Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari Diabetes Dengan Vitamin D

.

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit gangguan kadar gula darah.

materikuliah.my.id/#– Kita tentu tidak ingin menderita penyakit diabetes. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah ini telah menjadi masalah kesehatan utama yang diderita banyak orang. Diabetes menjadi penyakit tidak menular yang menduduki peringkat tertinggi dalam penyebab kematian di dunia. Sebelum kita menderita diabetes, kita dapat menekan resiko diabetes dengan banyak mengonsumsi vitamin D.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menemukan bahwa orang yang memiliki kandungan vitamin D tinggi dalam tubuhnya memiliki kandungan gula darah yang rendah. Hal tersebut menunjukan hubungan yang erat antara kandungan gula darah dan vitamin D. Lebih lanjut, menurut penelitian yang dilakukan di Spanyol tersebut dijelaskan bahwa vitamin D memiliki peran dalam metabolisme gula darah, sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

Makanan menjadi sumber utama vitamin D untuk daerah nontropis. Makanan sumber hewani kaya yang vitamin D contohnya seperti kuning telur, hati, krim, mentega, dan minyak hati-ikan.

Selain makanan, sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang paling penting. Vitamin D dari sinar matahari merupakan bentuk vitamin D yang dianggap paling baik. Hal ini disebabkan tubuh kita akan memproduksi vitamin D lebih baik apabila terpapar sinar matahari. Hanya berjemur selama 5 menit saja, tubuh sudah dapat memproduksi vitamin D untuk kebutuhan sehari. Penelitian menunjukan lebih dari 1 miliar orang di dunia kekurangan vitamin D akibat kurangnya terpapar sinar matahari. Namun, pada negara tropis seperti Indonesia, paparan sinar matahari umumnya bisa kita rasakan hampir sepanjang tahun sehingga asupan vitamin D untuk tubuh dapat dicukupi apabila kita mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Kebutuhan vitamin D tubuh penting untuk dicukupi, karena selain tubuh akan mendapatkan fungsi utama vitamin D untuk tulang, tubuh kita juga akan merasakan manfaat lain yaitu terhindar dari diabetes.

Posting Komentar untuk "Hindari Diabetes Dengan Vitamin D"