Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Penyebab Penderita Depresi Cenderung Mudah Mengantuk

.

depresi-obat-doktersehat
Photo Credit: Flickr/ Victor

materikuliah.my.id/#– Pernahkah anda menyadari jika saat sedih atau sedang memiliki banyak pikiran, kita cenderung mudah mengantuk dan ingin selalu tidur? Ternyata hal ini disebabkan oleh kecenderungan depresi yang memang membuat kita mudah mengantuk. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Membuat lelah
Meskipun tergolong dalam masalah mental, dalam realitanya depresi bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi fisik, yakni membuat tubuh terasa sangat lelah. Menurut pakar kesehatan, depresi bisa membuat kelelahan berlebih, gangguan pada mata, punggung, hingga kaki. Selain itu, tubuh seperti tidak lagi memiliki energi untuk beraktifitas. Bahkan, dalam banyak kasus, sistem kekebalan tubuh penderita depresi juga menurun dengan drastis.

Mempengaruhi fungsi otak
Depresi bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan fungsi otak sehingga mengacaukan produksi hormon serotonin, hormon yang membuat kita mengantuk atau mendapatkan tidur yang berkualitas. Hormon ini juga mempengaruhi suasana hati dengan signifikan.

Menyebabkan gangguan tidur
Bukannya menyebabkan gangguan berupa susah tidur, penderita justru mengalami kondisi hypersomnia atau tidur dengan berlebihan. Tak hanya di malam hari, mereka yang mengalami depresi juga akan selalu mengantuk dan merasa lelah di siang hari. Padahal, terlalu banyak tidur juga akan membuat seseorang lesu dan tak berenergi seharian.

Melarikan diri dari kenyataan
Mereka yang sedang mengalami depresi seperti ingin melarikan diri dari kenyataan, apalagi jika masalah yang menimpa sangatlah berat. Hanya saja, salah satu cara untuk melarikan diri dari kenyataan ini adalah dengan tidur. Yang menjadi masalah adalah, tidur bukanlah obat yang efektif untuk mengatasi depresi karena rasa sakit masih akan dirasakan.

Penderita depresi haruslah mendapatkan bantuan baik itu dari psikiater atau dokter yang ahli di bidang psikologi agar bisa segera mengatasi masalah kesehatan ini. Dukungan dari keluarga dan teman-teman juga akan memberikan pengaruh besar bagi kesembuhannya.

Posting Komentar untuk "Ini Penyebab Penderita Depresi Cenderung Mudah Mengantuk"