Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan dan Penggunaan Parentheses (Tanda Kurung) Terlengkap

iTapuih.com - Penjelasan dan Penggunaan Parentheses (Tanda Kurung) Terlengkap. Parentheses ( ) adalah salah satu punctuation (tanda baca) yang digunakan untuk menambahkan materi yang dapat berupa informasi tambahan maupun komentar dari penulis. Aturan penggunaanya adalah jika materi didalam parentheses berada didalam suatu kalimat, walaupun berupa kalimat lengkap, tidak dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan full stop. Apabila round or square brackets digunakan pada akhir kalimat, full stop (tanda titik) harus ditempatkan di luar kurung tutup. Parentheses sering juga disebut sebagai Round Brackets.


Ini adalah penggunaan yang paling umum dari Parentheses, tetapi juga bisa digunakan dalam beberapa situasi lainnya.

NoUsingExample and Translate
1Parentheses digunakan untuk memberikan informasi tambahan atau penjelasan singkatHe finally answered (after taking ten minutes to think) that he did not understand the question.

Dia akhirnya menjawab (setelah berpikir selama sepuluh menit) bahwa dia tidak mengerti pertanyaan

Jokowi (President of Indonesia) is visiting Padang this week.

Jokowi (presiden Indonesia) mengunjungi kota Padang minggu ini. 
2Parentheses digunakan untuk menginterupsi dari sisi penulis kepada pembaca.The book is (too!) expensive for high school student.

Buku tersebut (terlalu!) mahal untuk anak sekolahan.

I don't know, (the crazy monkey) bothers me.

Saya tidak tahu, (monyet gila) mengganggu saya.
3Parentheses digunakan untuk merepresentasikan pilihan dan  juga digunakan untuk pilihan bentuk jamak.Every student can support the charity event by donating his or her book(s).

Setiap siswa dapat mendukung acara amal dengan menyumbangkan bukunya.

Ask your student(s) to leave a message to you.
Meminta siswamu untuk meninggalkan pesan kepadamu.
4Parentheses digunakan untuk mengapit angka atau huruf dalam penomoran di dalam suatu tulisan.The company is looking to hire someone who (1) has a great work ethic, (2) knows everything there is to know about the latest photo editing and enhancement software, and (3) has at least five years of professional experience in the field.

Perusahaan ini mencari untuk mempekerjakan seseorang yang (1) memiliki etos kerja yang besar, (2) yang tahu segala sesuatu tentang editing foto terbaru dan perangkat lunak tambahan, dan (3) memiliki setidaknya lima tahun pengalaman profesional.
5Parentheses digunakan untuk menentukan acronym (kata singkatan)Jack Crusol has been appointed CKO (chief knowledge officer) of the merged company.

Jack Crusol telah ditunjuk CKO (kepala pengetahuan) dari perusahaan gabungan.
6Parentheses digunakan untuk significant dates (tanggal penting) serta juga digunakan untuk citations (kutipan).Jane Austen (1775-1817) is best known for works like Pride and Prejudice and Sense and Sensibility.

Jane Austen (1775-1817) terkenal karena karya-karya seperti
Pride and Prejudice and Sense and Sensibility.

Research suggests that a link exists between migraine headaches and clinical depression (Smith, 2012).

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara migren dan depresi klinis (Smith, 2012).
Kita menggunakan Parentheses (tanda kurung) untuk memperkuat atau memperjelas frase maupun kalimat yang dimaksud. Dalam membuat kalimat dalam tanda kurung, kita harus tetap mengikuti kalimat pertama. Pastikan kamu memiliki alasan untuk memasukkannya dalam tanda kurung.


Sumber https://www.itapuih.com/

Posting Komentar untuk "Penjelasan dan Penggunaan Parentheses (Tanda Kurung) Terlengkap"