Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Hal- hal yang Mesti Diperhatikan Saat Mendaftar di SMK Negeri pada PPDB Tahun 2018/ 2019



Diterima di sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri merupakan impian dari setiap siswa yang berminat masuk SMK.  Selain mutu, fasilitas, dan kompetensi lulusan yang bagus, SMK negeri memberikan peluang yang lumayan besar kepada lulusannya untuk dapat langsung bersaing dalam dunia kerja dan industri. 
 negeri merupakan impian dari setiap siswa yang berminat masuk SMK Inilah Hal- hal yang Mesti Diperhatikan Saat Mendaftar di SMK Negeri pada PPDB Tahun 2018/ 2019

Tetapi, dapat diterima ke SMK Negeri favorit tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang mesti dilalui seperti seleksi administrasi, tes pemeriksaan kesehatan, sampai dengan tes wawancara yang diselenggarakan masing- masing satuan pendidikan. Pun juga sistem PPDB pada tahun ini yang sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut, berikut ini saya rangkum beberapa hal yang mesti diperhatikan saat mau mendaftar di SMK Negeri pada PPDB tahun 2018/ 2019. 

Cari Informasi - Informasi sebagai hal yang utama diperhatikan. Kemudahan sistem PPDB secara online seperti saat ini adalah tersedianya website resmi yang memberikan kemudahan para pendaftar untuk mencari informasi tentang bagaimana proses pendaftaran sampai dengan tahapan terakhir. Perhatikan juga pada jadwal, syarat dan proses tahapan pendaftarannya.  

Kumpulkan Berkas - Pengumpulan berkas tersebut biasanya digunakan untuk keperluan administrasi. Oleh karena itu, pengumpulan berkas persyaratan seharusnya dilakukan sejak sekarang. Persiapkan berkas berkas pendukung baik dokumen yang hanya fotocopy maupun dokumen yang mesti melampirkan dokumen asli. Yang bersifat fotocopy misalnya Ijazah, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga, sedangkan yang beserta dokumen asli yaitu seperti SKTM, Piagam Prestasi, SK anak guru dan Surat Keterangan Sehat. Surat keterangan sehat ini dari dokter pemerintah dengan menerangkan hasil pemeriksaan kesehatan sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih calon peserta didik SMK Negeri. 

Tes Khusus - Satuan pendidikan menerapkan tes khusus dan tes kesehatan dengan standar dari satuan pendidikan masing- masing. Misalnya saja, tes akademik, tes psikologi dan wawancara. Untuk itu, persiapkan saja hal- hal tersebut diatas bilamana saat proses pendaftaran terdapat tes tersebut. Tes khusus ini dilaksanakan di sekolah saat mengumpulkan berkas kelengkapan.

Pilihan Peminatan - Setiap peserta didik dapat memilih maksimal empat pilihan peminatan program studi dalam bidang keahlian yang sama pada satu satuan pendidikan atau lebih. Misalnya saja,
Si Budi memilih bidang keahlian teknologi dan rekayasa, dengan pilihan pertama, program studi teknik otomotif pada SMK A, kemudian memilih teknik mesin pada SMK B untuk program studi kedua, lalu memilih program studi ketiga, yaitu teknik grafika pada SMK C, dan memilih program studi keempat, yaitu teknik perkapalan pada SMK D.
Atau
Si Budi memilih bidang keahlian teknologi dan rekayasa, dengan pilihan pertama, program studi teknik otomotif pada SMK A, kemudian memilih program studi kedua, teknik mesin pada SMK A, memilih program studi ketiga, yaitu teknik grafika pada SMK C, dan memilih program studi keempat, yaitu teknik perkapalan pada SMK C.

Dan demikian beberapa hal yang mesti diperhatikan saat mendaftar ke SMK negeri. Semoga artikel ini bisa membantu adik- adik yang ingin mendaftar ke SMK. Ada pertanyaan atau punya informasi tambahan selain diatas? Silahkan tuliskan melalui kolom komentar dibawah ya...

Semoga sukses.



Salam. 

Sumber http://www.ahzaa.net/

Posting Komentar untuk "Inilah Hal- hal yang Mesti Diperhatikan Saat Mendaftar di SMK Negeri pada PPDB Tahun 2018/ 2019"