Kenapa sih,,malah jadi beli Mio J?

br/>
Meskipun saya bukan ahli menulis, tapi ya Cuma sekedar sharing sedikit aja tentang pengalaman memiliki skuter Yamaha Mio J. Setahun sudah saya berkelana di Pulau Kalimantan ini, sudah hampir setahun juga saya ditemani oleh sahabat saya si skuter Yamaha Mio J. Berbagai daerah di Kalsel ini sudah dijelajahi bersama Yamaha Mio J. Sebelumnya saya tidak terpikir untuk membeli motor matik karena dari dulu sudah terbiasa motor kopling, akan tetapi karena saya bawa isteri ni, so jadi saya nurutin kemauan istri aja yang pengen motor matik...ngidam kali ya...hhhha. Tadinya sempet pikir mau ngambil Yamaha Mio Soul aja, tapi kaga jadi deh karena diancam sama isteri,,hhhhaa, maklum “suami takut isteri”. Lanjut lagi tentang skuter tunggangan saya sehari-hari ini, dari mulai pertama kali bawa ini skuter ke rumah, belum pernah sekalipun mengalami gangguan.  Mesin oke, starter masih oke.

My Mio J
Ni skuter memang tampilannya keren abis bro,,ga terlalu banyak lekukan tajam dan aerodinamis. Dasboard depan pun dibikin lebar ,,so kaki terasa tidak pegal ketika sedang dikendarai,,selain itu nih yang paling penting,,saya bisa naruh belanjaan yang lumayan banyak d depan, klo lg disuruh istri tu juga ke pasar..hhaa. Nih,  saya kasih bukti klo dasboard Yamaha Mio J itu luas,,pertama bawa galon,,next bawa belanjaan dari pasar. Gambarnya bisa lihat dibawah ni
Bawa Belanjaan

Bawa Galon

Dari segi lari,,Yamaha Mio J saya sudah ga diragukan lagi. Dibekali sistem injeksi terbaru Yamaha,, setelah saya tes ni di jalanan belantara kalimantan,,kecepatan tertinggi yg pernah saya tes ,,100 km/jm tembus bro, mantap...udah kaya Lorenzo aja klo lagi balap. Udah nyampe 100 km/jam saya ga mau nambahin lg ,,takut bro,,ntar body saya terbang lagi,,maklum saya kan krempeng bos...haaaa,,ga kaya agung hercules.  Ketika kecepatan 70 km/jam pun ni skutik masih stabil bos, enak pokonya. 

Tes Drive

Dari segi teknologi,,Yamaha Mio J sudah dipasang teknologi YMJET FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Dengan teknologi tersebut konsumsi bensin menjadi lebih efisien namun tenaga tetap joss.  Jadi kesimpulannya skutik Yamaha yang satu ini irit banget, 30 % lebih irit dari sebelumnya jadi yang hobi turing ke daerah-daerah seperti tidak perlu khawatir soal bensin, dijamin ga bakal nguras dompet. Karena masih penasaran, saya lalu searching di mbah Google tentang teknologi Yamaha Mio J ini, dan ternyata ada beberapa komponen baru yang dipasang pada skuter ini yang menjadikan Yamaha Mio J sebagai skuter canggih.
  • Fuel Pump yang lebih kecil, dan kapasitas tangki BBM lebih besar
  • Fuel Injector 4 lubang.
  • MAQS (Modulated Air Quantity Sensor). Fungsinya menganalisa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Didalamnya terdiri dari TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor).
  • O2 Sensor, berfungsi menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu ideal. 
  • ISC, Idling Speed Control berfungsi menjaga langsam selalu dalam kondisi ideal.
  • Crank Angle Sensor, memberikan input timing pengapian berdasarkan posisi kruk as.
  • Engine Temperatur Sensor, memberikan suplai bahan bakar yang sesuai dengan kondisi mesin.
  • ECU, Electronic control unit yang menjadi otak sistem injeksi dan pengapian pada Mio J sudah lebih cerdas.
  • Lean Angle Sensor, berfungsi untuk mematikan mesin saat motor terjatuh atau terlalu miring
  • Diasil Cylinder dan Forged Piston, yang menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet dan tahan lama.
  • Low Friction Engine Technology, artinya struktur mesin Mio J memiliki daya gesek yang rendah sehingga efek panas pada mesin menjadi lebih rendah dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit karena suhu mesin terkontrol dengan baik.


Nah, bagaimana Yamahalovers keren kan teknologi Mio J ini. Memang ga salah bahwa Yamaha Semakin di Depan dan TakTertandingi untuk hal inovasi teknologi motor. Makanya buruan beli Yamaha biar kamu menjadi semakin keren, cepat dan canggih. Sebelumnya, saya mau berikan cuplikan foto saya bersama skuter Mio J ketika berada di salah satu jembatan terindah di Indonesia, Jembatan Barito. Beautiful Indonesia with Yamaha


Narsis di Jembatan Barito

Tahun ini Yamaha juga mengeluarkan varian terbaru dari matik yaitu New Xeon RC. Skuter ini ga kalah juga sama Mio J. Tampilan motornya lebih kekar dan macho, cocok buat laki-laki atau ABG yang jaman sekarang. New Xeon RC ini juga dipasangi mesin canggih bertenaga 125 cc, jadi soal lari dijamin kuenceng. 

Berikut saya tampilkan cuplikan kelincahan Xeon RC bersama Lorenzo mengarungi Indahnya bumi indonesia.