13 Macam-Macam Peraturan dan Pelanggaran dalam Permainan Basket

Peraturan dan pelanggaran dalam permainan basket merupakan aturan-aturan yang dilaksanakan untuk memastikan permainan berjalan dengan lancar. Tahukah anda bahwa bola basket adalah salah satu permainan yang cukup populer di Indonesia? Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggandrungi permainan ini. Walau merupakan sebuah permainan, seperti jenis olahraga lainnya permainan basket banyak mendatangkan manfaaat kesehatan. Informasi mengenai manfaat dari bermain basket dapat kita ketahui dari bagaimana teknik dasar bolabasket itu sendiri.


Peraturan dan pelanggaran dalam permainan basket ini dirumuskan dan ditetapkan oleh FIBA melalui suatu rapat dan keputusan bersama. Informasi awal sebelum masuk ke peraturan dari FIBA lebih baik kita mengetahui dahulu ukuran lapangan basket yang standar digunakan dalam pertandingan. Lapangan yang digunakan sesuai ketentuan FIBA haruslah memiliki panjang lapangan 26 meter, lebar 14 meter dan ukuran garis lapangan posisi di titik tengah yang berfungsi sebagai pembatas terdapat sebagai dua sisi lingkaran, dengan diameter 1,8 meter. Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai macam macam peraturan dan pelanggaran dalam permainan basket ini? Jika iya, simak terus penjelasannya pada bagian di bawah ini.


Peraturan dalam Permainan Bola Basket


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, sebuah permainan dapat berjalan dengan lancar hanya jika ada aturan baku yang dipegang teguh dan dijadikan dasar permainan. Begitu pula dalam permainan basket setidaknya ada beberapa peraturan dalam permainan bola basket tersebut. Apa saja peraturan tersebut? Simak penjelasannya pada bagian berikut.



  1. Peraturan Mengenai pada Olahraga Bola Basket Terdapat Garis Serang


Pertandingan bola basket seperti sebelumnya diinformasikan dilakukan pada suatu lapangan dengan ukuran tertentu. Selain lapangan tersebut, terdapat juga jarak garis serang yang diatur untuk lawan sebesar 6 meter serta jarak antara ring terhadap garis tembakan hukuman sebesar 3,6 meter. Informasi ini penting untuk anda yang ingin menggunakan lapangan baru yang bukanlah lapangan basket.



  1. Peraturan Mengenai pada Olahraga Bola Basket Terdapat Ukuran Bola


Selain itu, penting juga untuk mengetahui mengenai peraturan ukuran bola yang berlaku dalam permainan. Jika ukuran bola tidak sesuai, maka akan terjadi ketidaksesuaian saat akan melakukan tembakan ke ring. Bisa saja bola menjadi lebih mudah masuk ataupun menjadi loebih sulit masuk ke ring. Jadi pastikanlah ukuran bola anda adalah bola yang memiliki keliling sebesar 75 sampai 78.



  1. Peraturan Mengenai pada Olahraga Bola Basket Terdapat Wasit


Di sisi lain permainan bola basket ini harus dipimpin oleh dua orang wasit. Peranan kedua wasit tersebut antara lain adalah wasit yang pertama sebagai wasit di tengah dan bertugas untuk menjaga jalannya pertandingan serta mengambil keputusan dalam sebuah pertandingan selama 40 menit. Wasit kedua kemudian disebut sebagai wasit umpire yang berperan sebagai asisten wasit utama yang dititik tengah, tugas dari wasit umpire adalah sebagai pengambilan keputusan jika terjadi sebuah pelanggaran dalam jarak dekatnya.



  1. Peraturan Mengenai pada Olahraga Bola Basket Terdapat Seragam


Hal dalam pertandingan bola basket selanjutnya yang anda harus tahu adalah mengenai adanya peraturan seragam yang standar digunakan dalam permainan bola basket ini. Biasanya pada peraturan seragam ini digunakan dalam dua situasi pertandingan atau disebut juga sebagai dua lawatan dalam bertanding. Pertama seragam jika bertanding di kandang kemudian satu lagi seragam jika akan bertandang ke tandang. Selain peraturan diatas, maka ada juga peraturan sebuah kostum. Peraturan sebuah kostum untuk nomor depan akan memiliki tinggi sekitar 10 cm dan lebar 2 cm, serta seragamnya pun berwarna dominan belakang dan depan.



  1. Peraturan Mengenai pada Olahraga Bola Basket Terdapat Aksesoris Tambahan


Selanjutnya, ketahuilah bahwa ada juga sebuah peraturan mengenai tambahan aksesoris yang digunakan oleh pemain seperti misalnya aksesoris dekker, aksesoris ini berfungsi sebagai pelindung area tubuh, aksesoris heandband dengan ukuran lebar maksimal 5 cm, serta aturan bahwa pemain dilarang memakai anting, kalung, cincin dan bentuk perhiasan lainnya. Dengan demikian, pertandingan dapat berjalan dengan lancar tanpa resiko kecelakaan akibat aksesoris tambahan yang dikenakan oleh pemain lainnya.



  1. Peraturan Mengenai pada Olahraga Bola Basket Terdapat Waktu Kedatangan


Peraturan sebelum memulai pertandingan yang paling populer adalah dalam bertanding sebaiknya disarankan agar tim hadir sebelum 30 menit pertandingan segera dimulai. Alasannya adalah karena bisa disebabkan mepet dalam acara pembukaan pertandingan sehingga akan membuat sebuah tim akan terasa takut ingin drop out. Maka harus diperlukan kehati-hatian dalam sebelum bertanding. Tentulah sebuah pertandingan bola basket yang termasuk dalam bentuk bentuk latihan kecepatan perlu mengajarkan disiplin waktu kepada para pemainnya.


Setelah mengetahui macam macam peraturan dalam permainan basket, maka pertandingan pun tidak dapat berlangsung aman tanpa adanya informasi mengenai tindakan pelanggaran selama pertandingan. Mengetahui macam macam pelanggaran ini membuat pemain dapat lebih berhati hati dan tidak mendatangkan bahaya untuk pemain lainnya. Jadi ketahui macam macam pelanggaran tersebut di bagian berikut ini.









Pelanggaran dan Permainan Bola Basket


Maka dari itu ada juga dalam sebuah permainan bola basket ada juga pelanggaran dalam permainan yang harus diketahui guna untuk dibaca secara benar-benar. Maka ada beberapa macam macam pelanggaran dalam bola basket diantaranya sebagai berikut:



  1. Pelanggaran dalam Olahraga Basket yang Dilakukan Tim


Pertama, pada pelanggaran tim ini harus memerlukan kehati-hatian dalam memasukan bola. Pasalnya jika sebuah tim melakukan pelanggaran, maka lawan dapat memperoleh poin 5 angka melalui tembakan yang akan diberikan kesempatan oleh wasit selama free throw kepada tim lawan. Maka peraturan ini adanya pertukaran dalam mencetak sebuah poin secara bergilir jika mengenai pelanggaran dalam sebuah tim.



  1. Pelanggaran dalam Olahraga Basket yang Dilakukan Perorangan


Kedua, saat pelanggaran sebuah perorangan dalam permainan bola basket jika ada pelanggaran yang mengenai secara keras atau melakukan pelanggaran keras terhadap anggota tim lawan, maka wasit akan memberikan sebuah peringatan berupa nasihat. Namun jika dalam satu pertandingan telah lebih dari 4 kali, wasit dapat langsung mengenai pemain dengan foul out Sehingga lawan akan memiliki kesempatan dalam memasukan bola ke ring lawannya oleh satu orang pilihan.



  1. Pelanggaran dalam Olahraga Basket yang Dilakukan secara Teknik


Ketiga, pada pelanggaran teknik ini seorang dalam tim  melanggar akibat sebuah kontak fisik terhadap lawan. Sehingga wasit akan menegurnya atau menasihatinya secara teguran pertama, selanjutnya jika si pelanggar tetap melakukan pelanggaran hingga dua kali, maka si wasit akan memberikan kartu terhadap si pelanggar demikian wasit akan memberikan bentuk keadilan secara benar pada lawannya.



  1. Pelanggaran dalam Olahraga Basket yang Dilakukan Travelling


Keempat, jika saat anda melakukan olahraga basket maka sebaiknya anda tidak melakukan pelanggaran jenis travelling. Pelanggaran ini adalah jenis pelanggaran yang dikarenakan oleh pemain yang tidak mendrible bola sebanyak tiga kali saat berlari. Hal ini akan memberikan sebuah pelanggaran dalam permainan bola basket ini, sehingga wasit akan bertindak secara benar dan adil dengan memberikan keuntungan pada tim yang dirugikan.



  1. Pelanggaran dalam Olahraga Basket yang Dilakukan Offensive Foul


Kelima, bila anda melakukan olahraga basket secara baik maka harus dihindarkan pelanggaran offensive foul. Pelanggaran jenis ini dilakukan oleh seorang pemain yang melanggar pemain lawan pada kondisi posisi tangan hands up yang salah saat sedang melakukan perebutan bola. Wasit perlu memberikan peringatan, pelanggaran berupa hukuman, agar pemain tidak melakukannya lagi selanjutnya.



  1. Pelanggaran dalam Olahraga Basket yang Dilakukan Foul


Keenam, bagi setiap pemain basket wajib untuk tidak melakukan pelanggaran berat seperti misalnya pada pelanggaran foul. Pelanggaran ini biasanya dilakukan oleh seorang pemain yang melanggar pemain lawan dengan melakukan bentuk posisi defense secara salah. Jadi kemudian wasit yang bertugas akan memberikan peringatan kepada pemain secara menegurnya dan menasehati.



  1. Pelanggaran dalam Olahraga Basket yang Dilakukan Foul Out


Dan terakhir ketujuh, kali ini pemain harus menghindari pelanggaran foul out karena akan membuat seorang pemain akan mengenakan kartu merah sehingga akan dikeluarkan wasit dari lapangan. Jika seseorang sudah mendapatkan kartu merah, artinya telah terjadi pelanggaran ini biasanya dilakukan secara 6 kali foul berat, 5 kali foul biasa, serta 2 kali pelanggaran teknikal. Oleh sebab itu, perlu diketahui oleh para pemain untuk lebih berhati-hati dalam melakukan gerakan selama sedang bermain untuk memastikan kemenangan tim.


Demikianlah tadi kumpulan bermacam macam peraturan dan pelanggaran dalam permainan basket. Semoga setelah mengetahui informasi ini, semakin banyak masyarakat yang memainkan bola basket  yang adalah salah satu dari macam macam cabang olahraga di Indonesia dengan lebih professional. Selain itu, peluang keributan dalam suatu permainan pun dapat terminimalisir dengan baik. Jadi mulai dari sekarang selalu biasakan untuk memiliki informasi yang lengkap terlebih dahulu sebelum memulai suatu pertandingan olahraga. Melakukan pertandingan olahraga yang tepat sesuai aturan yang berlaku pastinya lebih mudah dan bermanfaat untuk anda coba lakukan.



Sumber https://indoint.com/