Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Ilmu Tanah

br/>
Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal terkait tanah dan perkembangannya. Ilmu tanah dinamakan pedologi. Ada beberapa istilah umum dalam kamus pedologi diantaranya:

Absorpsi, aktif:   
Pergerakan ion-ion dan air ke dalam akar tanaman sebagai   bagian hasil proses-proses metabolisme oleh akar, dan seringkali melawan gradien aktifitas.
Absorpsi, pasif:  
Pergerakan ion-ion dan air ke dalam akar tanaman sebagai hasil difusi sepanjang gradien aktifitas.
Absorptansi:  
Rasio flux radian yang diserap oleh tubuh pada saat kejadian. Sering juga disebut faktor absorpsi.
Penampang tanah
Adsorpsi:  
Suatu proses dimana atom-atom, molekul-molekul, atau ion-ion dijerap oleh permukaan benda padat melalui ikatan fisika atau kimia, yaitu penjerapan kation oleh mineral-mineral bermuatan negatif.
Adsorpsi isothermik: 
Suatu grafik jumlah dari suatu unsur kimia yang terikat pada kompleks penjerapan, pada suatu suhu tertentu, dan merupakan fungsi
konsentrasi unsur dalam larutan yang berada dalam keadaan kesetimbangan dalam kompleks tersebut.
Aerasi:  
Suatu keadaan yang memungkinkan terjadinya pertukaran gas-gas dalam tanah dengan gas-gas di atmosfer.
Aerasi tanah: 
Suatu proses dimana udara di dalam tanah digantikan oleh udara dari atmosfer. Dalam tanah yang teraerasi dengan baik, udara tanah
mempunyai komposisi yang sama dengan atmosfer di atasnya. Tanahtanah
beraerasi buruk biasanya mengandung persentase CO2 yang lebih banyak dan tentunya persentase O2 yang lebih sedikit daripada atmosfer di atasnya. Tingkat aerasi sebagian besar bergantung-kepada volume dan kontinuitas pori-pori terisi udara di dalam tanah.
Aerobik (i):  
Mempunyai molekul oksigen sebagai bagian dari lingkungan. (ii)
Hanya dapat tumbuh dengan keberadaan molekul oksigen, sebagai organisme aerobik. (iii) Terjadi hanya dalam keberadaan molekul oksigen (dari proses kimia atau biokimia tertentu seperti dekomposisi aerobik).
Agregasi: 
Proses-proses dimana partikel tanah utama (pasir, debu, liat) terikat bersama-sama oleh gaya alami dan bahan-bahan yang dihasilkan oleh eksudat akar dan aktifitas mikrobia.
Agregat: 
Suatu unit struktur tanah yang terbentuk oleh proses alami yang berlawanan dengan proses buatan, dan biasanya berdiameter <10 mm.
Agregat yang stabil
dengan air:
Suatu agregat yang stabil dengan gaya-gaya yang diakibatkan oleh air seperti titik hujan, atau agitasi dalam analisa saringan basah.
Agroforestri: 
Suatu jenis penggunaan lahan yang melibatkan hubungan saling
menguntungkan antara pohon dan tanaman pertanian dan menghasilkan beberapa kombinasi pangan, kayu bakar, mulsa, atau penggunaan lainnya.
Agrohidrologi: 
Ilmu yang mempelajari distribusi dan pergerakan air dan larutan tanah ke dan dari zone perakaran di lahan pertanian, dan dengan distribusi dan pergerakan air irigasi dan air permukaan dalam sistem perpindahan tersebut pada lahan pertanian.

Sumber: BADAN LITBANG PERTANIAN- DEPARTEMEN PERTANIAN

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan,

Posting Komentar untuk "Istilah Ilmu Tanah"