Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Dan Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang (UM)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Universitas Negeri Malang atau biasa disingkat UM merupakan salah satu Universitas Negeri ternama di Indonesia, yang terletak di kota Malang, Jawa Timur. Selain itu, Universtas Negeri Malang juga merupakan universitas tertua yang ada di Malang, yang sudah didirikan sejak tahun 1954, atau tepatnya didirikan pada tanggal 18 Oktober, 9 tahun setelah diproklamasikan kemerdekaan negeri ini.


 atau biasa disingkat UM merupakan salah satu Universitas Negeri ternama di Indonesia Pendaftaran Dan Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang (UM)


Dan pastinya karena didirikan sejak tahun 1954, saat ini Universitas Malang semakin berpengalaman dalam dunia pendidikan dan menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi di tiap tahunnya. Dan setiap tahun ajaran baru, universitas ini juga selalu membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan melalui beberapa jalur, seperti  jalur SNMPTN, SBMPTN,  Bidikmisi, Mandiri dan Seleksi Masuk Pascasarjana.

Oelh karena itu, bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru di Universitas Negeri Malang ini, berikut akan kami share informasi tentang pendaftaran dan biaya kuliah di UM.


A. Pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang


Untuk Anda berkeinginan mendapat gelar di PTN ini, maka 3 hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai SNMPTN, SBMPTN dan juga jalur mandiri. Pastikan tidak melupakan waktu pendaftaran 3 hal tersebut. Nah, bila memang SNMPTN dan juga SBMPTN belum ada kesempatan untuk masuk dari jalur ini, maka pilihan jalur mandiri pun bisa jadi pilihan. Biasanya jalur mandiri diselenggarakan setelah selesai pengumuman SNMPTN maupun SBMPTN. Untuk catat jadwal untuk jalur ketiga dibawah ini yah, bila sudah berniat menimba ilmu di Universitas Negeri Malang.


1. Jalur SNMPTN


SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri dengan di bawah koordinasi Panitia nasional yang berdasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dari calon mahasiswa.


Berikut informasi jadwal pelaksanaan SNMPTN:

1)    Pengisian PDSS : 14 Januari  samapai l 10 Februari 2017

2)    Verifikasi PDSS : 15 Januari 2017 sampai 12 Februari 2017

3)    Pendaftaran SNMPTN : 21 Februari 2017 sampai 6 Maret 2017

4)    Pencetakan Kartu TAnda Peserta SNMPTN : 14 Maret 2017  sampai 14 April 2017

5)    Proses Seleksi : 15 Maret 2017 sampai 15 April 2017

6)    Pengumuman Hasil Seleksi : 26 April 2017


Untuk proses verifikasi dokumen peserta dan pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi dapat dilakukan di Universitas Malang pada tanggal 16 Mei 2017, bersamaan dengan jadwal pelaksanaan ujian tertulis jalur SBMPTN 2017.


2. Jalur SBMPTN


SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan, yang terdiri dari Paper Based Testing atau PBT dan Computer Based Testing atau CBT yang bisa diikuti oleh semua siswa lulusan tahun akademik 2015 sampai 2017 dari pendidikan SMA/SMK/MA/Sederajat.


Berikut informasi pendaftaran SBMPTN 2017:

1) Pendaftaran SBMPTN 2017 dapat dilakukan secara online. Dengan tata cara pendaftaran secara lengkap yang bisa dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

2) Tata cara mengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan bisa diunduh atau didownload mulai tanggal 4 April 2017 di laman http://download.sbmptn.ac.id.

3) Pendaftaran online Paper Based Testing dan Computer Based Testing dibuka mulai dari tanggal 11 April 2017 pada pukul 08.00 WIB sampai pada tanggal 5 Mei 2017 pada pukul 22.00 WIB.


Namun, pendaftaran online CBT bisa saja akan ditutup sewaktu-waktu apabila jumlah kuota pendaftar sudah terpenuhi.


3. Jalur Mandiri


Jalur mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru pada program Diploma (D3) dan Sarjana (S1) dengan proses seleksi Tes Berbasis komputer (TBK) Universitas Malang tahun akademik 2017/2018.


Dalam prosesnya, Jalur mandiri di Universitas Malang dibedakan lagi menjadi 2 jalur yaitu jalur prestasi dan jalur ujian tertulis / tes keterampilan. Dimana jalur prestasi diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik baik atau memiliki keahlian lain non akademik yang baik. Dan jalur ujian tertulis / tes keterampilan diperuntukkan bagi siswa yang tidak mempunyai prestasi yang unggul, baik dibidang akademik ataupun non akademik.


Jadwal jalur mandiri saat ini masih belum di buka, namun untuk lebih jelasnya Anda dapat melihatnya pada laman https://seleksi.um.ac.id/.


4. Jalur Bidikmisi


Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki kemampaun akademik baik yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.


Berikut informasi jadwal pendaftaran Bidikmisi 2017:

1)    Pendaftaran Sekolah  dibuka dari tanggal 14 Januari 2017 sampai 01 September 2017

2)    Pendaftaran Siswa dibuka dari tanggal 14 Januari 2017  sampai 01 September 2017

3)    SNMPTN  dibuka dari tanggal 18 Februari 2017 sampai 06 Maret 2017

4)    Seleksi Mandiri PTN dibuka dari tanggal 25 Februari 2017 sampai 01 September 2017

5)    PMDK-PN dibuka dari tanggal 25 Februari 2017 sampai 01 Mei 2017

6)    SBMPTN dibuka dari tanggal 08 April 2017 sampai 05 Mei 2017

7)    Seleksi Mandiri PTS dibuka dari tanggal 22 April 2017 sampai 01 September 2017

8)    UMPN dibuka dari tanggal 04 Mei 2017 sampai 10 Juni 2017


Atau untuk informasi lengkap Bidikmisi dapat di akses pada laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.


5. Pendaftaran Pascasarjana


Pascasarjana merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program pendidikan Magister dan juga Doktor. Untuk informasi pendaftaran lengkap dan jadwalnya Anda bisa mengaksesnya di laman https://seleksi.um.ac.id/.


B. Biaya Kuliah di Universitas Negeri Malang


Untuk biaya kuliah, sejak tahun 2013 Universitas Malang sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dalam hal ini, jalur masuk UM tidak mempengaruhi jumlah UKT yang harus dibayar.


Walaupun ada beberapa perguruan tinggi negeri yang membedakan UKT dengan berdasarkan jalur masuknya, namun di Universitas Malang hal tersebut tidak mempengaruhi besarnya UKT. Sehingga biaya kuliah di UM hanya ditentukan berdasarkan penghasilan orangtua atau wali yang bertanggung jawab pada masing-masing mahasiswa dan program studi yang dipilih.


Namun jika mendapatkan bantuan Bidikmisi, Maka UKT akan dibayarkan oleh pemerintah sehingga mahasiswa yang mendapat Bidikmisi dapat kuliah secara gratis.


Demikianlah informasi yang bisa kami berikan tetang pendaftaran dan biaya kuliah di Universitas Malang. Semoga dapat menjadi referensi yang baik dan bermanfaat bagi Anda yang ingin kuliah di Universitas ini.


Referensi:

biayakuliah.web.id/2016/10/biaya-kuliah-um.html

home.seleksi.um.ac.id/informasi-umum-snmptn-2017/

um.ac.id/content/page/4/2017/01/info-snmptn-sbmptn-bidikmisi

pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-um.html





Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman Komputer.

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Dan Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang (UM)"