Hot!Rumus Merubah Chord Lagu

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apakah anda suka bermain musik?Entah itu piano, gitar, bass atau lainnya?.
Tentunya jika kalian bermain musik maka akan sering memainkan chord-chord yang terdapat dalam sebuah lagu. Kadangkala kita sering kesulitan ketika ingin merubah chord musik lagu tertentu karena ingin disesuaikan dengan suara kita. Sebetulnya merubah chord lagu sangat simple namun hal mendasar yang harus dipahami oleh seorang pemusik pemula adalah hakikat atau arti musik itu sendiri. 
Musik itu dapat diartikan sebagai irama yang teratur, ingat ada kata teratur jadi sebuah alunan lagu atau musik apapun pasti memiliki nada-nada yang teratur begitu pula dengan chord lagunya. Chord atau kunci lagu merupakan kumpulan dari nada-nada minimal 2 nada. 
Jadi sebuah lagu pasti akan memiliki rumus tertentu dan memudahkan pemusik untuk merubah chordnya sesuai dengan suara vokalisnya. Misalkan seperti ini jika anda memiliki menyanyikan lagu dengan urutan chord seperti ini



Lantas suara kalian tidak sesuai dengan chord atau kunci awal lagu tersebut yaitu C, maka bagaimana cara mengubahnya agar sesuai dengan suara kalian?. Ingat bahwa musik adalah irama yang teratur jadi lagu tersebut memiliki rumus juga. Kalian tinggal hitung saja berapa tingkat perpindahan dari setiap Chord tersebut.

Dari C ke Am = 5 tingkat (D-E-F-G-A)
Dari Am ke F = 5 tingkat (B-C-D-E-F)
Dari F ke G = 1 tingkat (F-G)

Jadi rumus lagu tersebut adalah V-V-I (biasa ditulis dalam romawi). Nah jika kalian ingin merubahnya ke tangga chord awal D jadi gimana. Ya tinggal ganti chord nya sesuai tingkat/ritme V-V-I tadi. Jadi lagu C Am F G jika dirubah ke kunci awal D menjadi:


Jika mau diubah lagi ke nada lain ya tinggal ikuti aja rumus lagu tadi. Jadi setiap lagu punya rumus masing-masing. Itulah keunikan dari seni musik jadi ketika bermain musik pahami dulu tentang arti musik itu sendiri yaitu irama yang teratur. 
Untuk berlatih cobalah belajar lagu-lagu yang memiliki ritme chord sederhana seperti Peterpan (bukan Noah) dan Ungu. Jika rajin berlatih saya yakin dalam lagu-lagu yang chordnya sulit dan banyak anda tidak akan mengalami kesulitan dalam merubah chodrnya.

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain