Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Mudik



Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Mudik_Bulan Ramadhan tengah berjalan, bulan yang berlangsung selama satu bulan ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Bulan Ramadhan mengharuskan umat Isam untuk melakukan ibadah puasa yang juga meliputi sholat taraweh dan sahur. Sahur memang boleh tidak dilakukan karena beberapa orang merasa kerepotan bila harus terbangun dini hari apalagi bila mereka adalah anak kos.

Hari yang paling ditunggu dari bulan puasa yaitu hadirnya hari kemenangan yang disebut dengan Idul Fitri atau hari lebaran. Sebelum hari lebaran tiba ada beberapa kegiatan yang telah menjadi tradisi sehingga dilakukan setiap tahunnya, yaitu:

1. Takbiran Kelililing
Takbiran adalah suatu aktivitas yang dilakukan tepat malam hari yang mana esok telah menjadi hari lebaran Idul Fitri. Kegiatan ini dilaksanakan dengan membawa aneka atribut dan yang utama dibawa ialah obor berbahan bambu. Di dalam bambu diberi secercah kain yang telah diberi minyak sehingga saat dinyalakan dengan api akan menyala seperti lampu.

Acara takbiran kini telah maju dan berkembang serta memiliki variasi salah satunya dengan  takbiran membawa lampion (sejenis lampu) dengan bentuk yang unik. Para peserta yang ikut saat takbiran meneriakkan takbir secara terus menerus hingga perjalanan berakhir di suatu titik lokasi. Biasanya, anak-anaklah yang paling bersemangat menyambut acara takbiran yang ada.

Kegiatan ini diadakan atau mulai berjalan setelah sholat isya’ selesai dilaksanakan lalu yang ingin ikut akan berkumpul di masjid. Anak-anak didampingi para pembina untuk berbaris rapi dengan obor yang menyala atau lampion di tangan mereka masing-masing. Setelah itu mereka akan berjalan sejauh rute yang telah ditentukan dan akan berakhir di tempat mereka berkumpul.

2. Mudik
Mudik sebenarnya bukan bahasa utuh yang berasal dari Bahasa Indonesia karena sebenarnya kata ini berasal dari Bahasa Jawa yang disingkat. Kepanjangan dari kata mudik yaitu Mulih Disik atau bila diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Pulang Dulu. Kata pulang yang dimaksud disini yaitu pulang ke kampung halaman masing-masing saat waktu mudik tiba.

Mudik dapat Anda lakukan dengan segala macam alat transportasi jalur apa pun baik angkutan umum atau kendaraan pribadi. Namun, hal yang menarik saat mudik adalah selalu habisnya tiket angkutan umum bahkan sebelum puasa tiba. Hal ini selalu terjadi setiap tahunnya karena sebagian besar perantau memesan tiket mudik jauh-jauh hari dari jadwal keberangkatan.

Mereka beralasan melakukan hal itu karena menghindari terjadinya kehabisan tiket dan juga menghindari melambungnya harga tiket mendekati lebaran. Antusias masyarakat tentang agenda mudik lebaran memang tak dapat disangkal lagi karena momen lebaran menjadi salah satu ajang untuk “pulang”. bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi pun tetap waspada.
Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Mudik Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Mudik

Mudik dengan kendaraan pribadi apalagi membawa buah hati yang masih bayi memang sedikit menyulitkan. Maka dari itu, simaklah perlengkapan bayi yang harus dibawa saat mudik di bawah ini:

a. Baju ganti
Anak yang masih bayi memang terkadang menjengkelkan dengan segala tingkah lucunya, salah satunya yaitu bila mereka menumpahkan makanan ke bajunya. Baju yang awalnya bersih dan terhindar dari noda berubah menjadi baju yang kotor karena tumpahan makanan atau minuman. Tak hanya itu saja, bayi juga mudah berkeringat bahkan mereka bisa muntah.

Hal-hal lain sebagainya tentunya dapat terjadi selama Anda melakukan perjalanan mudik, apalagi bila perjalanan memerlukan waktu yang lama. Maka dari itu, Anda sebagai orang tua wajib membawa tas yang berisi baju ganti sang buah hati. Baju anak Anda harus segera diganti bila terjadi sesuatu yang diluar dugaan agar mereka tetap nyaman selama di jalan.

b. Popok
Pada zaman dulu, anak-anak berusia bayi belum mengenal dengan penggunaan popok dan sejenisnya karena masih menggunakan hal yang tradisional. Namun, kini telah muncul popok atau pampers yang digunakan sebagai alat tampung kotoran yang dikeluarkan bayi. Popok sangat bermanfaat bagi bayi agar bayi dapat membuang air kecil dan besar dimana pun.

Fungsinya yang besar diimbangi dengan harga popok yang terjangkau sehingga perjalanan mudik Anda tetap nyaman tanpa terkuras biaya popok. Tak sampai lima ribu rupiah, satu popok telah ada di genggaman Anda untuk menampung segala kotoran sang buah hati. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda yang mudik membawa bayi untuk membeli pampers.

c. Mainan
Seorang anak dengan umur di bawah 10 tahun tentu masih asik dan menyukai aneka mainan khususnya bayi. Mereka belum dapat berbicara dan berjalan sehingga hiburan yang mereka dapatkan hanya melalui mainan yang diberikan. Mereka akan tetap tenang selama perjalanan bila ada sesuatu yang dapat mereka mainkan, maka dari itu bawalah mainan.

d. Baby carseat
Alat ini adalah salah satu alat eksis sejak beberapa tahun yang lalu dengan aneka manfaat yang diberikan khususnya bagi bayi. Manfaat utama darinya yaitu sebagai tenpat duduk bayi yang lembut, nyaman dan ukuran yang sesuai dengan tubuh bayi. Alat ini meringankan beban orang tua karena dengan alat ini mereka tak perlu memangku sang buah hati.

Baby carseat dapat Anda beli di hampir semua toko perlengkapan anak dengan harga yang beraneka ragam. Cara menggunakan alat ini cukup mudah yaitu dengan meletakkan bayi ke baby carseat dengan posisi yang disukai anak. Lalu berikan aneka mainan yang menarik sehingga mereka tetap tenang dan nyaman berada dalam carseat ditemani mainan.

e. Lagu
Usia bayi memang belum mengerti dengan obrolan apa yang orang tua ajukan, namun paling tidak mereka dapat mendengar lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, lagu menjadi salah satu alat yang dapat Anda nyalakan sebagai penenang bayi yang diajak pergi mudik. Setelkan lagu-lagu yang menenangkan agar mereka merasa nyaman lalu tertidur pulas.

f. Bantal
Barang yang satu ini jangan sampai Anda lupakan saat mudik bersama buah hati tercinta yang masih tergolong usia bayi. Pilihlah bantal yang lembut dan teksturnya tidak keras atau empuk sehingga ketika kepala bayi bersandar mereka akan mendapat kenyamanan. Bantal yang dibawa tak perlu berukuran besar, pastikan ukurannya cukup untuk anak Anda.

g. Selimut
Saat mudik tidak dapat mengetahui cuaca apa yang akan terjadi selama perjalanan sehingga selimut wajib dibawa dan wajib ada. Usia bayi adalah usia yang sensitif dengan udara sekitar dan kulit mereka memiliki sensitivitas yang tinggi akan gesekan apa pun. Pakaikan selimut pada anak saat cuaca mulai memasuki suhu yang rendah agar mereka tetap hangat.

h. Bedak, minyak telon dan obat-obatan
Alat-alat lain yang wajib dibawa saat mudik membawa bayi yaitu bedak, minyak telon dan seperangkat lainnya. Barang-barang ini sangat membantu Anda bila anak tiba-tiba tergigit serangga atau hewan lainnya da menangis karena gatal. Selain itu, obat-obatan wajib dibawa pula untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti terserang flu.


Sumber https://www.websitependidikan.com/

Posting Komentar untuk "Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Mudik"