Kelebihan Menjadi Seorang Pendidik (Guru)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apakah anda berniat menjadi seorang pendidik/guru?Tentunya menjadi seorang guru
adalah tugas yang mulia asalkan niatnya betul-betul ingin mencerdaskan dan membawa perubahan pada peserta didik. Namun sebelum anda bercita-cita ingin berprofesi menjadi seorang guru tidak salahnya melihat kelebihan dan kekurangan profesi tersebut. Hal-hal yang disampaikan pada postingan ini tentunya bersifat relatif karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda, namun lumayan untuk sedikit pengetahuan. Kali ini ada diulas tentang kelebihannya dulu, nanti kekurangannya di postingan lain.

Kelebihan

  • Menjadi pendidik memberi kesempatan untuk membuat perubahan 
Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat banyak dan tugas guru lah untuk memberikan pengetahuan dan gambaran tentang masa depan. Anak didik sekarang merupakan calon pemimpin masa depan yang harus dibina untuk menjadi seorang pemimpin sejati. Salah satu tugas guru adalah menjadi katalisator atau agen perubahan anak, dari anak malas menjadi rajin, anak kurang pandai menjadi pandai, anak manja menjadi mandiri dan lainnya. Itu semua adalah pekerjaan besar dan dimulai dari hal kecil dan berdampak besar bagi masa depan Indonesia.
  • Menjadi pendidik menawarkan jam kerja yang fleksibel
Jika dibandingkan dengan profesi lain maka guru adalah profesi dengan jam kerja relatif sedikit. Sekolah biasanya mulai pukul 7.00 dan pulang sekitar pukul 14.00 untuk yang PNS, jika tidak ada tambahan. Belum lagi dalam satu hari tidak semua guru full mengisi kelas dari pagi hingga siang. 
  • Menjadi pendidik memberikan kesempatan bekerjasama dengan semua tipe orang
Di sekolah tentunya guru akan bertemu berbagai jenis karakteristik siswa, orang tua dan guru lainnya. Hal tersebut akan menambah wawasan pendidik tentang manusia dan menyadari akan pentingnya kebersamaan dalam perbedaan.
  • Menjadi pendidik tidak akan merasa bosan
Setiap hari seorang guru akan menjalani keadaan yang berbeda baik itu di kelas, di luar kelas atau di manapun. Setiap hari pasti memiliki cerita yang berbeda entah dengan guru, dengan siswa atau keadaan lain. Sekolah adalah tempat yang dinamis dan tidak ada yang pernah sama dari mulai hari sekolah itu berdiri hingga saat ini. 
  • Menjadi pendidik akan kreatif menyebarkan ilmu dan passion kepada setiap pun
Pendidik haruslah memiliki passion yang tinggi terhadap ilmu yang ia dalami. Guru yang baik akan selalu antusias ketika mengajar dan memotivasi siswa.
  • Menjadi pendidik membimbing pribadi untuk menjadi profesional dan pembelajar
Profesi guru akan menuntut kita untuk terus haus akan belajar dan tidak puas dengan ilmu yang sekarang kuasai. Metode pendidikan yang berubah dari zaman ke zaman membuat seorang pendidik harus terus meng update kemampuannya setiap saat dan mengaplikasikannya di dalam kelas.
  • Menjadi pendidik menciptakan tali ikatan batin dengan siswa sepanjang hidupnya
Seorang pendidikan akan terus berinteraksi dengan anak didik selama di kelas dalam jangka waktu lama. Hal tersebut membuat siswa akan menganggap guru adalah orang tua mereka sendiri. 
  • Menjadi pendidik akan mendapatkan banyak penghargaan
Saat ini menjadi guru khususnya PNS akan mendapat banyak penghargaan materi mulai dari tunjangan, sertifikasi, uang pensiun dan lainnya. Selain itu menjadi guru (yang baik tentunya) akan mendapat penghargaan dari masyarakat yang bersifat sosial. 



Gambar:



Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain