Sejarah Baseball, Penemu dan Penciptanya

Penemu, Pembuat, dan Riwayat Baseball

Riwayat bisbol di Amerika Serikat bisa dijelajahi pada era ke-19, saat pemain pemula mainkan laga bisbol seperti oleh ketentuan tidak resmi mereka sendiri dengan memakai perlengkapan yang dibikin di dalam rumah. Reputasi olahraga ini mengilhami club bisbol nasional semipro pada 1860-an. Sepanjang Perang Saudara tersebar isu jika Abner Doubleday lah yang mengawali bisbol, namun pada realitanya tidak sama seperti yang kita mengenal, mungkin karena dokumentasi oleh Alexander Cartwright. Jawaban untuk pertanyaan siapakah yang mengawali bisbol belum juga terjawab dan peluang tetap semacam itu.

Siapakah penemu Bisbol yang sebetulnya?

Penyebutan awalnya bisbol dikenali di Amerika Serikat ialah di tahun 1791 Pittsfield, Massachusetts, ketentuan yang larang bermain games dalam kurun waktu 80 yard (73 m) dari rumah tatap muka kota. Di tahun 1903, informasi olahraga Inggris mengeluarkan sebuah artikel yang bertaruh jika bisbol datang dari permainan Inggris yang disebutkan rounders, dan sudah dimainkan Henry Chadwick, asal di Inggris. Tetapi Albert Spalding tidak sepakat. Baseball, sama seperti yang disebutkan Spalding, secara esensial sebagai olahraga Amerika dan diawali di tanah Amerika.

Untuk menuntaskan permasalahan ini, 2 orang menunjuk sebuah komisi, yang dipegang oleh Abraham Mills, presiden ke-4 Liga Nasional Baseball Club Professional. Komisi, yang termasuk juga enam eksekutif olahraga yang lain, bekerja sepanjang 3 tahun, kemudian mengatakan jika Abner Doubleday mendapati hoby nasional. Ini bisa menjadi surprise untuk Doubleday.

Mendiang Pahlawan Perang Saudara ini tidak tahu jika dia sudah mendapati bisbol. Tetapi 15 tahun sesudah meninggalnya, dia dikatakan sebagai bapak dari permainan bisbol, kata sejarawan John Thorn.

Dogma mengenai Doubleday sebagai pembuat permainan bisbol tiba dari Insinyur pertambangan Colorado. Laporan lain sebagai rekomendasi awalnya jika bola dasar dengan teratur dimainkan di hari Sabtu di tahun 1823 di tepian kota New York City di wilayah yang sekarang ini ialah Greenwich Village.

Team pertama kali yang bermain bisbol di bawah ketentuan yang kekinian ialah New York Knickerbockers. Club ini dibangun di tanggal 23 September tahun 1845, sebagai club sosial untuk kelas menengah ke atas dari New York City. Beberrapa Anggota club ini ialah presiden Doc Adams dan Alexander Cartwright, merangkum Ketentuan Knickerbocker, yang mayoritas bermasalah dengan permasalahan organisasi, dan tata ketentuan untuk bermain games.

Seterusnya, Bisbol jadi olahraga yang sudah dilakukan secara team dan terkenal di Amerika Utara, Amerika Latin, Karibia, dan Asia Timur. Di beberapa negara, bisbol sebagai olahraga khusus. Di Amerika Serikat, bisbol ialah pengisi waktu senggang nasional (national pastime) karena beberapa orang Amerika Serikat habiskan banyak waktu untuk bermain dan melihat laga bisbol. Jumlah pemirsa yang tiba ke stadion untuk melihat Liga Baseball Amerika melewati jumlah pemirsa olahraga tipe yang lain, tetapi ditaklukkan Sepak bola Amerika dengan jumlah pemirsa yang melihat laga lewat tv.

Profile Abner Doubleday

Riwayat bisbol di Amerika Serikat bisa dijelajahi pada era ke Penemu, Pembuat, dan Riwayat Baseball
Abner Doubleday Abner Doubleday (26 Juni 1819 - 26 Januari 1893) ialah seorang perwira karier Angkatan Darat Amerika Serikat dan Uni umum dalam Perang Saudara Amerika. Ia melepas shooting pertama kali dalam bela Fort Sumter, pertarungan pembukaan perang, dan mempunyai peranan penting dalam pertarungan awalnya di Pertarungan Gettysburg.

Di San Francisco, sesudah perang, dia mendapat paten untuk mobil kereta api kabel. Dalam beberapa tahun terakhir kalinya di New Jersey, dia ialah seorang anggota terpenting dan presiden Theosophical Society. Doubleday dikreditkan sebagai penemu bisbol, walau ini nampaknya tidak betul.

Walau Doubleday mempunyai pengalaman dalam beberapa pertarungan Perang Sipil penting, tetapi dia semakin banyak diingat sebagai penemu permainan bisbol, di Elihu Phinney padang rumput sapi di Cooperstown, New York, di tahun 1839.

Doubleday wafat karena penyakit jantung. Badan Doubleday dimakamkan di negara sisi di Balai Kota New York dan dibawa ke Washington dengan kereta api dari Mendham Township, dan disemayamkan di Arlington National Cemetery di Arlington, Virginia.


Sumber:
en.wikipedia.org