Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Lengkap

Silabus merupakan rancangan materi pembelajaran pada suatu mata pelajaran dengan tema atau judul tertentu yang dijadikan acuan untuk pengembangan materi.

Setiap silabus mengandung dan mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan berdasarkan keadaan dilapangan.

 Silabus merupakan rancangan materi pembelajaran pada suatu mata pelajaran dengan tema ata Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Lengkap

Prinsip Pengembangan Silabus
Silabus dapat dikembangkan disetiap satuan pendidikan berdasarkan keadaan, kebutuhan, keadaan sosial pada masing-masing tempat satuan pendidikan. 

Agar pengembangan silabus tidak keluar jalur dan berada dalam bingkai pendidikan maka harus diperhatikan beberapa prinsip-prinsip pengembangan silabus yang telah ditentukan yaitu :
  • Ilmiah : Pengembangan silabus harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.
  • Relevan - Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.
  • Sistematis - Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsisten - Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber belajar dan sistem penilaian.
  • Memadai - Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  • Aktual dan Kontekstual - Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar, sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir daalm kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  • Fleksibel - Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh - Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

Untuk memudahkan guru admin mencoba berbagi silabus serta model RPP yang dapat dikembangkan dan di modifikasi sesuai dengan kebutuhan di satuan pendidikan.

Download Silabus SMA Revisi 2017 dan RPP

A. MAPEL UTAMA

B. MATA PELAJARAN MATEMATIK DAN IPA 

C. MATA PELAJARAN IPS

D. MATA PELAJARAN BUDAYA DAN ILMU BAHASA

Tambahan : RPP Kurikulum 2013 MAPEL BIOLOGI SMA

SILABUS MAPEL BIOLOGI SMA KURIKULUM 2013


Nach..!! itulah silabus dan RPP kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA lengkap yang dapat di download oleh guru-guru indonesia. Silahkan dikembangkan lagi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.


Download Silabus dan RPP Lengkap berdasarkan Pelajaran Dan Kelas.

Silahkan di download dech silabus dan RPP lengkap berdasarkan mata pejaran dan kelas.

SENI BUDAYA


PPKN

MATEMATIKA

SEJARAH

PENDIDIKAN JASMANI

BAHASA INGGRIS

PRAKARYA

BAHASA INDONESIA

KIMIA

BIOLOGI

FISIKA

GEOGRAFI

SEJARAH

SOSIOLOGI

EKONOMI

ANTROPOLOGI

BAHASA INDONESIA PEMINATAN

BAHASA ASING

RPP SMA
Demikan yang dapat admin share pada kesempatan ini dengan judul artikel  Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Lengkap.

Semoga apa yang admin share dapat di pergunakan dan bermanfaat bagi guru-guru yang telah mendownload file silabus dan Rpp kurikulum 2013 revisi 2017 SMA.

jika ada pertanyaan mohon dapat disampaikan pada kolom komentar yang tersedia. Saran dan kritikan ikut serta di lampirkan agar admin dapat membangun blog ini sebagai media informasi yang baik.

Sumber https://www.cararingkas.com/https://www.contohapps.com/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Lengkap"