Skala Waktu Geologi:Perbedaan Kurun, Era, Periode dan Kala

Pernah kan kalian nonton Jurassic Park? Kenapa namanya "Jurrasic" tidak "Trias" atau "Crestaceous" misalkan?. Jurassic adalah salah satu kala waktu dalam skala geologi dimana kala itu merupakan puncak dari populasi dinosaurus di bumi, kalau tidak salah. Bumi ini sudah ada sekitar 4,6 milyar tahun lalu dan para ahli geologi sudah membuat rekam jejak kehidupan di bumi dengan yang namanya skala waktu geologi. 

Membagi Sejarah Bumi ke dalam Interval Waktu

Ahli geologi telah membagi sejarah bumi menjadi serangkaian interval waktu. Interval waktu ini tidak sama panjang seperti jam dalam satu hari. Sebaliknya interval waktu adalah variabel panjang. Hal ini karena waktu geologi dibagi menggunakan peristiwa penting dalam sejarah Bumi. Ada 4 istilah dalam pembagian skala waktu geologi ini yaitu Kurun, Era, Periode dan Kala/Zaman.

Misalnya, batas antara Permian dan Triassic ditandai dengan kepunahan global di mana persentase besar spesies tanaman dan hewan Bumi punah. Contoh lain adalah batas antara Prakambrium dan Paleozoikum yang ditandai dengan kemunculan pertama dari hewan bercangkang keras.

Kurun
Merupakan interval terbesar dari waktu geologi dengan rentang ratusan juta tahun lamanya. Dalam skala waktu geologi, Kurun Fanerozoikum adalah kurun waktu terbaru dan mulai lebih dari 500 juta tahun yang lalu.

Era
Era dibagi menjadi interval waktu yang lebih kecil daripada kurun. Dalam skala waktu geologi dapat dilihat bahwa Fanerozoikum dibagi menjadi tiga era: Kenozoikum, Mesozoikum dan Paleozoic. Peristiwa yang sangat penting dalam sejarah bumi digunakan untuk menentukan batas-batas era.

Periode
Eras dibagi lagi menjadi beberapa periode. Peristiwa yang terdapat di berbagai periode sangat banyak, tetapi tidak signifikan seperti Era. Dalam skala waktu di atas Anda dapat melihat bahwa Paleozoic dibagi ke dalam Permian, Pennsylvania, Mississippian, Devonian, Silur, Ordovician dan periode Cambrian.

Kala/zaman
Subdivisi lebih kecil dari skala waktu geologi adalah Kala atau Zaman. Subbagian periode ke zaman dapat dilakukan hanya untuk bagian terbaru dari skala waktu geologi. Hal ini karena batuan yang lebih tua telah terkubur dalam-dalam, melebur dan sudah dimodifikasi oleh proses geologi bumi jangka panjang. Akibatnya, sejarah yang terkandung dalam batuan ini tidak dapat dengan jelas ditafsirkan. Sumber: geology.com


Skala Waktu Geologi Bumi, pic:http://factsanddetails.com/

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar