Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Rutin Minum Teh Hijau Mampu Menurunkan Kolesterol?

.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

materikuliah.my.id/#– Sudah menjadi rahasia umum jika teh hijau termasuk dalam minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, ada yang menyebut minuman ini jika dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan berat badan dan kadar kolesterol. Sebenarnya, apakah memang teh hijau bisa menurunkan kolesterol dengan efektif?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa teh hijau atau camellia sinensis ternyata memang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid yang disebut sebagai katekin. Memang, katekin ini tidak akan memberikan pengaruh besar bagi kinerja enzim dalam memecah lemak. Namun, katekin mampu menurunkan penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi dan mendorong kemampuan pembuangan kolesterol melalui buang air besar.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa konsumsi teh hijau selama 8 pekan berturut-turut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sampai 2-4 persen. Tak hanya itu, kebiasaan mengkonsumsi teh hijau setidaknya dua cangkir dalam sehari dengan rutin juga bisa menurunkan kadar plasma kolesterol. Penurunan kolesterol tubuh ini ternyata bisa menurunkan risiko kematian yang dipicu oleh penyakit jantung hingga 22-33 persen.

Hanya saja, agar penurunan kolesterol di dalam tubuh ini bisa benar-benar efektif, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, khususnya dalam hal menjaga berat badan, pola makan, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, rajin-rajinlah mengkonsumsi ikan dan ubah camilan tidak sehat menjadi buah-buahan atau kacang-kacangan. Saat memasak, pilihlah minyak zaitun atau kanola yang dianggap lebih baik bagi kesehatan tubuh dan jika mampu hindari makanan yang kaya lemak atau gula. Rajin-rajinlah makan sayuran yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, khususnya dari masalah kolesterol.

Posting Komentar untuk "Benarkah Rutin Minum Teh Hijau Mampu Menurunkan Kolesterol?"