Pedoman Penelitian Kualitatif


Penelitian merupakan suatu hal yang menarik dan pastinya prosedur pelaksanaannya harus dibarengi dengan penguasaan metode penelitian. Penerapan sebuah metode penelitian sangatlah tergantung dati research questions
yang telah ditentukan. Dengan kata lain tak semua tak semu hal yang akan diteliti dapat terungkap dengan menerapkan metode penelitian kuantitatif. Sebaliknya untuk mengungkap suatu fenomena sosial tertentu mutlak harus menggunakan metode penelitian kualitatif. Lalu penelitian kualitatif itu digunakan untuk meneliti apa saja sih?. Berkaitan dengan itu ada beberapa pedoman yang dapat digunakan untuk menentukan apakan pendekatan kualitatif memang sesuai untuk diterapkan dalam penelitian sebagai berikut:
1. Penelitian kualitatif sangat sesuai untuk diterapkan bila penelitian itu bertujuan untuk memahami makna yang mendasari tingkah laku manusia. Sebaliknya pendekatan kualitatif kurang sesuai untuk diterapkan apabila penelitian itu bertujuan untuk mengetahui tingkah laku yang dapat diamati.
2. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan bila penelitian itu sering mendeskripsikan latar dan interaksi yang kompleks dari partisipan. Di lain pihak pendekatan kualitatif kurang sesuai diterapkan bila penelitian itu dimaksudkan untuk mencari variabel yang terpenting pengaruhnya.
3. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penleitian yang dimaksudkan untuk melakukan eksplorasi atau untuk mengidentifikasi informasi baru. Sedangkan pendekatan kualitatid kurang sesuai diterapkan pada penelitian yang dimaksudkan untuk meringkas apa yang telah diketahui.
4. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian yang bermaksud untuk memahami keadaan yang terbatas jumlahnya dengan fokus yang mendalam dan rinci. Sebaliknya pendekatan kualitatif kurang sesuai diterapkan pada penelitian yang bermaksud untuk memahami banyak keadaan dengan fokus yang luas.
5. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian yang ingin mendeskripsikan gejala untuk melahirkan suatu teori atau hipotesa. 
6. Penedeaktna kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian yang mempersoalkan variabel-variabel menurut pandangan dan definisi partisipan. Sebaliknya, pendekatan ini kurang sesuai diterapkan untuk penelitian yang mencari jawaban mengenai variabel-variabel menurut pandangan dan definisi peneliti.

Kesimpulannya penelitian kualitatif lebih mementingkan ketepatan dan kecukupan data. Penekanannya adalah pada validitas data yaitu kesesuaian antara apa yang dicatat sebagai data dan apa yang sebenarnya terjadi pada latar yang diteliti. Artinya metodologi penelitian bertugas untuk melayani dan membimbing peneliti dalam penelitian. Jadi sebelum meneliti maka pahamilah dengan benar metodologi penelitiannya agar nantinya arah penelitian dan analisis datanya jelas dan tidak salah jalan.



Sumber dan Gambar:
Baging Suyanto. Metode Penelitian Sosial.
disini
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar