Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh




Jika anda pengguna HP Samsung pasti sering mendapati pemberitahuan / notifikasi memori penyimpanan hampir penuh. Atau pada saat menginstal aplikasi ada notifikasi tidak cukup ruang. Hal seperti ini sering admin alami. (catatan: bagi kapasitas memory smartphone rendah)
Jadi bagaimana solusi mengatasi memori HP penuh... ?
Baiklah admin akan memberikan solusi sesuai dengan apa yang admin telah lakukan dan hasilnya cukup memuaskan, sekarang memori hp admin sudah tidak ada lagi notifikasi memori penyimpanan hampir penuh.

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi memori internal HP penuh:

1.Pindahkan ke memori SD atau Eksternal, pastikan pada HP rekan-rekan sudah ada memori SD Card/Eksternal, jika belum ya harus di beli dulu...he...he.. Memori SD/Eksternal ini merupakan salah satu cara untuk memindahkan semua data yang menyebabkan memori HP penuh. 

2.Hapus file dari beberapa aplikasi, maksud aplikasi disini seperti sosmed atau aplikasi pengirim file lainnya tanpa disadari telah memakan memeroi internal HP. Seperti WA, Facebook dan Share It. Jika kawan-kawan memiliki aplikasi tersebut maka perlu diperhatikan aplikasi-aplikasi itu penyita penyimpanan internal yang paling banyak di ponsel android. Coba kita cermati satu-satu aplikasi tersebut. Whatsapp - aplikasi ini adalah aplikasi yang menggunakan memori internal untuk menyimpan semua data yang pernah dikirim dan diterima. Sekarang coba kita telaah baik-baik buka File Saya > Penyimpanan perangkat > Whatsapp > Media bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Pada folder Media terdapat beberapa folder yang penyimpanan datanya berada di memori internal HP, jadi solusinya kita harus memindahkan folder-folder tersebut ke Memori SD/Eksternal.
  1. Jika anda pengguna HP Samsung pasti sering mendapati pemberitahuan  Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh
    Pilih File saya > Penyimpanan Perangkat 

    Pilih Folder WhtsApp

Pilih Folder Media

Isi dari Folder-folder Media

Selanjutnya, aplikasi SHAREit aplikasi ini juga membutuhkan penyimpanan internal HP, sehingga menyebabkan memori HP cepat penuh. Untuk gambarannya dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Buka File Saya > Penyimpanan Perangkat > SHAREit. 


Pilih Penyimpanan Perangkat

Pilih Folder SHAREit
Pada folder tersebut terdapat beberapa folder yang penyimpanannya membutuhkan memori internal juga, jadi kita bisa memindahkan folder tersebut ke Memori Eksternal/SD

3. Hapus Data pada Folder .thumbnails, Untuk menemukan folder ini harus masuk ke Folder File saya > Penyimpanan Perangkat > DCIM > .thumbnails. Pada folder ini terdapat banyak file yang menyebabkan memori hp menjadi penuh. Jadi setelah saya menghapus folder ini notif menjadi hilang alias memori hp kembali kesemula namun ini tidak lah bertahan lama. Tapi sebagai solusi sementara ini bisa juga menjadi jalan keluarnya. 

4. Hapus Cache atau Sampah Aplikasi , Mungkin kawan-kawah telah mendengar istilah cache , kelihatannya cache ini sepele tapi kalau dibiarkan berlama-lama maka itu bisa menjadi biangkerok penuhnya penyimpanan internal HP kawan-kawan. 
Untuk bisa menghapus cache ini caranya sebagai berikut:

  • Cara Manual : Buka Pengaturan > Manajar Aplikasi > pilih salah satu aplikasi yang ingin anda hapus. 
    Pilih Manajer Aplikasi


Pilih Salah Satu Aplikasi yang ingin di Hapus Cachenya
Klik Atur Penyimpanan
Klik Hapus Semua Data


Hasilnya Seperti Ini


  • Cara Otomatis : Bisa menggunakan aplikasi chache dari pihak ketiga. 

5. Hapus Pembaharuan Aplikasi yang tidak dibutuhkan 

6. Hapus Aplikasi Bawaan yang tidak dibutuhkan

Demikianlah Solusi untuk mengatasi memori internal HP Penuh, semoga bermanfaat... Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar ya... 




Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Posting Komentar