100 Latihan Soal dan Jawaban Pretest PPG Tahun 2022
Hai teman-teman guru separuh jalan PPG 2022! Selamat datang! Kali ini, kami
dengan senang hati akan membagikan Pretest PPG beserta jawabannya. Mari kita
mencoba latihan ini dan berharap bisa mendapatkan nilai yang luar biasa dan
mencapai passing grade yang telah ditetapkan. Assalamu'alaikum!
Pilihlah jawaban yang paling Benar!
1. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
Sekarang petang datang membayang ( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman- temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.” Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...
59. Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...
1. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
- Tahap sensorimotorik
- Tahap praoperasional
- Tahap operasional konkrit
- Tahap operasional konkrit
- Kecerdasan Bahasa (linguistic)
- Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
- Kecerdasan Ruang (spatial)
- Kecerdasan Gerak Tubuh
- pengayaan materi pelajaran
- refleksi
- latar belakang peserta didik
- tes awal (pre-test)
- Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
- Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
- Menganalisis kemampuan peserta didik
- Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya
- Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menggunakan strategi pembelajaran
- Hanya menggunakan teknik pembelajaran
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
- Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
- Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
- Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
- Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
- membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
- diskusi dan sharing diantara peserta didik
- pembelajaran didominasi arahan dari guru
- proses penyampaian materi secara verbal
- Tantangan internal dan Eksternal
- Responsibility
- Reinforced
- Enriched
- kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk , dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
- Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
- Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
- Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan
- Menyeluruh dan berkesinambungan
- Beragam dan terpadu
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan
- Menyeluruh dan berkesinambungan
- Beragam dan terpadu
- Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
- Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
- Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
- Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
- Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
- Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
- Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
- Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
- Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
- Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
- Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
- Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
- Pre test
- post test
- Autentik
- Non Autentik
- Skala penilaian (rating scole)
- rubrik
- jurnal
- Soal tes
- kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
- kompetensi inti, kompetensi dasar
- kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
- kompetensi sikap sosial
- Pemahaman konsep
- Menggunakan grafik
- melakukan prosedur
- pemecahan masalah dan sikap
- Juscovery learning
- Induktif learning
- Inquiry learning
- Cooperatif learning
- Tugas kelompok
- Diskusi kelompok kecil
- Pengajaran langsung (direct teaching)
- belajar kooperatf (cooperatf learning)
21. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga
fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
- Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
- Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
- Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
- Teknologi sebagai alat pengembangan produk
- Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
- Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )
- Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
- Auditif Visual dan kinestetik
- memberi contoh penting toleransi
- mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
- melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
- melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
- menentukan kreteria keberhasilan belajar
- mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
- mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
- merencanakan pengajaran remidi
- 3-5tahun
- 6-8 tahun
- 10-12 tahun
- 15-18 tahun
- implusive
- reflektif
- gaya berfikir terikat
- gaya berfikir bebas
- jujur dan adil
- mengikat dan memaksa
- sementara dan selamanya
- sebenarnya dan sejujunya
- Adil
- Obyektif
- Valid
- Sistematis
- 30
- 21
- 27
- 18
- Pengukuran
- Evaluasi
- Penilaian
- Penilaian
- Membaca intensif
- Membaca langsung
- Membaca deduktif
- Membaca sekilas
- Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
- Keagamaan, social dan kerakyatan
- Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
- Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
- Metode pembelajaran
- Pendekatan pembelajaran
- Strategi pembelajaran
- Gaya pembelajaran
- Meningkatkan proses belajar mengajar
- Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
- Mencakup proses refleksi
- Menggunakan metodelogi terbaru
- Verbal
- Nonverbal
- Inverbal
- Sistimatik
- Pemerolehan bahasa
- Pemerolehan isyarat anak
- Pemecahan bahasa anak
- Karakteristik anak
- “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
- Presiden jokowi berkunjung ke blora.
- Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
- teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
- Menulis judul buku
- Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
- Menuliskan kata nama-nama ilmiah
- Menuliskan nama majalah
- Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
- Sebagai alat pemersatu bangsa
- Sebagai alat perhubungan
- Sebagai lambang identitas nasional
- Alat perhubungan tingkat nasional
- Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
- Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
- Bahasa pengantar di lembaga pendidikan
41. Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika
adalah....
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah .........
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
- Model Inquiry Learning
- Model Discovery Learning
- Model Problem Based Learning
- Model Project Based Learning
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
- Resmi
- Baku
- Tidak baku
- Daerah
- Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
- Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
- Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
- Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
- Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
- Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
- Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
- Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
- Metode Kupas rangkai suku kata
- Metode kata lembaga
- Metode SAS
- Metode Cerita
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah .........
- Metode Alfabet
- Metode Suku Kata
- Metode SAS
- Metode Cerita
- 1). Menulis permulaan
- 2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
- 3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
- 4). Menyusun kata menjadi kalimat
- Metode Eja
- Metode Kata Lembaga
- Metode SAS
- Metode Global
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
- Menulis tentang berbagai topik
- Menulis pengumuman
- Menulis pantun
- Menulis memo
- Bercerita
- Cerita berantai
- Bermain peran
- Dramatisasi
- 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
- 2. Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
- 3. Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.
- 4. Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.
- Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
- 1 – 4 – 2 – 3
- 1 – 3 – 2 – 4
- 2 – 1 – 3 – 4
- 2 – 3 – 4 – 1
- Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
- Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
- Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
- Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
- Puisi, prosa, sajak
- Puisi, pantun, drama
- Puisi, prosa, drama
- Puisi, drama, sajak
Sekarang petang datang membayang ( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
- Batang usiaku sudah tinggi
- Aku telah menjelang ajal
- Aku lalai di hari pagi
- Akhh, untuk apa ku sesalkan
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman- temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
- Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
- Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
- Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
- Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.” Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...
- Galak
- Tegas
- Pemaaf
- Bijaksana
- 9 dan 1386
- 18 dan 1386
- 18 dan 1368
- 9 dan 1368
- a = 3 atau a =-3
- a =-3 atau a = 3
- a =-3 atau a =-3
- a = 3 atau a = 3
59. Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...
- Rp 240.000,00
- Rp 270.000,00
- Rp 330.000,00
- Rp 390.000,00
- 4 dan 16
- 5 dan 15
- 6 dan 14
- 8 dan 12
61. Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000
sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
JIka besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat
63. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1. mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2. mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3. mempunyai sudut siku-siku
4. mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5. mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
64. Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangun di bawah ini adalah ….
B
65. Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
71. Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri. Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur,mengajar dikelas Beliau memberikan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak – anakberbaris didepankelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangandantelinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anakdiajak berdoadan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur kuterus mandi,tidak lupa menggosokgigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?” “ iya pak, punya.” Jawab semua siswa serentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “ apakah kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin, pasti nialai anak- anak memuaskan karena anak- anak berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan tugas yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
- Rp. 30.000
- Rp. 32.000
- Rp. 40.000
- Rp. 50.000
JIka besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat
- 90
- 100
- 110
- 120
63. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1. mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2. mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3. mempunyai sudut siku-siku
4. mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5. mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
- 1), 2), 3)
- 1), 3), 4)
- 1), 3), 5)
- 1), 2), 5)
64. Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangun di bawah ini adalah ….
B
65. Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
- 08.00
- 08.15
- 08.25
- 08.30
- 8
- 7,5
- 7
- 6,5
- 17
- 15
- 13
- 11
- 22 m
- 24 m
- 42 m
- 44 m
- 308
- 318
- 326
- 344
71. Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri. Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
- 2048
- 2047
- 2049
- 2046
- 3000 liter
- 300 liter
- 30 liter
- 30000 liter
- 9,10
- 8,10
- 7,10
- 6,10
- Jakarta bukan ibukota RI
- Jakarta adalah ibukota RI
- Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
- Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI
- Kartu bilangan
- Blok dienes
- Loncat katak
- Papan berpaku
- Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
- Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
- Mistar, uang logam, blok dienes
- Tangga garis, blok dienes, tangga garis
- 0,05 cm
- 0,1 cm
- 0,01 cm
- 1 cm
Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur,mengajar dikelas Beliau memberikan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak – anakberbaris didepankelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangandantelinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anakdiajak berdoadan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur kuterus mandi,tidak lupa menggosokgigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah
- Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
- Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
- Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena guru kurang memotivasi anak
- Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?” “ iya pak, punya.” Jawab semua siswa serentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “ apakah kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin, pasti nialai anak- anak memuaskan karena anak- anak berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan tugas yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
- Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
- Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
- Penyampaian materi kurang jelas
- Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
- Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
- Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
- Ilmu-Ilmu Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
- Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81. Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering digunakan sejarawan, kecuali. . .
Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional. Berikutciri-ciri salah satu suku yang ada di pulauJawa :
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan mudah diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak Ridwan?
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
Demikianlah informasi tentang Soal dan Jawaban Pretest PPG 1 dan silahkan berkunjung di blog ini untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya. Jangan lupa klik share yang ada di bawah postingan ini. Terima kasih salam sukses PPG 2022.
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
- Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
- Manusia, Waktu, Sistem Sosial dan Budaya, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
- Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
- Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
- Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
- Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di masa mendatang
- Menyediakankesempatankepadasiswauntukberekspresi lingkungan masyarakat
- Memberikan kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam kehidupan ber masyarakat pada masa lalu, sekarang dan masa akan datang
Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
- Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
- Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
- Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
- Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
- Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
- Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
- Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
- Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering digunakan sejarawan, kecuali. . .
- enkulturasi
- primitif
- folklore
- prasasti
Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
- Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
- Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman dekatnya
- Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai
- Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
- Satu
- Dua
- Tiga
- Lima
Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional. Berikutciri-ciri salah satu suku yang ada di pulauJawa :
- - Tidak diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi
- - Tidak diperkenankan menggunakan alas kaki
- - Larangan menggunakan alat elektronik
- - Pintu rumah harus menghadap utara/selatan
- Suku Asmat
- Suku Bugis
- Buku Badui
- Suku Dayak
- Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
- Kepulauan Natuna
- Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
- Pulau Kalimantan
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan mudah diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak Ridwan?
- Video
- Slide
- Corel draw
- Radio
- Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
- Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
- Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
- Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau
- Menempatkan manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
- Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku
- Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
- Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
- UU no 15 tahun 2006
- UU no 17 tahun 2006
- UU no 24 tahun 2009
- UU no 38 tahun 2009
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
- Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
- Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
- Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapatkan pembelajaran dan pelatihan
- Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
- Untuk memenuhi kebutuhan manusia
- Melestarikan lingkungan masyarakat
- Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
- Sebagai sumber kekayaan alam
- Metamorfosis
- Fotosintesis
- Penyerbukan
- Erosi
- Belalang
- Nyamuk
- Lalat
- Semut
- Trakhea
- Paru-paru
- Insang
- Kulit
- Memperindah susunan kota
- Menjaga tanah dan mencegah erosi
- Memperoleh kayu yang berlimpah
- Meningkatkan pendapatan
- Dibakar habis
- Di daur ulang
- Dikubur didalam tanah
- Dibiarkan ditempat terbuka
Soal dan Jawaban Pretest PPG 2 - no soal 21-40
Soal dan Jawaban Pretest PPG 3 - no soal 41-60
Soal dan Jawaban Pretest PPG 4 - no soal 61-80
Soal dan Jawaban Pretest PPG 5 - no soal 81-100
Demikianlah informasi tentang Soal dan Jawaban Pretest PPG 1 dan silahkan berkunjung di blog ini untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya. Jangan lupa klik share yang ada di bawah postingan ini. Terima kasih salam sukses PPG 2022.
Posting Komentar untuk "100 Latihan Soal dan Jawaban Pretest PPG Tahun 2022"