Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Erosi

br/>
Erosi merupakan peristiwa pengikisan lapisan tanah atas oleh berbagai tenaga seperti air, angin atau es. Erosi bisa diakibatkan oleh alam ataupun ulah manusia. Erosi secara alami biasanya sering terjadi di daerah yang memiliki kepadatan tanah yang kurang dan curah hujan yang tinggi. Berikut adalah jenis erosi berdasarkan tenaga pengangkutnya:

1. Erosi Air
Erosi air diakibatkan oleh oleh aliran air di atas permukaan tanah. Erosi ini sering terjadi disaat curah hujan tinggi dan permukaan tanah tidak kuat lagi menampung curahan air hujan yang masuk ke pori tanah sehingga mengikis lapisan tanah tersebut. Erosi ini cepat terjadi di daerah yang gundul atau minim vegetasi penutup.

Erosi Air

2. Erosi Angin
Erosi angin biasanya terjadi didaerah kering. Angin kencang mengakibatkan partikel-partikel halus batuan atau pasir terangkat dan membentuk suatu formasi tertentu. Contoh di Indonesia adalah Gumuk pasir di Parang Tritis.

Erosi Angin

3. Erosi Es
Erosi ini terjadi diakibatkan oleh lapisan es yang menggerus lapisan batuan atau tanah disekitarnya. Erosi ini sering terjadi di daerah pinggiran sungai di negara - negara subtropis.

Erosi Es
4. Erosi Gaya Berat (Gravitasi)
Erosi ini sering disebut juga masswasting. Masswasting adalah pemindahan massa batuan akibat dari gaya gravitasi. Gerakan ini terjadi di daerah yang memiliki tingkat kemiringan yang curam.

Masswasting

Gambar:
http://www.geo-images.com/erosion.jpg
http://images.fineartamerica.com/images-medium-large/a-rock-formation-shaped-by-wind-erosion-melissa-farlow.jpg
http://farm1.staticflickr.com/219/500742674_b8b029fff6_z.jpg?zz=1
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTqjs2AD81PAK0CngQs3haQ-gPg23f68VmWfWAWzIK0CCWDzM4jVbdZCQaPy3atfFklLDpN-vzCb3QAKyiT3-4wP1biOinu2PlvngngBbjpo3ApiUlD8ggZ8w2ybRugpb4VbatW7narsA/s400/mudslide.184.1.650.jpg

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan,

Posting Komentar untuk "Jenis Erosi"