Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dasar Menangkap Bola Lambung Permainan Softball


Belajar menangkap bola lambung atau bola terbang adalah salah satu ketrampilan yang sulit dilakukan oleh pemain pemula softball. Hal ini terutama karena mereka belum memiliki koordinasi gerak tangan yang baik dan mungkin masih ada rasa takut jika bola jatuh mengenai kepala. Namun menangkap bola lambung adalah suatu keharusan dalam permainan softball. Sebenarnya menangkap bola lambung lebih banyak dilakukan oleh pemain penjaga lapangan luar (outfielders). Namun setiap pemain perlu belajar untuk menangkap bola lambung.

Untuk latihan menangkap bola lambung, pertama-tama cobalah latihan untuk menangkap bola lambung yang tidak terlalu tinggi. Tujuannya adalah untuk melatih ketrampilan tangan pemain, dan yang kedua adalah untuk melatih mental pemain.

Teknik dasar menangkap bola lambung permainan softball adalah sebagai berikut:
  1. Pakailah sarung tangan/Glove yang dipakai untuk menangkap bola
  2. Posisikan badan anda menghada pelempar/pemukul bola. Pandangan dan konsentrasi kea rah bola
  3. Untuk menangkap bola lambung, posisi pemain harus tepat pada jatuhnya bola.
  4. Agar tangkapan dapat dilakukan dengan baik. kedua tangan diluruskan ke atas, kea rah datangnya bola namun tidak menutupi pandangan terhadap bola.
  5. Bola ditangkap setinggi raihan bola pastikan bahwa masuk dalam glove.
  6. Tutuplah bola dengan tangan yang lain disertai tarikan kedua tangan ke arah badan agar bola tidak terlepas,
  7. Setelah Bola Berhasil tertangkap, segera tangan yang lain mengambil bola untuk siap dilempar pada sasaran berikutnya.
Ketika menangkap bola di bawah sinar matahari, cobalah untuk menyesuaikan sudut pandangan agar pandangan tidak menatap matahari. Anda juga dapat gunakan sarung tangan untuk melindungi mata dari matahari sementara pandangan tetap mengarah ke datangnya bola.

Untuk memulai belajar menangkap bola lambung dapat dilakukan dengan menggunakan bola sangat lembut dan ringan untuk membantu menghilangkan ketakutan mereka pada bola. Misalnya, gunakan voli untuk mengajar penangkapan dengan dua tangan dengan telapak tangan menghadap jauh dari tubuh dan jari ke atas.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Menangkap Bola Lambung Permainan Softball"