Unsur-Unsur Pementasan Drama

Pementasan drama merupakan kesenian yang sangat kompleks. Seni drama bukan saja melibatkan banyak seniman, melainkan juga mengandung banyak unsur.  Unsur-unsur tersebut saling mendukung dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keutuhan pementasan drama

Unsur-Unsur Pementasan Drama
 Unsur-unsur pementasan drama adalah sebagai berikut.

1. Naskah drama
Naskah drama adalah karangan yang berisi cerita atau lakon. Naskah tersebut memuat nama-nama tokoh dalam cerita, dialog yang diucapkan para tokoh, dan keadaan panggung.

2. Pemain atau aktor
Pemain adalah orang yang memperagakan cerita, Berapa pemain yang dibutuhkan, tergantung berapa banyak tokoh yang ada dalam naskah drama yang akan dipentaskan. Setiap tokoh akan diperankan seorang pamain. Seorang pemain dapat berperan dengan baik jika mengetahui watak pelaku yang harus dibawakan, baik secara psikologis, fisiologis, maupun sosiologis.

3. Sutradara
Sutaradara adalah pemimpin dalam pementasan drama. Sebagai pemimpin yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan pementasan drama, ia tentu harus membuat perencanaan dan pelaksanaan. Seorang sutradara yang baik haruslah aktor yang baik. Dengan demikian, ia tidak hanya pandai mengarahkan, tetapi juga piawai malakukannya

Tugas Sutradara antara lain memilih naskah, menentukan pokok-pokok penafsiran naskah, memilih pemain, melatih pemain, bekerja dengan staf, dan mengoordinasikan setiap bagian.

4. Tata rias
Tata rias adalah cara mendandani pemain. Orang yang mengerjakan tata rias disebut penata rias. Penata rias dapat seorang pria, dapat juga seorang wanita.

5. Tata busana
Tata busana adalah pengaturan pakaian pemain, baik bahan, model, maupun cara mengenakannya. Tata busana sebenarnya mempunyai hubungan yang erat dengan tata rias. Oleh karena itu, tugas mengatur pakaian pemain sering dirangkap penata rias. Artinya, penata rias sekaligus juga penata busana.

6. Tata panggung
Panggung adalah pentas atau arena untuk bermain drama. Letak panggung di depan tempat duduk penonoton dan lebih tinggi daripada kursi penonton. Tata panggung adalah keadaan panggung yang dibutuhkan untuk pementasan drama, misalnya panggung harus menggambarkan keadaan ruang tamu. Supaya panggung seperti ruang tamu, tentu panggung diisi dengan peralatan seperti meja, kursi, dan hiasan dinding.

Demikinlah beberapa unsur dalam pementasan drama. Semoga bermanfaat.

Sumber http://basindon.blogspot.com/

Posting Komentar