Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Soal dan Jawaban Ujian Bahasa Indonesia SMP

Soal#1

Cermati kalimat berikut! Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan […] Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
  1. membuang
  2. mengecilkan
  3. melemahkan
  4. menghilangkan

Soal#2

Bacalah teks berikut! Seperti diketahui, motivasi belajar pada siswa tidak sama kuatnya. Pada siswa yang motivasinya bersifat intrinsik, kemauan belajarnya lebih kuat. […] Sebaliknya dengan siswa yang motivasi belajarnya bersifat ekstrinsik, kemauan untuk belajar sangat tergantung pada kondisi di luar dirinya. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
  1. Motivasi belajar sangat bergantung pada diri sendiri.
  2. Siswa tersebut tidak tergantung pada faktor di luar dirinya.
  3. Motivasi berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua jenis.
  4. Siswa belajar ketika akan menghadapi ulangan kenaikan kelas.

Soal#3

Bacalah teks berikut! 
Puisi-puisi di dalam buku ini banyak bercerita tentang tema pendidikan. Penulis terinspirasi ketika menatap wajah para siswa yang lugu, polos, tak berdosa. Selain itu, penulis banyak mengungkapkan sesuatu yang sesuai dengan gejala alam yang senantiasa melingkupi kehidupannya. […]

Puisi-puisi di buku ini diperuntukkan bagi pembaca khususnya siswa SMP dan SM Hal ini mengingat kebutuhan akan buku-buku kumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai buku pelengkap bahan ajar sangat tinggi. Banyak buku puisi yang terbit, tetapi tidak sebanyak buku-buku yang layak dibaca untuk siswa SMP dan SM Terbitnya buku puisi karya Darmawati ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan bacaan sastra di sekolah. Puisi-puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna. Diolah dari sumber http://brainly.co.id Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

  1. Puisi “Ragaku” merupakan salah satu puisi karya Tri Oktiana. Puisi ini cukup unik. Pemilihan diksi yang sederhana tidak membuat makna yang timbul terasa hambar, datar, atau kurang menarik. Namun justru sebaliknya. Puisi ini seperti sebuah sumur di tengah padang pasir.
  2. Buku puisi ini sangat membantu bagi guru-guru untuk mengajarkan bahan pembelajaran puisi. Hanya sangat disayangkan, buku puisi ini tidak dilengkapi dengan ilustrasi gambar. Meskipun demikian, puisi-puisinya mudah dipahami dan dikemas dalam bentuk untaian larik yang sederhana.
  3. Penulis novel ini dengan cerdas mengambil sesuatu yang beda demi menyampaikan pesan tentang keagungan Tuhan. Manusia memang tidak ada apa-apanya. Manusia tidak akan menjadi "kuat", kaya, pintar, hebat, dan lain sebagainya, apabila Tuhan tak berkehendak padanya untuk menjadi demikian. 
  4. Namun sebagian dari manusia berbuat banyak kerusakan, sementara hati tak sadar tentang siapa diri mereka dan siapa yang menciptakan mereka. Mereka berpikir seolah bebas berbuat apa saja. Padahal dalam ketidaksadaran macam itu, kekuasaan Tuhan tak dapat diragukan lagi.

Soal#4

Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Langkah-langkah membuat nasi goreng 
1. Panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga harum!
2. Setelah harus, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata!
3. Tambahkan saus tomat dan kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar merata!
4. Setelah matang, angkat dan sajikan selagi hangat!

Perubahan teks tersebut menjadi kutipan teks cerpen yang tepat adalah … 
  1. Liburan di Rumah Nenek Rina sedang berlibur ke rumah nenek di kampung. Minggu pagi, ia menuju dapur menemui nenek. Ia ingin sekali belajar membuat nasi goreng seperti masakan nenek. “Nek, ajarin Rina buat nasi goreng, ya,” pinta Rina. “Ya,” jawab Nenek. Pertama panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga harum. Setelah harum, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata. Jangan lupa tambahkan saus tomat dan kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar merata. Nah…setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Nasi goreng istimewa siap dinikmati,” kata Nenek. 
  2. Sarapan Istimewa Minggu pagi, semua anggota keluarga berkumpul di rumah. Ibu mengajakkumenyiapkan sarapan. Kami pun berdua menuju ke dapur. “Ibu, cara membuat nasi goreng gimana?” tanya Fatimah dengan manja. “Bener kamu mau belajar membuat nasi goreng,?” Ibu tidak yakin. “Benar, Bu.” “Baiklah, pertama siapkan nasi secukupnya. Tambahkan telur, bawang putih dan cabe. Jika ingin pedas, tambahkan cabenya. Tumis semua bumbu hingga harum, masukkan nasi dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan kecap manis jika suka. Itulah cara membuat nasi goreng,” Ibu mengakhiri penjelasannya.
  3. Bang Midun Malam Minggu, Faras pergi membeli nasi goreng kesukaannya, yakni nasi goreng sosis. Faras selalu membeli di Bang Midun penjual nasi goreng kaki lima langganannya. Bang Midun pun mulai membuat nasi goreng sosis. Pertama, ia menggoreng sosis yang sudah dipotong-potong tipis. Setelah itu, menumis bumbu halus yang telah disiapkannya. Setelah bumbu tercium aromanya, ia tambahkan nasi sepiring. Kemudian, ia mengaduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan bumbu penyedap secukupnya. Kemudian ia mengaduk-aduk kembali hingga rata. Terakhir ia tambahkan sosis goreng dan diaduk kembali. Nasi goreng sosis telah selesai dan siap disantap.
  4. Liburan di Rumah Minggu pagi, Yona akan memasak nasi goreng untuk keluaarga. Ia pun menyiapkan bahan-bahannya. Setelah siap, ia mulai memasak. Pertama, ia memanaskan mentega, lalu memasukkan bumbu halusdan cabai merah, ditumis hingga harum. Setelah harum, masukkan nasi kemudian aduk hingga rata. Tambahkan bumbu penyedap dan teri medan yang sudah digoreng kering. Setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Nasi goreng teri medan siap disantap.

Soal#5

Perhatikan ilustrasi berikut!
Mengamati pohon jeruk nipis
- Tinggi pohon 3, 5 meter
- Batangnya bulat berduri
- Bentuk daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit
- Panjang daun 2,5 - 9 cm, lebar 2 - 5 cm
- Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 - 9 cm dan lebar 2 - 5 cm

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat adalah …
  1. Buah jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekaligus juga untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup sederhana, yaitu membasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis.
  2. Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasaan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis.
  3. Pohon jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis.
  4. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri berwarna putih kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5-9 cm, lebar 2-5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5-5 mm, bersayap, berwarna hijau.

Soal#6

Perhatikan kalimat berikut! 
(1) Kemarin siang telah (2) terjadi tabrakan beruntun (3) di mana melibatkan lima kendaraan dan (4) mengakibatkan dua orang penumpang luka berat. Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut ditandai nomor ...
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Soal#7

Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat.
(2) Hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh daerah. 
(3) Ada daerah yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan.
(4) Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim sekali dalam waktu lama. Kalimat tersebut yang tidak efektif ditandai dengan nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Soal#8

Bacalah teks berikut!
(1) Nilai sosial dalam novel karya Andrea Hirata ini sangat menonjol. (2) Dinas Sosial Salah salah satu tugasnya membantu orang yang kesusahan atau tertimpa musibah. (3) Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang begitu tinggi antara tokoh Ikal, Arai, dan Jimbron. (4) Masing-masing saling mendukung dan membantu antara satu dengan yang lain dalam mewujudkan impian-impian mereka sekalipun hampir mencapai batas kemustahilan. Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Soal#9

Perhatikan kalimat berikut!
Mereka yang mengalami gangguan dalam penglihatan diakibatkan oleh kelainan/kerusakan pada organ penglihatan dinamakan […]. Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
  1. tunanetra
  2. tunadaksa
  3. tunagrahita
  4. tunawicara

Soal#10

Cermati kalimat berikut!
Namun, seiring dengan perjuangan dan kerja keras tanpa henti, Andrea mampu meraih sukses sebagai […] memoar kisah masa kecilnya yang penuh dengan keperihatinan. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
  1. penulis
  2. pembuat
  3. penyusun
  4. pengarang

Soal#11

Cermati kalimat berikut!
Buku ini menceritakan kehidupannya […] sejak ia kecil hingga dewasa. Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
  1. perhari-hari
  2. sehari-hari
  3. sehari-sehari
  4. tiap hari-hari

Soal#12

Cermatilah ilustrasi berikut!
Hiu dengan buasnya melahap ikan-ikan yang besar lalu lumba-lumbahanya memakan ikan-ikan kecil yang berada di dekatnya. Perbaikan kata yang ditulis miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….
  1. daripada
  2. walaupun
  3. kemudian
  4. sedangkan

Soal#13

Perhatikan kalimat berikut!
Terlepas dari beberapa kekurangan-kekurangan yang ada, buku ini layak digunakan untuk mengajari semua anak-anak tentang konsep matematika secara sangat menyenangkan sekali.

Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata …
  1. beberapa, kekurangan, dan anak
  2. beberapa, kekurangan, dan sekali
  3. kekurangan, semua, dan sekali
  4. kekurangan, anak, dan konsep

Soal#14

Bacalah teks berikut!
(1)Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. (2) Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua orang, tanpa terkecuali. (3) Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga kelestarian lingkungan.(4) Dinas Kehutanan bertugas menjaga kelestarian hutan. (5) Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri. Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah menghilangkan kalimat nomor
  1. (2)
  2. (3)
  3. (4)
  4. (5)

Soal#15

Bacalah ilustrasi berikut! 
Pada tahun 1980, Bung Hatta meninggal dunia dan di makamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Alasan ketidaktepatan penggunaan kata yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah …
  1. penulisan di digabung karena di sebagai awalan
  2. penulisan di dipisah karena di sebagai kata depan
  3. di makamkan diganti dengan di kebumikan
  4. di makamkan diganti dengan di semayamkan

Soal#16

Perhatikan kalimat berikut!
Sejak dari masa kecil Habibie sudah sangat senang sekali membaca banyak buku- buku. Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah karena berlebihan menggunakan kata …
  1. dari, masa, sudah, dan sekali
  2. dari, masa, sekali, dan banyak
  3. sudah,sangat, senang, dan buku
  4. sejak, sudah, banyak, dan buku

Soal#17

Perhatikan paragraf berikut!
(1)Kebudayaan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu kebudayaan fisik dan kebudayaan nonfisik. (2) Kebudayaan fisik jelas karena merujuk pada benda-benda. (3) Kebudayaan nonfisik ada yang berupa pemikiran dan ada yang berupa wujud tingkah laku. (4) Untuk menjaga kebugaran fisik kita perlu melakukan olahraga secara rutin.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah karena kalimat nomor ….
  1. (1) tidak ada hubungannya dengan kalimat (2), (3), dan (4)
  2. (2) tidak ada hubungannya dengan kalimat (1), (3), dan (4)
  3. (3) tidak ada hubungannya dengan kalimat (1), (2), dan (4)
  4. (4) tidak ada hubungannya dengan kalimat (1), (2), dan (3)

Soal#18

Perhatikan kalimat berikut!
Novel Negeri 5 Menara memberikan pelajaran (1) hidup bagi para remaja (2) kususnya, bahwa (3) segala keinginan, mimpi, harapan, dan cita-cita dapat diraih dengan kerja keras dan (4) kesungguhan serta restu dari (5) orangtua. 
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor .…
  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (5)
  3. (2), (3), dan (4)
  4. (2), (3), dan (5)

Soal#19

Perhatikan kalimat berikut!
“Tentu saja, itu gagasan yang baik: Lebih baik berlima daripada berempat,” jawab Aminah.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah .…
  1. tanda baca titik dua (:) seharusnya tanda baca titik (.)
  2. tanda baca titik dua (:) seharusnya tanda baca koma (,)
  3. tanda baca titik dua (:) seharusnya tanda baca titik koma (;)
  4. tanda baca titik dua (:) seharusnya tanda baca kutip dua (”)

Soal#20

Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Upacara hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 Nopember.
(2) Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Senen, Batavia, 11 Mai 1914.
(3) Thomas Alva Edison lahir di Milan, Amerika Serikat, 11 Februari 1847.
(4) Gus Dur pernah berkata, “Di Indonesia ini cuman ada tiga polisi jujur, polisi tidur, patung polisi, dan Hoegeng.”
Penggunaan ejaan yang tepat pada keempat kalimat tersebut ditandai nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Soal#21

Perhatikan kalimat berikut!
Maafkan aku Andi selama ini aku menjauhimu Padahal kamu tidak pernah menyakitiku kata Imran Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
  1. “Maafkan aku, Andi, selama ini aku menjauhimu”. Padahal kamu tidak pernah menyakitiku tanya Imran.
  2. “Maafkan aku, Andi, selama ini aku menjauhimu. Padahal kamu tidak pernah menyakitiku,” kata Imran.
  3. “Maafkan aku. Andi, selama ini aku menjauhimu.” “Padahal kamu tidak pernah menyakitiku?” kata Imran.
  4. “Maafkan aku Andi, selama ini aku menjauhimu. Padahal kamu tidak pernah menyakitiku kata Imran.”

Soal#22

Perhatikan kalimat berikut!
Bandar udara internasional di jakarta, bandar udara soekarno-hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya. Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
  1. Bandar udara internasional di Jakarta, Bandar Udara Soekarno-Hatta,menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya.
  2. Bandar udara Internasional di Jakarta, Bandar Udara Soekarno-Hatta,menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya.
  3. Bandar udara internasional di Jakarta, bandar udara Soekarno-Hatta,menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya.
  4. Bandar Udara Internasional di Jakarta, bandar udara Soekarno-Hatta,menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya.

Soal#23

Cermati kalimat berikut!
Pohon itu menjawab! Wahai Burung Jalak, tinggallah sesukamu! “Kau tinggal pilih buah mana yang kau suka.”
Perbaikan penggunaan tanda baca kalimat pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
  1. Pohon itu menjawab; “Wahai Burung Jalak, tinggallah sesukamu?” Kau tinggal pilih buah mana yang kau suka.
  2. Pohon itu menjawab; Wahai Burung Jalak, tinggallah sesukamu! Kau tinggal pilih buah mana yang kau suka!
  3. Pohon itu menjawab, “Wahai Burung Jalak tinggallah sesukamu” Kau tinggal pilih buah mana yang kau suka!”
  4. Pohon itu menjawab, “Wahai Burung Jalak, tinggallah sesukamu. Kau tinggal pilih buah mana yang kau suka.”

Soal#24

Cermati kalimat berikut!
Taufiq ismail lahir di Bukittinggi, 25 Juni 1935. Masa kanak-kanak sebelum sekolah dilalui di pekalongan, Jawa Tengah.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
  1. Nama diri seharusnya menggunakan huruf besar atau kapital.
  2. Nama diri dan nama kota seharusnya menggunakan huruf kapital.
  3. Kalimat tersebut seharusnya menggunakan tanda baca, tanda seru.
  4. Kalimat tersebut tidak sesuai penulisannya dengan struktur kalimat.

Soal#25

Cermati kalimat berikut!
Kita memerlukan: kertas, gunting, dan lem untuk membuat tugas kerajinan tangan. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah karena …
  1. tanda titik dua (:) tidak diperlukan
  2. tanda titik (.) diganti tanda seru (!)
  3. tambahkan tanda koma (,) setelah kata untuk
  4. tanda koma (,) setelah kata gunting, tidak perlu

Posting Komentar untuk "25 Soal dan Jawaban Ujian Bahasa Indonesia SMP"