tunda lagi.
  3. Sambil melepas lelah sejenak, Yanti membaca buku novel itu hingga tamat.
  4. Pemerintah mengimbau anak balita di lingkungan kita agar tidak lupa diimunisasi.

Soal#9

Perhatikan paragraf berikut!
(1) Pantai Gili Terawangan berada di wilayah Lombok. (2) Pantai ini memiliki tata keindahan alam laut yang dapat memancing kedatangan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Gili Terawangan seakan merupakan akuarium alam ukuran raksasa. (4) Pantai Terawangan tempat yang cocok untuk beternak penyu. Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor...
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4

Soal#10

Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah akan menggalakkan kembali kegiatan ... agar pembangunan dapat dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia. Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
  1. imigrasi
  2. emigrasi
  3. urbanisasi
  4. transmigrasi

Soal#11

Perhatikan kalimat berikut!
Ilmu yang kita peroleh di lembaga pendidikan, harus kita ...dalam kehidupan sehari-hari. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
  1. menterapkan
  2. menerapkan
  3. mengetrapkan
  4. mengeterapkan

Soal#12

Perhatikan kalimat berikut!
Di kalangan pelajar telah tumbuh kebiasaan ... buku bacaan. Kata ulang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...
  1. tukar-menukar
  2. tukar-tukaran
  3. menukar-nukar
  4. tukaran-tukaran

Soal#13

Perhatikan kalimat berikut!
Kita harus dapat merubah kebiasaan yang kurang terpuji, menjadi kebiasaan yang baik. Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ...
  1. mengubah
  2. merubahi
  3. berubah
  4. perubahan

Soal#14

Perhatikan kalimat berikut!
Juara lomba futsal diduduki oleh tim dari SMP Prestasi. Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ...
  1. Juara lomba futsal adalah tim SMP Prestasi.
  2. Juara dari lomba futsal adalah tim SMP Prestasi.
  3. Juara lomba futsal adalah tim daripada SMP Prestasi.
  4. Juara lomba futsal dimenangkan oleh tim dari SMP Prestasi.

Soal#15

Perhatikan paragraf berikut!
1) Kenakalan remaja merupakan masalah yang harus menjadi tanggung jawab semua pihak. 2) Pihak yang berkepentingan dan paling utama adalah orang tua. 3) Orang tua saya sangat memperhatikan awalnya. 4) Selain itu, sekolah juga ikut berperan mengurangi kenakalan remaja, khususnya melalui program bimbingan konseling. Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan ditandai nomor ...
  1. 1
  2. 2
  3. C.3
  4. 4

Soal#16

Perhatikan kalimat berikut!
Dewi Sartika meninggal 11 September 1947 dan pemakaman di Tasikmalaya. Alasan ketidaktepatan penggunaan kata yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah...
  1. kata pemakaman diganti dimakamkan
  2. kata pemakaman diganti penguburan
  3. kata pemakaman diganti dikuburkan
  4. Kata pemakaman diganti diistirahatkan

Soal#17

41.Perhatikan kalimat berikut!
Andrea Hirata menulis beberapa buku-buku novel yang sangat laku sekali di pasaran. Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
  1. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa.
  2. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata buku-buku.
  3. Kata sangat laku sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata sangat atau sekali.
  4. Kata beberapa buku-buku dan sangat laku sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa atau salah satu kata buku dan dihilangkan kata sangat atau sekali.

Soal#18

Perhatikan paragraf yang tidak padu berikut!
1) Prestasi belajar yang memuaskan dapat diraih oleh setiap siswa jika mereka dapat belajar secara wajar, terhindar dari berbagai ancaman, hambatan, dan gangguan. 2) Salah satu contoh ancaman tersebut adalah kurangnya motivasi belajar siswa. 3) Pada tingkat tertentu memang ada siswa yang dapat mengatasi kesulitan belajarnya, tanpa harus melibatkan orang lain. 4) Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, karena siswa belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau orang lain sangat diperlukan oleh siswa tersebut. Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah...
  1. Kalimat ke-1 tidak berkaitan dengan kalimat ke-2, 3, dan 4.
  2. Kalimat ke-2 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 3, dan 4.
  3. Kalimat ke-3 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 4.
  4. Kalimat ke-4 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 3.

Soal#19

Perhatikan kalimat berikut!
Kemarin Dea membeli tahu 1)Bandung dan beras 2)cianjur 3)ditoko 4)Harapan. Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor .…
  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 3 dan 4

Soal#20

Perhatikan kalimat berikut!
(1) Sebelum mengikuti ujian saya membeli alat-alat menulis, pulpen, penggaris, dan pensil.
(2) Saya dapat menjawab soal-soal UN itu, karena saya belajar dengan rajin.
(3) Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah lima puluh butir soal.
(4) Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor .…
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Soal#21

Cermati kalimat berikut!
(1) Mulai bulan Nopember kami mengikuti pendalaman materi ujian.
(2) Dua hari sebelum pelaksanaan ujian, saya mendapat jadwal ujian.
(3) Mass media tidak diperbolehkan meliput saat ujian berlangsung.
(4) Prosentase kehadiran peserta ujian tahun ini lebih baik daripada tahun lalu.
Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Soal#22

46.Cermati kalimat berikut!
Ibu Fat berpesan sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
  1. Ibu Fat berpesan, "Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh."
  2. Ibu Fat berpesan; "Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh."
  3. Ibu Fat berpesan: "Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh."
  4. Ibu Fat berpesan, "Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh"

Soal#23

Cermati kalimat berikut!
Kios photo copy dan apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan. Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
  1. Kios photocopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
  2. Kios photokopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
  3. Kios fotocopy dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.
  4. Kios fotokopi dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.

Soal#24

Cermati kalimat berikut!
Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK, karena mereka melakukan kesalahan. Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
  1. Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK karena mereka melakukan kesalahan.
  2. Tiga orang karyawan  perusahaan itu di-PHK, karena mereka melakukan kesalahan.
  3. Tiga orang karyawan  perusahaan itu di-PHK karena mereka melakukan kesalahan.
  4. Tiga orang karyawan  perusahaan itu, di-PHK karena mereka melakukan kesalahan.

Soal#25

Perhatikan kalimat berikut!
Kwantitas dan kwalitas padi tahun ini diharapkan lebih baik daripada tahun kemarin. Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah …
  1. Kata kwantitas dan kwalitas seharusnya ditulis kuantitas dan kualitas sesuai dengan pedoman EY
  2. Kata diharapkan seharusnya ditulis di harapkan karena di adalah sebuah awalan.
  3. Kata kwantitas dan diharapkan seharusnya kuantitas dan di harapkan sesuai dengan pedoman EY
  4. Kata diharapkan dan daripada seharusnya ditulis di harapkan dan dari pada sesuai dengan kebiasaan masyarakat saat menulis.
LihatTutupKomentar