Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengobati Telapak Kaki Pecah-Pecah

;
Masalah Kaki Pecah-Pecah

Telapak atau tumit kaki pecah-pecah dapat menjadi masalah bagi seseorang. Kelihatannya sepele namun dapat mengganggu aktivitas keseharian. Telapak kaki yang pecah-pecah dapat menyebabkan seseorang tidak dapat bergerak leluasa pada tempat yang kasar, juga dapat sering merasa nyeri pada bagian telapak kaki yang pecah-pecah.

Ada beberapa penyebab mengapa telapak kaki pecah-pecah. Diantaranya adalah Sering berada di tempat yang lembab, terkena bahan kimia seperti deterjen, berjalan di atas tanah yang panas tanpa alas kaki, dan udara kering misalnya pada saat kemarau panjang. Untuk itu sebaiknya lakukan perawatan agar telapak kaki selalu sehat, tidak pecah-pecah meski saat udara kering pada musim kemarau. Anda dapat menggunakan cream pelembab yang mengandung vitamin E, oleskan di telapak kaki untuk mencegah telapak kaki agar telapak selalu halus tidak pecah-pecah.

Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami kulit telapak kaki pecah-pecah, anda dapat menggunakan beberapa tips di bawah ini:

1.       Gunakan buah papaya yang masih muda. Caranya adalah belahlah papaya yang masih muda dan  gosokkan papaya yang masih muda ke telapak kaki yang pecah-pecah.
2.       Dengan getah pohon kamboja, Caranya adalah ambillah getah batang kamboja secukupnya dan oleskan pada seluruh bagian telapak kaki yang pecah-pecah. 
3.       Bawang putih. Caranya adalah Parut empat suing bawang putih berukuran besar, tambahkan sedikit air, lalu oleskan pada bagian kulit tumit yang pecah. Lakukan terapi ini pada malam hari menjelang tidur. Begitu bangun pagi, cuci tumit dengan air dingin lalu olesi dengan madu.
4.       Dengan jeruk nipis atau lemon. Belah satu buah jeruk nipis atau jeruk lemon menjadi dua bagian. Gosokkan permukaan bagian dalam jeruk tersebut pada telapak atau tumit kaki yang pecah-pecah.
5.       Mentimun. Blender mentimun lalu oleskan cairannya pada tumir yang pecah-pecah sambil dipijat selama lebih kurang sepuluh menit.
6.       Mengunakan labu. Caranya adalah:
  • Labu siam dipotong-potong menjadi lima bagian atau lebih
  • Lalu oleskan getah labu siam pada telapak kaki
  • Diamkan beberapa menit
  • Kemudian rendam kaki dalam air hangat, sambil digosok dengan batu apung.
  • Keringkan kaki dengan handuk bersih hingga benar-benar kering.
  • Setelah itu, oleskan dengan lotion/pelembab
  • Sebaiknya dilakukan pada saat malam hari menjelang tidur.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Tips Mengobati Telapak Kaki Pecah-Pecah"