Perlu diketahui, Strategi Marketing Tahun 2022

artikel ini berisi Perlu diketahui, Strategi Marketing Tahun 2022
Perlu diketahui, Strategi Marketing Tahun 2022

Digital pemasaran sudah berevolusi dan alami banyak peralihan sekian tahun akhir-akhir ini. Sebagai contoh, implementasi augmented reality yang awalnya dipandang tehnik yang kurang cost-effective, saat ini telah banyak mulai diaplikasikan secara mudah. Mengangsung hal itu, supaya rencana pemasaran merek atau usaha Anda masih tetap efisien dan berkaitan, penyempurnaan taktik pemasaran secara periodik sangat diperlukan. Artikel ini akan memberi info berkaitan beberapa taktik digital pemasaran yang diprediksikan akan bawa imbas lumayan besar dalam periode waktu sekian tahun di depan.

7 Taktik Digital Pemasaran di Tahun 2022

1. Perbanyak content video

Video pemasaran sebenarnya bukan sebuah tehnik atau ide yang baru. Tetapi makin kesini pendayagunaan video sebagai fasilitas dan taktik digital pemasaran mulai terkenal diaplikasikan baik oleh merek besar atau kecil.

Bahkan juga, menurut statistik video pemasaran dari Hubspot, 54% customer inginkan marketing agar semakin banyak menghasilkan content dengan pola video.

Bukan hanya lebih disukai oleh customer, content dengan pola video akan memberi Anda ruangan yang bertambah luas untuk menunjukkan feature dan keunggulan pada produk atau service dari usaha Anda secara menarik. Makin bertambahnya tools video pemasaran yang ada membuat proses pembikinan content video sekarang ini jadi lebih gampang.

Untuk mengawali taktik video pemasaran, Anda dapat manfaatkan basis sosial media seperti Instagram, Facebook, Youtube, bahkan juga LinkedIn sebagai kanal untuk membagi content video Anda.

2. Membuat sales funnel yang mendalam

Type audiens yang berkunjung web Anda bisa saja benar-benar bermacam. Beberapa kemungkinan ada yang disebut orang yang belum mengenali merek Anda benar-benar, sementara beberapa yang lain sebagai orang yang menjadi customer Anda.

Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan content untuk tiap tahapan konsumen journey dari usaha Anda. Disini peranan sales funnel jadi demikian penting.

Banyak marketing yang terlampau konsentrasi dan banyak menyempatkan diri untuk produksi content top-funnel, tetapi tidak mempunyai content yang bisa jaga minat atau ketertarikan audiens pada mid-funnel atau bottom-funnel. Dengan mengaplikasikan data driven pemasaran dan menambah animasi, video, infografik, atau bahkan juga podcast, Anda bisa membuat konten pemasaran Anda jadi lebih mendalam.

Anda bisa juga berusaha untuk menjawab beberapa pertanyaan yang kerap disodorkan oleh sasaran audiens melalui content yang Anda bikin. Pada dasarnya, yang penting Anda kerjakan yaitu memastikan jika content yang Anda punyai dan berikan pada kanal pemasaran Anda telah meliputi tiap sales funnel dari usaha Anda.

3. Menyuguhkan content interaktif

Content interaktif seperti quesioner, poling, kontes, atau puzzle sekarang ini makin terkenal diaplikasikan karena efektifitasnya dalam mengundang perhatian audiens secara instant.

Selainnya tawarkan nilai lebih buat sasaran audiens, content interaktif bisa juga Anda pakai sebagai alat uji coba untuk ketahui hal apa yang banyak disukai oleh sasaran audiens Anda.

4. Konsentrasi untuk membuat network dan komune

Kemungkinan untuk usaha jumlah besar keluarkan bujet untuk jalankan media sosial pemasaran untuk memperoleh semakin banyak reach bukan sebuah permasalahan.

Tetapi tidak begitu pada usaha rasio kecil yang kemungkinan susah bersaing secara organik dengan account merek atau usaha besar di sosial media, hingga sering diperlukan pendistribusian ongkos iklan.
Jalan keluar dari rintangan digital pemasaran di atas dengan manfaatkan feature yang ditawari oleh basis sosial media untuk membuat komune merek Anda sendiri. Contoh aplikasinya misalkan dengan membuat komune belajar digital pemasaran di Facebook grup, atau LinkedIn grup.

Dengan membuat group, merek bisa berbicara langsung dengan anggota mereka atau memakainya untuk jawab pertanyaan atau anjuran dari customer mereka. Taktik digital pemasaran ini cukup efisien dalam membuat kesetiaan customer karena akan memberi kesan-kesan eksklusifitas pada sasaran audiens Anda.

5. Jualan di sosial media

Social commerce sebagai salah satunya trend digital pemasaran yang diprediksikan akan berpotensi besar yang akan datang. Ini disokong dengan makin bertambahnya sosial media yang mengeluarkan feature belanja di basis mereka, terhitung Facebook dan Instagram Shops yang barusan dikeluarkan tahun kemarin.

Jualan di sosial media akan memberikan keuntungan karena akan menyingkat konsumen journey dari usaha Anda. Dengan demikian, kekuatan customer untuk beli produk akan bertambah.

6. Membuat merek partnerships

Setahun akhir-akhir ini, banyak merek yang memetik keberhasilan dengan jalankan campaign kerjasama dengan merek lain. Kemungkinan Anda pun masih ingat salah satunya kerjasama merek yang sukses trending di tengah tahun 2021 yakni di antara McDonald's dan BTS. Selain itu ada banyak kerjasama merek yang lain yang termasuk sangatlah sukses seperti McDonald's dan Travis Scott, Adidas dan Allbirds, Adidas dan Lego.

Kerja sama merek yang unik seperti sejumlah contoh di atas benar-benar efisien dalam mengundang perhatian media dan memunculkan social buzz dengan lingkup audiens yang luas.
Kerja sama atau kerjasama juga sebenarnya tak perlu dilaksanakan dengan beberapa nama atau merek besar. Anda bisa juga merajut kerjasama yang efisien dengan merek yang memilki beberapa produk komplementer lewat produk dari merek Anda.

Kerjasama ini bisa juga Anda aplikasikan pada taktik digital pemasaran Anda. Misalkan dengan membuat co-branded e-mail yang manfaatkan audiens daftar dari merek lain untuk tawarkan produk Anda melalui e-mail.

7. Manfaatkan tehnologi augmented reality

Timbulnya wabah sudah memicu beberapa marketers untuk pikirkan langkah yang unik dan inovatif agar bisa masih tetap tersambung dengan customer mereka yang mayoritas waktunya diluangkan di dalam rumah.

Augmented reality pemasaran, menjadi satu diantara jalan keluar yang bisa menolong sasaran pasar agar bisa coba produk tak perlu tiba ke toko fisik langsung.

Dengan tehnologi augmented reality, calon customer bisa coba perhiasan atau aksesori di pergelangan tangan mereka, atau coba menempatkan sofa baru di ruangan tamu mereka cuman melalui handphone.

Konklusi

Pasti mengimplementasi semua taktik di atas secara bertepatan ialah nyaris tidak mungkin. Atas argumen efektivitas, Anda perlu pilih beberapa taktik digital pemasaran yang sudah kami referensikan di atas dan berusaha untuk menjalankannya.

Taktik digital pemasaran yang penting diputuskan akan seutuhnya tergantung pada sasaran audiens, goal usaha, dan industri dari usaha Anda.

Sebagai alternative, Anda dapat memakai jasa digital pemasaran agen untuk menolong proses rencana dan pengimplementasian taktik digital pemasaran yang pas dan paling efisien untuk usaha Anda.
Meson ialah digital pemasaran agen Jakarta yang sudah banyak memiliki pengalaman dalam tangani taktik digital pemasaran dari usaha di beberapa industri.

Bila Anda mempunyai pertanyaan tentang sekitar taktik digital pemasaran dan aplikasinya, Anda dapat mengontak kami.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain