Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus IPS Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara utuh Silabus IPS Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus IPS Kelas VII SMP

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara utuh, tidak hanya aspek pengetahuannya tetapi juga sikap dan keterampilannya. Diharapkan tidak hanya memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas melalui berbagai proses saintifik dalam pembelajarannya tetapi juga memiliki sikap spriritual dan sosial yang baik. Disamping itu, mereka mampu menyajikan atau mengkomunikasikan berbagai gagasan yang diperoleh selama dalam kegiatan pembelajaran.

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu matapelajaran dalam kurikulum 2013 juga berorientasi pada kompetensi yang utuh tersebut.
Pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi,ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pelajaran tersebut dipadukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Dalam pembahasannya, peserta didik dikenalkan dengan konsep ruang yang diwujudkan dalam materi tentang letak Indonesia, potensi sumberdaya alam, kemaritiman, kependudukan, kondisi alam, flora dan fauna Indonesia. Kondisi dan potensi yang berbeda antar ruang kemudian mengakibatkan adanya interaksi antar ruang di Indonesia. Interaksi antar ruang kemudian mempengaruhi kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Pengenalan dan pemahaman terhadap ruang dalam bentuk kondisi dan potensi sumberdaya Indonesia diharapkan mampu memperkuat rasa percaya diri, kecintaan dan kebanggaan siswa atas keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga tumbuh kesadaran untuk mengelola, memanfaatkan dan melestarikan modal-modal tersebut secara bertanggung jawab demi kemakmuran dan kemajuan bersama.

Silabus Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun untuk mendukung implementasi kurikulum 2013 yang mengedepankan aktivitas belajar peserta didik.
Karena Silabus Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini pada kolom kegiatan pembelajarannya dilengkapi dengan aktivitas individu dan kelompok sebagai panduan bagi guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Guru dapat memodifikasi dan mengembangkan aktivitas tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lokal daerahnya masing-masing.

Untuk membantu sahabat guru khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berikut ini saya Bagikan Silabus Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017.


Sumber http://silabusk13.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Silabus IPS Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"